ENCOK – Mengobati Encok Dengan Herbal Pilihan

Share This
Mengobati Encok Dengan Herbal Pilihan

Mengobati Encok Dengan Herbal Pilihan

Nyeri, sendi kaku, rasa panas, kemerahan dan bengkak pada pangkal ibu jari kaki, tumit, lutut, pergelangan kaki, tangan dan siku adalah ciri-ciri terkena encok.

Para penderita sakit encok harus dapat mencegah minum-minuman keras (yang mengandung alkohol) dan mengurangi makan daging. Buah-buahan yang bercitarasa masam, sangat membahayakan panyakit ini

Encok Kaki

  • Dalam bahasa asing (Belanda), penyakit ini disebut podafra. Untuk mengurangi rasa sakitnya, ambillah sepotong lempuyang emprit sepanjang setengah jari, 3 cabai (bukan lombok) dan sesendok kecil beras merah. Lempuang empritnya harus dikupas, sedang beras merahnya dicuci bersih-bersih. Kedua bahan ini tumbuk hingga halus menjdai satu kemudian ditapalkan pada bagian yang sakit.
  • Untuk mengilangkan rasa sakit sampai akarnya, minumlah setiap hari ramuan seperti dibawah ini.

Segenggam penih dauun kumis kucing dan sepotong kulit pohon pepya gantung itu tinggal setengahnya.

Encok yang mendadak pada tulang belakang

  • Daun kecubung diolesi dengan minyak kelapa kemudian dipanggang diatas perapian, lalu ditempelkan pada bagian yang sakit. Sehari harus diganti dengan yang baru sa,pai empat atau lima kali.
  • Daun kecubung kasihan, daun gandarusa dan merica hitam ditumbuk sampai halus kemudian dibuat seperti bubur, lalu ditapalkan ke bagian yang sakit, akhirnya dibebat dengan daun bakung putih yang telah dibuang tilang daunnya.

Jika tubuh rentan terkena encok maka yang harus dilakukan:

  1. Minum banyak cairan terutama air putih, karena cairan bisa membantu menghilangkan asam urat berlebih dari dalam tubuh.
  2. Menghindari makanan yang mengandung banyak purin seperti bir, minuman alkohol, teri, ikan sardin, telur ikan, ragi, hati, ginjal, kacang-kacangan (kacang polong, melinjo), ekstrak daging, kaldu, jamur, asparagus, bayam dan kembang kol.
  3. Menjaga berat badan dengan berolahraga secara teratur.
  4. Jangan melakukan diet secara ekstrim, karena hal ini juga bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
  5. Memberitahu dokter semua obat dan vitamin yang dikonsumsi untuk mencegah peningkatan risiko hyperuricemia dari obat-obatan yang diminum.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *