BERAK – Mengobati Sukar Berak atau Buang Air Besar Dengan Herbal Pilihan

Share This
Sukar Berak atau Buang Air Besar

Sukar Berak atau Buang Air Besar

Agar tubuh kita senantiasa sehat, kita harus membiasakan diri supaya waktu untuk membuang air besar selalu tetap, tanpa menggunakan obat urus-urus. Sebaiknya ialah mengatur pantang makan demikian rupa, sehingga waktu untuk buang air itu teratur dengan sendirinya. Mereka yang sudah terbiasa dengan waktu untuk buang air itu tidak tetap, harus mencobanya sehingga benar-benar terbiasa.

Mengobati Sukar Berak atau Buang Air Besar Dengan Herbal Pilihan

• Suatu obat yang sebenarnya terlarang bagi penderita sakit batu ginjal adalah daun jarak pagar yang direbus. Mereka yang tidak dapat menggunakan obat tersebut diatas, ini bisa menggunakan air nenas sesudah makan.
• Buah tomat juga merupakan obat yang dianjurkan untuk penyakit ini. Namun apabila benar-benar tidak dapat, baru menggunakan obat urus.
• Mereka yang pada waktu buang air merasa mulas, harus minum rebusan patikan Cina beserta akarnya dibubuhi dengan gula Jawa.
• Anak-anak yang merasa mulas ketika membuang air besar, harus memakai tapal pada perutnya memakai daun jarak iti. Ambillah tiga atau empat lembar daun jarak itu, oleslah dengan minyak kelapa, lalu panaskanlah diatas api bebrapa saat, kemudian gulunglah dengan telapak tangan, dan akhirnya tempelkan pada perut secara merata.
• Apabila didalam kotorannya terdapat darah, minumlah air rebusan daun patikan Cina.
• Untuk meningkatkan kebiasaan membuang air besar secara tetap, gunakanlah sekai trengguli setiap pagi.
• Selain itu dapat memakai cara lain, yakin makan buah ara, terutaman yang masih segar. Apbaila tidak ada yang segar, boleh juga yang sudah dikeringkan.
• Apabila membuang air besar tidak olancar (tersendat-sendat), makanlah pisang emas secara teratur.

Beberapa masalah dengan Berak atau Buang Air Besar

  • Berak atau buang air besar pada anak-anak

    Apabila kotorannya berwarna cerah atau seperti warna cat penutup lubang yang lazim dipakai oleh pelukis, dan anak itu merasa mulas, tidak teratur pada waktu buang air besar, maka menunjukkan gejala-gejala bahwa anak itu menderita kelemahan pada encernaan atau makan-makann yang sukar dicerna. Proses pencernaan terlalu sukar dan lamban. Air susunya harus diencerkan seperti susu untuk anak yang sudah makan nasi dan harus makan pisang hijau atau buah pepaya.

    ntuk melancarkan buang air besar, sebelum tidur pada perut anak itu harus diberi tapal beberapa lembar daun jarak yang diolesi dengan minyak kelapa kemudian digulung-gulungkan dengan telapak tangan. Dengan memperhatikan benar-benar pada kotorannya anak-anak, kita dapat mengetahui, perlu atau tidaknya kita memberikan obat urus-urus pada anak tersebut, Supaya tidak menjadi lebih parah. Apaila kita biarkan, ada kemungkinan anak itu akan dijangkiti penyakit lain.

  • Berak atau buang air besar sukar

    Resep 1 : Makanlah tiga atau empat lembar daun jarak pagar agar diuapkan atau direbus dengan air sedikit. Boleh dimakan dengan kecap atau sambal kemiri. Sebagai obat cuci perut, bahan ini bekerja lambat sekali, yang mungkin dapat dipakai dalam beberapa hari.
    Penderita batu empedu tidak tahan dengan bahan ini. Apablia mereka menggunakan ini, mereka akan merasa nyeri dan kram. Gejala-gejala inilah yang membuktikan bahwa mereka menderita sakit batu empedu.
    Pada anak-anak cukup berikan tapal pada siang hari dan petang hari sebelum tidur pada perutnya. Adapun caranya, ambillah empat lembar daun jarak pagar, panaskan diatas api hingga daun itu layu dan lemas lalu oleslah dengan minyak kelapa, kemudian tempelkanlah pada perut.

    Resep 2 : Suatu obat lain yang baik adalah sarinya empat lembar daun pepaya yang masih muda.
    Untuk anak-anak, sebaiknya menggunakan tapal pada perutnya terdiri dari dua lembar daun kecubung yang diolesi dengan minyak kelapa lalu dipanaskan diatas api, kemudian ditempelkan pada perut. Perlu diterangkan disini, bahwa daun kecubung hanya dapat dipakai sebagai obat luar, karena mengandung racun.
    Wanita hamil yang mendapat kesukaran dalam membuang air besar dianjurkan agar makan setiap hari makan biji buah ketapang.

    Resep 3 : Dalam keadaan-keadaan biasa, kita dapat menggunakan car yang lebih sederhana sekalu, misalnya: sebelum makan nasi terlebih dahulu makan pisang hijau, daripada minum air dingin dan berjalan-jalan di waktu pagi.

  • Berak atau buang ai besar terasa panas
    Untuk ini mula-mula harus cuci perut dulu dengan minum sarinya pegagan hutan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *