Mengobati Penyakit Empedu Dengan Herbal Pilihan Mengobati Penyakit Empedu Dengan Herbal Pilihan

EMPEDU – Mengobati Penyakit Empedu Dengan Herbal Pilihan


Mengobati Penyakit empedu

Mengobati Penyakit empedu

Empedu

  • Jika akibat empedu itu tinja (kotoran) senantiasa berkeping-keping tipis dan berwarna gelap, kadang-kadang disertai zat lendir seperti ingus dan darah, juga apabila si penderita mendapat gangguan kram, maka pergunakanlah ramuan yang diminum seperti resep dibawah ini :

Sepotong lempuyang emprit sepanjang jari tangan, sepotong empu kunir setengah jari, 11 butir ketumbar, satu kayu ules, satu umbinya kunci, 1 lembar daun terawas dan sedikit kayu angin. Semua bahan ini ditumbuk menjadii satu sampai halus, kemudian dimasak dengan air biasa 1 gelas, hingga airnya tinggal setengahnya. Setelah dingin, berikanlah kepada penderita untuk diminum.

Untuk anak-anak, apabila mencretnya agak hebat takaran ini dapat dipakai untuk 2 kali. Selebihnya dapat disimpan untuk keesokkan harinya, asal ramuan itu cukup baik cara merebusnya. Bahan-bahan ini dapat juga menggunakan yang kering. Namun bahan yang dikeringkan secara buatan, boleh dikatakan hampir tiada gunanya.

  • Apabila akibat dari empedu, tinja (kotoran) berwarna abu-abu kekuning-kuningan dan bercampur dengan lendir (ingus), maka gunakan saja lempuayang kebo yang masih mentah. Kita parut sepotong bahan ini sebesar jari tangan, kemudian bubuhilah dengan air biasa 1 gelas kecil. Saringlah air larutan ini dengan kain, kemudian biarkanlah tinggal demikian selama 1 malam sehingga ampasnya mendengdap. Ambillah airnya yang jernih dari ramuan ini, kemudian berikanlah kepada si penderita untuk diminum. Kita ulangi pengobatan demikian ini beberapa kali, sehingga tinja (kotoran) itu menjadi normal.

Batu Empedu

  • Apabila anda atau keluarga anda menderita sakitini, makanlah andevi yang masih mentah dengan air limau sitrun dan minyak zaitun yang banyak.
  • Juga airnya ketimun sesendok demi sesendok, pun sangat manjur untuk menyembuhkan para penderita batu empedu. Mula-mula kita minum dalam takaran yang kecil dan secara perlahan-lahan menambahnya, sehingga perut kita terbiasa dengan obat ini.
  • Obat cuci peut terbaik untuk penderita sakit batu empedu ialah minyak kemiri yang dicampur dengan duan wungu.
  • Bagi mereka yang memiliki tempat makan (maag) yang kuat dan tidak pernah mengalami gangguan-gangguan di dalam, dianjurkan menggunakan obat seperti dibawa ini.

Lim lembar daun enyon kelo direbus dengan air biasa sebanyak  2 gelas, hingga air rebusan itu tinggal setengahya. Air rebusan seprti ini minum setiap hari selama lima bulan seperti teh. Pada bulan ketiga , ramuan itu sebaiknya dibubuhi dengan tujuh lembar daun engu, dan sekali dalam 2 bulan diminum obat urus-urus 2 sendok besar minyak kastroli.  Pengobatan untuk menghilangkan batu empedeu seperti ini, sama sekali tidak menimbulkan rasa sakit. Dianjurkan pula, agar masa pengobatan seperti ini diulangi beberapa kali dengan tenggang waktu selama 6 bulan. Apabila si penderita melakukan pantang makan dan seklai dalam 2 bulan berurus-urus dengan kastroli serta beberapa hari kemudian diminum air nenas, maka kita boleh beranggapan, bahwa bahaya dalam masa pengulangan itu telah berlalu dan kita secara perlahan-lahan boleh makan seperti biasa.

  • Segenggam penuh daun remujung, 7 lembar daun wungu, 2 bawang gunung, sepotong kayu manis Cina sepanjang satu jari dan sepotong emou kunir kira-kira sepanjang satu jari juga. Semua bahan ini dipotong-potong halus-halus, kemudian direbus dengan air biasa sebnyak 2 botl untuk anggur, sehingga air rebusan itu tinggal setengahnya. Air rebusan ini boleh diminum 3 kali sehari 1 mangkuk ketika masih hangat.
  • Obat lain ialah 4 atau 5 lembar daun urat beserta akarnya dan 7 lembar daun keji beling. Keduanya direbus menjadi satu dengan air biasa 2 gelas, hingga air rebusan itu tinggal setengahnya. Berikanlah air rebusan ini kepada si penderita untuk diminum.

Wanita yang menderita sakit batu empedu, biasanya emperoleh gangguan masa kain kotor (menstruasi) yang singkat, panas dingin, dan apabila makan kubis dan sebagainya dapat mengakibtakan mulas perut yang hebat. Dengan minum ramuan ini, dapat diharapkan bahwa gangguan itu dapat dicegah.

  • Adapula orang yang lebih cocok dengan menggunakan gempur batu. Ambillah 2 genggam penuh tumbuh-tumbuhan ini beserta tangkai dan akrnya serta rebuslah dengan air sebanyak 1 botol, hingga air rebusan itu tinggal setengahnya. Minumkanlah obat ini kepada si penderita, sehingga dalam tinjanya (kotorannya) tiada terdapat butiran-butiran seperti pasir lagi.
  • Pengobatan lain ialah minum air rebusan 6 sampai 7 jagung yang masih sangat muda sehingga biji buahnya belum keluar dan 20 lembar daun kumis kucing. Air yang dipakai merebus bahan-bahan itu kira-kira 1 gelas, dan biarkan sampai air rebusan itu tinggal tiga perempaynya.

Apabila jagung itu kecil-kecil, maka kita ambil kira-kita segenggam penuh. Disamping pengobatan ini, si pendrita harus minum sesendok teh kastroli setiap hari, dan jika penyakit ini sudah sangat lama,makan takaran untuk kastroli itu bolej ditambah sampai 1 sendok besar.

  • Penderita sakit batu empedu tidak boleh minum susu, bir atau minum-minuman yang mengandung alkohol lainnya, kopi, coklat atau teh yang keras. Juha dilarang makan daging babi, hidangan-hidangan yang berlemak, sambal, cabai, merica, dan hidangan-hidangan yang berbumbu pedas dan merangsang. Juga kubis, krokot (postelen) dan hidangan-hidangan lain menimbulkan gas, pun dilarang. Minuman yang didinginkan (direndam dalam es) juga tidak diperkenankan. Dan merupakan suatu kesalahn yang besar jika sesudah makan sop lalu minum es. Ppeya dan buah-buahan lain yang berkhasiat mendinginkan sangat membahayakan. Agar dijaga demikian rupa, sehingga si penderita tidak makan-makanan yang sukar dicerna, dan jangan pula sampai masuk angin dipeut. Sngat baik jika pederita engenakan pakaina yang menghangatkan tubuh. Pada waktu berkendaraan mobil yang terbuka maupun tertutup, harus senantiasa menggunakan penutup tubuh yang rapat.
  • Sngat baik apabila penderita sakit empedu sekali dalam 2 bulan minum kastroli dan sekali dalam 24 jam minum airnya nanas. Jangan terlalu banyak makan daging dan telur dan hidangan-hidangan lain yang ada cukanya.

Demam Empedu

  • Ambillah buah pace (mengkudu) yang sangat muda yang baru saja ditinggalkan kelopak bunganta, tumbuklah sampai halus, sesudahitu masukkan ke dalam air biasa sebanyak 1 gelas kecil dan bubuhkanlah sedikit lempuyang untuk muntahnya.

Pengobatan seperti ini cukup sekali saja, kita sudah akan dapat manfaatkan resultat yang baik.

  • Ambillah 1 ons temulawak, 2 genggam penuh daun gagan dan 7 lembar daun terawas dan kelembak setengah jari dipotong-potong. Rebuslah bahan-bahan ini dengan air biasa sebanyak satu setengah botol untuk anggur, sehingga air rebusannya tinggal setengahnya. Setelah dingin berikanlah kepada si sakit untuk diminum.

Mengeluarkan empedu dari perut

  • Airnya pahit (empedu) yang terlalu banyak di dalam perut, dapat menyebabkan sakit. Untuk mengeluarkannya, kita dapat menggunakan buah trengguli. Buah ini mempunyai daya yang kuat sekali untuk mengurangi empedu, sekali berkhasiat mencuci perut. Namun diperingatkan agar tidak terlalu banyak, sebab dapat membawa akibat buruk pada bagian dalam dari tubuh. Apabila di dalam tubuh terdapat banyak empedu, maka obat ini dpat menimbulkan kram.
  • Apabila tubuh terlalu banyak mengeluarkan empedu, dapat menyebabkan sakit kepasa yang hebat sekali. Oleh karena itu untuk dapat memuntahkannya cukup emnggunakan 3 atau 4 biji buah trengguli. Sesudah beberapa lama berkhasiat sejak pengobatan itu, maka perlahan-lahan sakit kepala itu akan hilang.
  • Daun pepaya biasa yang masih muda atau daun pepaya gantung, juga dapat membersihkan tubuh dari empedu.
  • Sawi juga dapat mengeluarkan air empedu.
  • Demikian juga daun biadara, dapat mengeluarkan empedu dari tubuh dengan cara memakannya mentah-mentah.
  • Untuk mengeluarkan air pahit (empedu) dari perut, kita dapat juga menggunakan air rebusan daun gagan. Ambillah 2 genggam penuh daun gagan beserta akarnya, rebuslah dengan air biasa sebnyak 2 botol untuk anggur, sehingga air rebusan itu tinggal setengahnya. Obat ini berkhasiat mendinginkan bagi tubuh.

Sebaiknya kita menggunakan daun yang masih segar, karen daun yang sudah dikeringkan berkurang khasiatnya.

Mulas batu empedu

  • Menggunakan penyemprotan usus (lavement) pakai air dingin dengan minyak seladadan mandi dengan air rebusan daun sembung, dapat menyembuhkan penyakit ini.
  • Disamping itu derngan minum air rebusan 5 lembar dau sembung dengan 2 gelas air hingga air rebusan itu tinggal separo, kemudian dibubuhidengan biji buah kedawung yang dilembutkan, juga dapat menyembuhkan penyakit ini.
  • Apabila perut anda mulai kram, gosoklah dengan ramuan yang terdiri dari minyak kayu putih, sirih dan air limau sitrun, atau dibebat dengan kain yang menghangatkan. Menggunakan botol yang diisii dengan air panas juga meringankan rasa sakit.
  • Apabila berhubung dengan masa liburan dkita pergi ke pegunungan sebelumnya kita harus mencuci perut, dan pada hari-hari pertama, sebelum kita pergi tidur, kita harus minum 1 mangkuk teh yang ringan dengan 2 tetes minyak adas, Dengan cara demikian, kita mencegah adanya kemungkinan untuk mendapat serangan mules pada perut.

Muntah empedu

  • Pada wktu kita muntah empedu, kita dapat memulihkan kesehatan kita dengan memakan lempuyang.
  • Dengan minum air rebusan daun sembung, kita dapat pula memulihkann kesehatan kita akibat muntah empedu

REKOMENDASI

squavit

happy wheels 2
CLOSE
CLOSE