Awas, Bahaya Memaksa Anak Susah Makan ! - Family Herbal Awas, Bahaya Memaksa Anak Susah Makan ! - Family Herbal

Awas, Bahaya Memaksa Anak Susah Makan !


Awas ! Memaksa Anak Susah Makan Ternyata Bahaya bagi Perkembangannya

Bahaya memaksa makan anak - By Vitabumin Madu Albumin

Bahaya memaksa makan anak – By Vitabumin Madu Albumin

Terkadang memang greget jika si kecil sangat sulit untuk diberi makan. Dengan alasan agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak, terkadang orang tua memaksa atau mengancam anak agar mau menelan makanannya. Tetapi tahukah Anda bahwa memaksa anak untuk makan bahaya bagi perkembangannya?

Emilia Achmadi, Msc, seorang pakar nutrisi mengatakan bahwa sebaiknya orangtua jangan memaksa anak jika tidak mau makan, karena hal tersebut hal dapat berpengaruh pada perkembangan anak.

Beberapa kategori yang disebut dengan pemaksaan orang tua agar anak mau makan diantaranya sebagai berikut:

1.   Memberikan Iming-Iming atau Hadiah Agar si Kecil Mau Makan, misalnya saja memberikan es krim atau cokelat. Tahukah Anda, meski proses iming-iming atau memberikan hadiah ini akan membuat anak saat itu mau makan, tetapi dalam benaknya akan selalu tertanam bahwa setelah makan nanti dia akan bisa menyantap jenis makanan apa saja yang diinginkannya. Akibatnya, dia tidak bisa mengontrol asupan makanannya yang masuk ke dalam tubuh dan malah berakhir dengan obesitas pada anak.

2.   Menakut-nakuti anak agar mau makan, biasanya anak diancam dengan sesuatu yang tidak disukainya. Menakut-nakuti si kecil agar mau makan ini dapat mengakibatkan dampak psikologis yang tidak baik bagi anak, misalnya berupa anoreksia dan juga bulimia pada anak. Hal tersebut dikarenakan anak mau makan hanya untuk menyenangkan orang tua saja, tanpa harus dicerna lebih lanjut dalam perutnya. Bukan tidak mungkin si kecil malah akan memuntahkan kembali berbagai makanan itu pada saat orangtuanya tidak memperhatikan dia lagi.

3.   Mengancam anak agar mau makan, adalah cara paling parah yang dilakukan orang tua saat anak tidak mau makan. Misalnya orangtua tidak mau berbicara dengan anak, ditinggal sendirian, bahkan dipukul, dan berbagai ancaman lain. Hal ini jika dilakukan terus menerus dalam jangka waktu yang lama terbukti dapat menimbulkan sebuah trauma tersendiri pada anak. Akhirnya bisa menyebabkan rasa takut anak pada makanan, sehingga jika tiba waktunya makan, dalam benak anak akan selalu terbayang ancaman yang kerap diberikan oleh orangtuanya. Ini tentu saja membuat anak depresi saat melihat makanan dan dia akan makan hanya karena merasa takut akan ancaman orangtua.

Nah, jika memaksa anak susah makan bahaya bagi perkembangannya, lantas bagaimana caranya agar anak mau makan tanpa harus memaksanya? Beberapa siasat yang dapat Anda lakukan diantaranya dengan menyajikan makanan dalam porsi kecil. Variasi makanan yang beragam dan menarikpun bisa membuat anak tertarik untuk makan. Namun jika upaya tersebut telah dilakukan tetapi anak tetap susah makan, Bunda tidak perlu khawatir. Hasil penelitian Y. Widodo, Peneliti pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi di Bogor ini membawa kabar gembira bagi orangtua yang memiliki anak susah makan. Ia melaporkan bahwa pemberian madu secara teratur setiap hari dapat menurunkan tingkat morbiditas (panas dan pilek), menambah nafsu makan, disamping itu kandungan gizinya lengkap. Madu memiliki banyak sekali zat-zat penting yang berguna bagi tubuh, antara lain zat besi (fe), tembaga (Cu), Kalium, vitamin B kompleks, fosfor, seng, antioksidan, fruktosa, maltosa, asam amino, dan sukrosa. Madu mudah diserap oleh usus bersama dengan zat organik lainnya, karena memiliki kandungan glukosa dan frukstosa yang tinggi. Inilah yang menjadi stimulan bagi pencernaan dan memperbaiki nafsu makan. Selain itu kandungan vitamin B kompleksnya juga terbukti meningkatkan nafsu makan. Jadi jika balita anda susah makan, jangan pernah memaksa apalagi mengancamnya, segera cari tahu penyebabnya dan berikan solusi terbaik untuk meningkatkan nafsu makan serta penuhi kebutuhan gizinya agar pertumbuhan dan kecerdasan menjadi optimal.


REKOMENDASI

squavit

Artikel Kesehatan Terkait

Gizidat – Madu Ikan Sidat Plus Probiotik "Gizidat - Madu Ikan Sidat Plus Probiotik" "Berkualitas yang temani tumbuh kembang Si Kecil" MENGAPA HARUS GIZIDAT? Gizidat merupakan kombina...
Gizidat – Madu Ikan Sidat Plus Probiotik "Gizidat - Madu Ikan Sidat Plus Probiotik" "Berkualitas yang temani tumbuh kembang Si Kecil" MENGAPA HARUS GIZIDAT? Gizidat merupakan kombi...
Gizidat – Madu Ikan Sidat Plus Probiotik "Gizidat - Madu Ikan Sidat Plus Probiotik" "Berkualitas yang temani tumbuh kembang Si Kecil" MENGAPA HARUS GIZIDAT? Gizidat merupakan kombina...
Mendeteksi Pertumbuhan Anak ibu dan anak Mendeteksi Pertumbuhan Anak. Mendeteksi Gangguan Tumbuh Kembang Lewat Bermain. Orangtua bisa mendeteksi masalah gangguan tumbuh kembang...
happy wheels 2