KEDINGINAN – Resep Herbal Pilihan Obati Kedinginan

Share This
Resep Herbal Pilihan Obati Kedinginan

Resep Herbal Pilihan Obati Kedinginan

Berikut masalah kesehatan berkaitan dengan Dingin dan resep pengobatan herbal pilihan :

Masuk Angin

  • Air sari akarnya kencur sangat berguna untuk menanggulangi penyakit masuk angin
  • Pada dada si sakit harus diolesi dengan airnya sepotong limau nipis, yang terlebih dulu dibubuhi kapur sirih.
  • Air sarinya sembung lemah dapat menghangatkan tubuh serta mencairkan ingus akibat masuk angin. Oleh karena itu, bahan ini sangat berguna untuk menanggulangi penyakit tersebut.
  • Air rebusan patikan Cina bekerja sangat baik untuk menyembuhkan batuk kering dan penyakit lainnya yang diakibatkan masuk angin.
  • Apabila kaki dan tangan terasa sakit, gosokah dengan daun dan bunganya encok yang berwarna putih. Orang dewasa hanya diperkenankan menngunakan bahan ini selama seperempat jam, karena daun ini agak beracun, terutama bagi orang yang berkulit sangat peka dan tidak tahan dengan bahan ini.
  • Juga daun gandarusa dapat dipakai sebagai obat luar, apabila tangan dan kaki terasa sakit akibat masuk angin.
  • Rasa sakit pada tangan dan kaki akibat masuk angin dapat juga disembuhkan dengan memijat pada bagian tubuh yang sakit itu dengan minyak kecubung yang dibubuhi dengan minyak kayu putih. Namun harus ingat bahwa kecubung itu mengandung racun.
  • Obat yang juga baik untuk menyembhkan masuk angin, adalah mandi uap dengan rebusan daun geranium.

Kedinginan di dada

  • Penyakit ini dapat disembuhkan dengan mengunyah daun bercita, lalu menelan airnya, sedang ampasnya dikeluarkan. Bahan ini dapat mencairkan ingus (lendir) ynag menyumbat dada.
  • Rebuslah 2 manguk air, kemudian masukkan ke dalam air itu sampai 7 lembar daun sembung dengan gula secukupnya. Rebuslah bahan ini hingga airnya tinggal separo. Setelah dingin berikanlah kepada si sakit untuk diminum, sebagai obat untuk mengelluarkan peluh (keringat).
  • Sebagai obat yang baik untuk mencairkan lendir (ingus) adalah sebagai berikut. Segenggam penuh daun bayam duri, kayu angin, kayu manis Cina, adas, pulasari, gula secukupnya dengan 2 gelas air biasa. Rebuslah bahan-bahan itu hingga air tersebut tinggal separo. Setelah disaring, berikanlah kepada si sakit untuk diminum.
  • Obat lain yang juga dapat dipakai untuk menyembuhkan penyakit ini adalah daun randu yang diremas-remas dan gula aren. Segenggam penuh daun randu yang masih muda diremas-remas di dalam air, kemudian saringlah airnya dengan kain, lalau embun-embunkanlah selama 1 malam, lalu berikanlah kepada si sakit pagi- pagi sekali utnuk diminum.
  • Gula yang dibakar, adalah bahan penguat dada, sekalian dapat mencairkan lendir yang di dalamnya.

Masuk angin pada anak-anak yang masih menyusu

Anak – anak yang masih menyusu sangat peka terhadap perubahan udara . Udara lembab dan dingin dapat mengakibatkan seorang anak-anak yang masih menyusu sakit buang air dengan darah dan ingus. Dengan memberantas penyebabnya, maka biasanya penyakit itu akan sembuh. Kenakanlah pada anak itu baju dan ansop yang terbuat dari flanel dengan ujung lengan dan kaki yang dikaitkan,

Di daerah yang beriklim dingin, pada pagi hari kenakanlah pada anak-anak itu baju dan celana kaus, dan apabila udara sangat dinginnya jangan dimandikan terlalu lama. Pada hari-hari pertama pada waktu pernggantian udara, sebaiknya anak di seka saja, kemudian dimandikan apabila ia sudah terbiasa dengan udara itu.

RelatedPost

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *