ANAK SAKIT SETELAH LEBARAN, BISA DI CEGAH

Share This

ANAK SAKIT SETELAH LEBARAN, BISA DI CEGAH

anak sakit setelah lebaran

anak sakit setelah lebaran

Survei dari kementerian kesehatan tahun 2014 menunjukan, rumah sakit daerah mengalami kenaikan jumlah kunjungan pasien hampir 30% . Kebanyakan didominasi oleh anak-anak. Tentu menjadi pertanyaan untuk Bunda apa sebabnya dan bagaimana cara mencegahnya.

Paling tidak ada 3 sebab utama mengapa anak mudah sakit setelah lebaran

1. Makan Terlalu Banyak Jenis dan Kwantitasnya
Kebanyakan anak diindonesia khususnya yang beragama islam sudah mulai melakukan latihan puasa sejak umur 5 tahun , sedangkan anak umur 8 tahun sudah mampu untuk berpuasa full. Ketika bulan puasa ritme makan anak menjadi teratur. Namun ketika Hari lebaran tiba menu makanan yang bermacam membuat anak menjadi terlalu semangat melahap semuanya. Ditambah lagi anak-anak masih belum memahami pentingnya memilih makanan yang tepat. Selain itu juga anak-anak jajan dalam jumlah diatas biasanya karena mereka memiliki uang lebaran. Makanan yang tidak higienispun sering dilahap tanpa sepengetahuan ibunya. Factor inilah yang memicu anak mudah sakit.

2. Perjalan Jauh (mudik)
Tradisi mudik sudah mahfum bagi masyarakat Indonesia. Perjalanan mudik sering ditempuh lebih dari 9 jam. Dan ini biasanya berlangsung hingga beberapa trip dan beberapa hari. Hal ini tentu saja menguras stamina anak-anak. Ditambah lagi factor pertama makanan yang tidak dijaga. Sehingga kelelahan diperjalanan menjadi factor kedua yang berpengaruh

3. Bertemu dengan banyak orang dengan beda lingkungan
Silaturahim adalah moment dimana kita pasti bertemu banyak orang, bersalaman dengan banyak orang dan mengunjungi tempat-tempat yang jarang kita lalui dalam aktivitas sehari-hari. Ketika bersalaman dengan banyak orang tentu saja terjadi persilangan bakteri / virus antara satu orang dengan orang lainnya. Ditambah lagi lingkungan yang berbeda juga menyimpan bakteri endemic yang berbeda pula. Bila mana kekebalan tubuh anak tidak dalam keadaan prima maka tentu saja anak mudah terpapar dan sakit.

CEGAH ANAK SAKIT SETELAH LEBARAN

Moment yang baik ini alangkah tidak nyamannya bila setelahnya buah hati bunda sakit atau tidak prima kesehatannya. Untuk itu beberapa langkah bisa dilakukan supaya anak tercegah dari sakit paska lebaran, berikut tipsnya

1. Jaga sumber makanan anak yang dikonsumsi, kalaupun anak makan banyak termasuk jajanan. Pastikan sumbernya dari makanan atau jajanan yang sudah disediakan dirumah, bukan dari jajanan dijalanan.

2. Kuatkan daya tahan tubuh anak dengan mengkonsumsi sari nutrisi yang mampu menaikan kekebalan tubuhnya seperti madu, ikan ikanan, kacang-kacangan dan buah buahan.

3. Sediakan buah-buahan dengan rasa segar di dalam mobil ketika mudik. Buah yang memiliki rasa segar biasanya kaya vitamin C. selain mampu meningkatkan stamina diperjalanan juga rasa segarnya mampu menghilangkan stress pada anak.

Demikian Bunda Tips Gizidat Kali ini. Semoga buah hati kita tetap sehat dan kuat.
LIKE & SHARE Bila bermanfaat.

=================
GIZIDAT
Madu Ikan Sidat plus Probiotik Pertama Di Indonesia
==================

– Bikin anak lahap makan
– Tambah cerdas
– Gak mudah sakit

Pemesanan Via Inbox atau Hotline CS kami :
– CS Rani : 081227055492 / D998780B
– Rahma 085700436570 / D57CC93C
– CS Atika 081244466959 Pin D5F443AB

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *