ASMA – Mengobati Penyakit Asma Dengan Herbal Pilihan

Share This

Mengobati Penyakit Asma Dengan Herbal Pilihan

Penyakit Asma (Asthma) adalah suatu penyakit kronik (menahun) yang menyerang saluran pernafasan (bronchiale) pada paru dimana terdapat peradangan (inflamasi) dinding rongga bronchiale sehingga mengakibatkan penyempitan saluran nafas yang akhirnya seseorang mengalami sesak nafas.

Adapun tanda dan gejala penyakit asma diantaranya :

• Pernafasan berbunyi (wheezing/mengi/bengek) terutama saat mengeluarkan nafas (exhalation). Tidak semua penderita asma memiliki pernafasan yang berbunyi, dan tidak semua orang yang nafasnya terdegar wheezing adalah penderita asma!
• Adanya sesak nafas sebagai akibat penyempitan saluran bronki (bronchiale).
• Batuk berkepanjangan di waktu malam hari atau cuaca dingin.
• Adanya keluhan penderita yang merasakan dada sempit.
• Serangan asma yang hebat menyebabkan penderita tidak dapat berbicara karena kesulitannya dalam mengatur pernafasan.
• Pada usia anak-anak, gejala awal dapat berupa rasa gatal dirongga dada atau leher. Selama serangan asma, rasa kecemasan yang berlebihan dari penderita dapat memperburuk keadaanya. Sebagai reaksi terhadap kecemasan, penderita juga akan mengeluarkan banyak keringat.

Penanganan dan Pengobatan Penyakit Asma

• Ambilah 7 lembar daun randu yang masih muda, tumbuklah dan peraslah daun ini serta bubuhi garam sedikit. Minumlah perasan daun randu ini tiap pagi sebelum makan selama 3 hari berturut-turut.
• Apabila terjangkitnya penyakit ini disertai sesak nafas, ambilah kertas bambu Cina, lalu basahilah kertas ini dengan air yang dicampur dengan salpeter, kemudian keringkanlah dipanas matahari. Setelah kering bakarlah di dalam kamar, agar si penderita dapat menghirup asapnya.
• Ambilah daun semanggi gunung dan makanlah mentah-mentah sebagai lalapan. Daun semanggi gunung yang dimasak, kurang baik untuk tubuh bagian dalam.
• Ambilah daun tanjung yang masih muda, kemudian rajanglah halus-halus dan keringkanlah. Setelah kering bubuhila dengan kayu cendana sedikit, kemudian buatlah menjadi rokok. Dengan rokok daun tanjung ini, sesak nafasnya si penderita menjadi ringan.
• Selain itu, asap daun tembelekan yang setengah kering, dapat juga meringankan sesak nafas penderita sakit asthma. Kecuali itu, waktu untunk buang air besar bagi penderita sakit asma juga harus dijaga, agar senantiasa tetap.

Asma Sesak Nafas akibat keguguran

Penyakit ini dapat disembuhkan dengan obat sebagai berikut :

Resep : Ambillah segenggam penuh daun pegagan yang masih segar dan tumbuklah sampai halus. Bubuhkanlah segelas kecil air biasa, kemudian saringlah air yang telah dicampur dengan ramuan itu, dengan kain. Minumlah jamu itu setiap pagi sebelum makan, selanjutnya sekali sebulan dan setrusnya, walaupun penyakit itu tidak datang menyerang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *