7 BAHAYA SUSU FORMULA, KESALAHAN ANGGAPAN BUNDA

Share This
bahaya susu formula

bahaya susu formula

KESALAHAN ANGGAPAN IBU TENTANG SUSU FORMULA

Adanya polemik tentang terlalu bergantungnya bunda kepada susu formula menimbulkan pertentangan ditengah masyarakat. pada kesempatan ini kami mencoba merangkum satu kesimpulan yang kami ambil dari sumber utama buku seorang ahli usus Dr.Hiromi Shinya penulis buku The Miracle of enzim , serta kami lengkapi dengan beberapa sumber lain. Adapun kesimpulan-kesimpulan tersebut sebagai berikut:

1. Adanya anggapan bahwa dengan memberikan Susus formula terutama yang mahal. Ibu sudah memberikan yang terbaik bagi buah hati. Bahkan beberapa memberikannya pada bayi umur dibawah 6 bulan. Padahal Pemerintah melali peraturan (Permenkes) No. 450/2004, bayi sampe umur 6 bulan TIDAK BOLEH diberi susu formula. Bila Dibanding ASI, Berbagai penelitian telah membuktikan berbagai keunggulan tak terbantahkan mengenai manfaat pemberian ASI. Mulai dari pertumbuhan fisik yang sempurna, perkembangan kecerdasan yang pesat, hingga kematangan emosional seorang anak, terpacu berkat ASI eksklusif enam bulan.

2. PAKAR ENZIM dari Jepang Dr. Hiromi Sinya menerangkan bahaya susu formula, dia berpendapat bahwa susu sapi apalagi yang telah menjadi bubuk (susu formula) adalah makanan terburuk karena sesungguhnya, tidak ada makanan yang lebih sulit dicerna daripada susu sapi. Karena susu sapi adalah zat cair yang encer, sebagian orang meminumnya bagaikan air saat mereka haus. Ini sebuah kesalahan besar.

Kasein, yang membentuk kira-kira 80% dari protein yang terdapat dalam susu sapi, langsung menggumpal menjadi satu begitu memasuki lambung sehingga mencernanya menjadi sangat sulit. Terlebih lagi, dalam susu sapi yang dijual di toko, komponen tersebut telah dihomogenisasi. Susu sapi, yang mengandung banyak zat lemak teroksidasi, mengacaukan lingkungan dalam usus, meningkatkan jumlah bakteri jahat dan menghancurkan keseimbangan flora bakteri dalam usus kita. Sebagai akibatnya, racun-racun seperti radikal bebas, hidrogen sulfida, dan amonia diproduksi dalam ususNamun, beberapa hasil penelitian melaporkan bahwa susu sapi tidak hanya menyebabkan berbagai alergi, tetapi juga dihubungkan dengan diabetes dan leukemia pada anak-anak.

3. Penyimpanan Susu cair dalam kaleng HANYA BISA disimpan sampai 48 jam, asal ditutup rapat-rapat dan segera masuk kulkas. Bila dimasukkan dalam botol, harus didinginkan dan diminum dalam 48 jam. Sedangkan Susu dari bubuk yang ditempatkan dalam botol harus masuk kulkas dan diminum dalam 24 jam. Sisa bubuk susu musti ditutup rapat dan disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Digunakan HANYA SATU BULAN setelah dibuka.

Baca Artikel Menarik Lainnya: Efek Buruk Anak Minum Susu Sambil Tidur

4. Ibu Menganggap bahwa Susu dalam kemasan yang bagus selalu steril.Penelitian Tahun 2002, FDA (Food and Drug Administration), badan POM Amerika Serikat memperingatkan bahwa BAKTERI ENTEROBACTER SAKAZAKI bisa terdapat pada susu bayi. Kuman itu dapat menyebabkan sepsis (infeksi luas di seluruh tubuh), meningitis (radang selaput otak), ataupun necrotising enterocolitis (infeksi usus) dengan case-fatality (tingkat kefatalan) rata-rata 33%. Selain itu FDA berpendapat bahwa susu bubuk bukanlah produk komersil yang steril. Dan Pada Beberapa Tahun Kemudian di Indonesia IPB menemukan bahwa dibanyak merk susu formula ditemukan bakteri sakazaki.

5. Kita seringkali menuangkan air panas kedalam botol plastic untuk membuat susu formula. Padahal air panas bisa mengakibatkan pelepasan ZAT-ZAT KIMIA BERACUN yang ada di plastic. Yang bisa menyebabkan kanker, autism dan kebodohan pada anak. Hendaknyalah mendahulukan air biasa sebelum dicampur dengan air panas.

6. Susu Formula yang mahal tidak selalu baik, Gangguan akibat ketidakcocokan susu formula bisa saja berakibat fatal. Karena itu, dokter Saptawati Bardosono, Sekretaris Jenderal Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia, menyarankan PEMBELIAN SUSU FORMULA DISAMAKAN DENGAN OBAT-OBATAN,hanya bisa dibeli dengan resep atau rekomendasi dokter.

7. Anak sekarang mudah merasa pegal-pegal kenapa?? Kadar kalsium dalam darah manusia biasanya terpatok pada 9-10 mg. Namun, saat minum susu sapi, konsentrasi kalsium dalam darah anda tiba-tiba meningkat. Walaupun sepintas lalu hal ini mungkin terlihat seperti banyak kalsium telah terserap, peningkatan jumlah kalsium dalam darah ini memiliki sisi buruk. Ketika konsentrasi kalsium dalam darah tiba-tiba meningkat, tubuh berusaha untuk mengembalikan keadaan abnormal ini menjadi normal kembali dengan membuang kalsium dari ginjal melalui urine. Hasilnya sungguh ironis, yaitu menurunnya jumlah kalsium dalam tubuh anak anda secara keseluruhan. Dari empat negara susu sapi besar–Amerika, Swedia, Denmark, dan Finlandia–di negara yang banyak sekali mengonsumsi susu sapi setiap harinya, ditemukan banyak kasus retak tulang panggul.

APA SOLUSINYA??

Solusi dari kebergantungan ibu terhadap susu formula adalah dengan menggiatkan kembali agar anak-anak lebih mau makan. Tentu dengan makanan yang bergizi seimbang. Seringkali seorang ibu tidak tega melihat anaknya menangis karena meminta susu. Banyak kasus lain seorang anak lebih suka minum susu ketimbang makan. Kasus demikian bisa diterapi dengan menghentikan sedikit-demi sedikit susu formula si anak. Dengan demikian otomatis ketika lapar si anak lebih mudah untuk makan. Dari situ ibu mestinya mulai mengambil sikap untuk meminimalisir konsumsi susu formula. Dan lebih memfokuskan anak untuk makan-makanan yang bergizi. Karena makan yang alami lebih memberikan nutrisi yang takaranya pas untuk tubuh. Nutrisi alami sesungguhnya banyak terdapat dialam. Sebut saja minyak ikan, madu, buah-buahan dsb. Tentu ibu harus kreatif untuk mengkombinasi menu sehingga anak tidak bosan. Berikut beberapa point tips untuk bunda agar anak tidak terlalu bergantung pada susu formula:

  • Introspeksi pola asuh. Orang tua sebaiknya melakukan introspeksi tentang pola asuh yang telah diterapkan pada anak. Apakah sering menjejalkan susu formula pada si kecil atau tidak.
  • Kurangi secara bertahap ganti dengan makanan. Jika orangtua telah menyadari mereka telah memberikan susu formula secara berlebih, cobalah menguranginya secara bertahap. Misalnya, dengan memberi susu formula sesudah makan bila memang sudah waktunya mendapat makanan padat. Atau sesekali ganti dengan jus buah.
  • Jangan malas berikan MP ASI. Setelah mendapatkan ASI eksklusif selama empat hingga enam bulan, anak sudah waktunya mendapatkan makanan pendamping ASI atau MP ASI. Namun, kebanyakan bu memilih tindakan praktis. Ketika anaknya lapar mereka lebih suka memberi susu ketimbang bubur saring, bubur tepung, atau nasi tim. Alasannya, dengan memberikan susu formula, anak tidak rewel dan cepat tidur.
  • Jangan kombinasikan ASI dan susu formula. Sejak bayi lahir hingga usia empat atau enam bulan, bayi sebaiknya hanya diberi ASI saja. Jangan mengombinasikan ASI dengan susu formula. Sebab, rasa susu formula yang manis dan gurih, jelas lebih disukai anak ketimbang ASI. Apalagi pemberian susu formula dengan dot yang tentu lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga ketimbang harus mengisap ASI.
  • Jangan beri susu terlalu kental. Kebanyakan orangtua ingin anaknya cepat gemuk, hingga memberi susu formula lebih kental atau di luar takaran. Anggapan mereka, memberi susu lebih kental itu lebih kaya nutrisi. Padahal, tidak demikian sebenarnya. Susu yang lebih kental justru akan lebih sulit dicerna.
  • Beri makan sesuai usia. Jika anak telah berusia enam bulan, berikan makanan pendamping ASI secara bertahap. Mulai bubur susu, tim saring, hingga makanan keluarga pada usia satu tahun. Dengan memberikan makanan padat, tentu konsumsi susu formula akan semakin berkurang.

Bila Sekiranya Perlu SHARE Info ini Ya Bunda

madu gizidat anak

madu gizidat anak


Gizidat ialah Madu Ikan Sidat + Probiotik. Untuk Usia 1-12 Tahun

Manfaatnya:

√ Menambah nutrisi probiotik dan curcumin pada tubuh anak agar pertumbuhan dan perkembangan anak maksimal,
√ Memperbaiki gizi buruk pada bayi dan anak,
√ Menambah berat badan anak,
√ Menambah nafsu makan,
√ Mencerdaskan otak anak
√ Meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak gampang sakit
√ Terapi Anak penderita autis,
√ Sebagai pendamping obat flek / TBC,
√ Mempercepat penyembuhan Sakit pada anak.

Temasuk diantaranya: menurunkan demam panas tinggi, melancarkan pencernaan. mencegah kejang-kejang, menyembuhkan batuk, pilek dan radang, amandel, sariawan, asma, kanker, cacingan, sembelit, dll

Informasi pemesanan dan konsultasi dapat melalui:

CS RANI
081227055492/ BBM : D998780B
CS RAHMA
085700436570/ BBM : D57CC93C
CS TYA
085702710701/BBM : D41AE979

Artikel Kesehatan Terkait

Alergi Susu Formula Pada Bayi, INIKAH YANG BUNDA M... Alergi Susu Formula Pada Bayi - Makanan yang terbaik bagi bayi adalah ASI. Betapapun mahal dan rumitnya proses pembuatan sebuah susu formula, tetap ...
7 KESALAHAN FATAL ANGGAPAN IBU TENTANG SUSU FORMUL... 7 KESALAHAN FATAL ANGGAPAN IBU TENTANG SUSU FORMULA 7 kesalahan fatal bunda terlalu menggantungkan nutrisi anak pada susu formula susu formula saat...
Bunda… Ini Lho, Susu Terbaik Untuk Bayi Anda   Susu Terbaik Untuk Bayi - Periode pertumbuhan anak pada masa bayi sangat pesat dan menjadi satu masa yang paling menentukan dari keseluruhan hidupn...
Bunda Perlu Tau, Tanda Susu Formula Tidak Cocok Un... Manakah yang lebih baik? ASI atau susu formula? Jawab: Tentu saja yang terbaik adalah ASI. ASI adalah cairan sempurna yang dipersiapkan Tuhan bagi ...

You may also like...

19 Responses

  1. Gomi says:

    Semua susu formula berbahaya bagi bayi….bahkan susu formula soya menyebabkan peningkatan hormon estrogen di dalam darah anak hingga 22 ribu kali diatas normal….cek website kesehatan luar negri….anda akan tahu kebohongan industri susu yg meracuni anak2 anda tersayang demi meraup kekayaan fana semata

    • Familyherbal says:

      Wah Ini info Baru juga buat Kami Pak Gomgom… tolong kami minta juga alamat Website / Blog yang menejelaskan tentang itu. Biar tambah informasi dan bisa mensharekan dengan para bunda-bunda yang ada disini.

      Supported
      Vitabumin

    • Familyherbal says:

      Trimakasih Pak Gomgom atas tambahan infonya. Coba kami akan cari info tentang bahaya susu formula soya yang menyebabkan peningkatan hormon estrogen. ini info yang sangat penting dan perlu kami tau, agar anak-anak idak “teracuni”.

      Salam Sehat

      VITABUMIN

  2. Ester says:

    Terima kasih untuk Informasi tentang bahaya dari susu formula.
    Anak saya, Nadia Fidelia sekarang berusia 21 bulan (lahir 27 July 2013) dan sampai hari ini masih mengkonsumsi ASI. Yang menjadi masalah sejak berusia 6 bulan keatas dan sejak mulai belajar jalan, Nadia mengalami susah makan dan hanya minum ASI saja. Ini jelas menyebabkan badannya yang gemuk langsung berubah menjadi kurus. Berat badannya pun hanya 9.80 kg (ukuran standart 10.80 kg).
    Sejak 4 bulan terakhir saya memberi tambahan SUSU UHT (50 ml putih + 100 ml coklat) untuk Nadia sehubungan dengan rencana akan menyapih di usia 2 th. Tapi tetap saja Nadia tidak mau meminumnya & hanya sedikit apabila mau.
    Kemarin saya berkonsultasi dg kakak saya (yang anaknya sekarang sudah besar-besar – umur 21 th & 24 th) tentang Nadia yang susah makan. Kakak saya menginformasikan bahwa anak-anaknya dulu waktu seumuran Nadia juga susah makan. Solusi untuk menghindari anaknya kelaparan, dengan diberi SUSU FORMULA BUBUK di jam makan untuk menggantikan makanan padat.
    Kakak saya juga menyarankan untuk menghentikan pemberian ASI karena ASI hanya berfungsi sebagai daya tahan tubuh anak, sementara untuk pertumbuhan anak, ASI kurang berfungsi.
    Kakak saya menginformasikan bahwa anak-anaknya yang bongsor (anak pertama – Shierly June – 24 th = 172 cm dan anak kedua – Alfa – 21 th = 180 cm) berkat mengkonsumsi SUSU FORMULA dari umur 15 bulan – 17 th.

    Terima kasih ulasan tentang BAHAYA SUSU FORMULA telah menambah wawasan saya bahwa KEUNGGULAN ASI = tiada duanya
    ASI berbeda dengan SUSU SAPI (Susu Formula)

    • Familyherbal says:

      Bunda Ester sebaiknya dalam meilihat persoalan ini kita tidak menisbatkan kebenaran pada pendapat yang bukan ahlinya. tentu saja pendapat Kakak ada benarnya, namun untuk lebih tepatnya lagi silahkan dicari sendiri betapa banyak penelitian terkini yang mengunggulkan ASI ketimbang susu formula. Sedangkan terkait kekurangan susu formula ada baiknya Bunda ester membaca versi lengkapnya buku the miracle of enzim oleh Dr.Hiromisinya dengan akata pengatar oleh Menteri Kesehatan Siti Fadhilah Supari. bisa di beli semisal di bukalapak. Coba klik disini sudah saya carikan linknya : Buku The Miracle Of Enzim

      Demikian Bunda ester, keep knowing untuk anak bunda tercinta

      Salam buat dinda Nadia semoga sehat dan cerdas.

      SUpported
      Vitabumin

  3. violetalbiru says:

    Anak sya jdi galk stlh minum sufor madu,apa ada kaitanx ?

  4. hadi says:

    ada kasus dimana seorang Ibu melahirkan dan sudah berusaha kian kemari namun ASI tidak jg lancar,malah asi yg keluar semakin kurang,sedang anak smakin kuat menyusu, bapak n Ibu..apa solusi dr kasus trsebut?

  5. Luluk muzarofah says:

    Saya seorng guru punya ank berumur 10 bulan, pgnya si kecil sya tinggl kerja, saat ini si kecil susah makan + tidak mau susu formula, minum x hanya air putih dan asi saja, berat badannya semakin hari menurun. Mintak solusinya apa baik balita hanya minum air putih dan bagsiana supaya nafsu mskannya bertambah?

    • Familyherbal says:

      Untuk Informasi, Konsultasi dan Pemesanan silahkan langsung hubungi CS kami :

      CS Rani : 081 227 055.492 / BBM 589EE5F4
      CS Nisa : 085 647.922.799 / 59A8.ADD1
      CS Ardhi : 081 227.277.762 / BBM 59942621

      Salam Sehat,
      VITABUMIN

  1. November 11, 2015

    […] 7 BAHAYA SUSU FORMULA, KESALAHAN FATAL ANGGAPAN BUNDA 10,912 views […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *