Alergi Susu Formula Pada Bayi, INIKAH YANG BUNDA MAU ???

Share This

Alergi-Susu-Formula-Pada Bayi

Alergi Susu Formula Pada Bayi – Makanan yang terbaik bagi bayi adalah ASI. Betapapun mahal dan rumitnya proses pembuatan sebuah susu formula, tetap saja tidak menyamai manfaat dan khasiat ASI. Namun ada kalanya seorang ibu tidak dapat memberikan ASI untuk bayinya karena berbagai alasan, seperti ASI yang sedikit, puting susu yang masuk ke dalam, atau karena alasan sibuk bekerja. Sebagai gantinya, susu formula yang diberikan kepada si bayi.

Seberapa sering seharusnya memberi susu formula?

Bayi yang baru lahir hanya butuh sedikit susu formula. Di akhir minggu pertamanya, bayi biasanya akan membutuhkan sekitar 150 ml sampai 200 ml susu formula per kilogram berat badan mereka setiap hari hingga mereka berusia sekitar enam bulan. Angka kebutuhan ini tentunya dapat bervariasi pada tiap-tiap bayi. Namun karena daya imunitas anak-anak yang masih rendah, menyebabkan mereka rentan terhadap berbagai serangan penyakit. Tidak jarang mereka juga dapat mengalami alergi terhadap berbagai penyebab yang ada disekitar lingkungan mereka.

Banyak definisi alergi, tapi saya akan ambil contoh beberapa saja yang menurut saya cukup mudah dipahami.

Definisi yang pertama (menurut kamuskesehatan.com):

Alergi adalah sebuah kondisi di mana tubuh memiliki respon yang berlebihan terhadap suatu zat (misalnya makanan atau obat)

Definisi yang kedua (menurut doktersehat.com):

Alergi adalah suatu reaksi kepekaan tubuh yang tidak biasa terhadap sesuatu atau objek tertentu.

Dengan semakin banyaknya bayi maupun balita sekarang ini yang mengkonsumsi susu formula, maka kasus alergi susu formula pada bayi menjadi kasus yang sering dijumpai dan sudah tidak langka lagi.

Secara umum ada 3 hal yang dapat menyebabkan alergi, diantaranya, yaitu :

  • Faktor Genetika Jika salah satu atau kedua orang tua memiliki alergi dalam kehidupan mereka, anak mereka bisa sangat mudah mengembangkan alergi yang sama. Mutasi genetik yang dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh untuk bereaksi lambat atau tidak normal masih bisa diwarisi oleh anak, bahkan jika orang tua mereka tidak pernah punya riwayat alergi.
  • Alergi susu sapi bisa terjadi karena anak sensitif terhadap komponen protein susu formula atau pada proses pembuatan susu tersebut. Tubuh sensiitif dan protein susu dianggap musuh. Jika tubuh merasa dimusuhi, maka tubuh akan mulai bereaksi berupa alergi.Protein susu formula bisa menjadi masalah bagi kekebalan tubuh yang rendah.
  • Selain itu, juga terjadi akibat saluran cerna anak yang belum berfungsi sempurna. Sehingga, protein susu formula belum dapat dicerna atau dipecah dengan baik dalam tubuh.

Penting Bunda : 7 BAHAYA SUSU FORMULA, KESALAHAN FATAL ANGGAPAN BUNDA

Lalu, bagaimana bunda tahu kalau si kecil alergi susu formula ???

Alergi susu formula merupakan kasus alergi makanan yang paling populer pada anak-anak. Selain susu formula sapi, susu kambing, domba, kerbau juga dapat menimbulkan reaksi alergi. Alergi susu biasanya terjadi beberapa menit sampai beberapa jam setelah anak mengkonsumsi susu.

Gejala alergi susu berbeda-beda pada setiap orang dan terjadi dalam beberapa menit sampai beberapa jam setelah mencerna susu.Pada kasus yang langka, alergi susu dapat menyebabkan anaphylaxis –reaksi parah yang mengancam jiwa.

Tanda dan gejala alergi susu yang terjadi segera setelah mengkonsumsi susu antara lain:

Bintik merah dengan rasa gatal pada kulit Napas sesak Muntah Masalah pada pencernaan

Tanda dan gejala alergi susu yang membutuhkan lebih banyak waktu untuk muncul antara lain:

Kotoran encer, yang dapat mengandung darah Diare Kram pada perut Batuk Hidung berair Mata berair Ruam kulit yang gatal, sering di sekitar mulut Colic, pada bayi

Jika Bunda menduga bayi Bunda mengalami alergi susu, segeralah bawa ke dokter. Dokter akan mewawancarai keluarga, riwayat kesehatan keluarga dan bayi, serta melakukan pemeriksaan fisik. Tidak ada pemeriksaan laboratorium khusus untuk mendiagnosis alergi susu, jadi dokter mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan guna memastikan anak Bunda alergi susu atau tidak.

Apakah alergi susu bisa hilang?

Beberapa menyebutkan alergi susu bisa hilang ketika anak berusia 3-5 tahun. Namun ada juga yang bilang alergi susu tidak hilang sampai anak berusia 5 tahun. Mungkin ini sangat tergantung pada kondisi anak masing-masing, tidak ada yang bisa memastikannya.

Untuk Bunda, Penting Lho…

Bunda… Ini Lho, Susu Terbaik Untuk Bayi Anda

7 BAHAYA SUSU FORMULA, KESALAHAN FATAL ANGGAPAN BUNDA

Bunda Bingung Memilih… ??? Ini Botol Susu Bayi Terbaik Untuk Bayi Bunda

Artikel Kesehatan Terkait

Bunda… Ini Lho, Susu Terbaik Untuk Bayi Anda   Susu Terbaik Untuk Bayi - Periode pertumbuhan anak pada masa bayi sangat pesat dan menjadi satu masa yang paling menentukan dari keseluruhan hidupn...
Alergi Kulit Pada Anak dan Iritasi Karena Kosmetik... Alergi Kulit Pada Anak dan Iritasi Tahukah anda bahwa beberapa anak mengalami reaksi alergi yang muncul secara jelas di kulit, biasanya akibat sentu...
Susu Bayi Yang Bagus Untuk Menambah Berat Badan Susu Bayi Yang Bagus Untuk Menambah Berat Badan Susu Bayi Yang Bagus Untuk Menambah Berat Badan - Cukup banyak orangtua yang menanyakan cara menamba...
Bunda Bingung Memilih… ??? Ini Botol Susu Ba... Botol Susu Bayi Terbaik - Dear Bunda, Peralatan bayi sangat penting untuk bunda perhatikan, mengingat pada tahun pertama kelahiran bayi sangat rentan ...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *