BENALU OBAT KANKER

Share This

Perbandingan Daya Hambat

Benalu Duku dengan Benalu Teh terhadap Sel kanker

Benalu obat kanker yang  penelitian ini bermaksud untuk membedakan daya hambat benalu duku dan benalu teh terhadap sel kanker mieloma dengan membandingkannya dengan metrotreksat. Judul penelitian Pengkajian Kemampuan Hambatan Pertumbuhan Sel Kanker Mieloma secara In Vitro antara Meserasi Benalu Duku dan Benalu Teh Dibandingkan dengan Metrotreksat. Penelitian ini dilakukan oleh Tim Peneliti yang terdiri dari Ratna Sofaria Munir, Mochamad Lazuardi dan Rostantia Indrawati dan Lembaga Penelitian Universitas Airlangga, Surabaya, tahun 1 999.

BENALU OBAT KANKERBenalu obat kanker  yang digunakan dari Famili Loranthaceae dengan jenis Dendrophthoesp. yang sering tumbuh di pohon teh dan pohon duku.Metoda ekstraksi yang digunakan adalah meserasi. Sel kanker yang digunakan adalah sel kanker dan jaringan mieloma. Pembanding yang digunakan adalah metrotreksat, suatu obat sintetis untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Parameter yang diamati adalah penghambatan pertumbuhan sel kanker mieloma.

Hasil penelitian menunjukkan

  1. Kemampuan hambat pentumbuhan sel kultur mieloma oleh ekstrak meserasi benalu duku lebih rendah dibandingkan metrotreksat.
  2. Kemampuan hambat pentumbuhan sel kultur mieloma oleh ekstrak mesenasi benalu teh lebih tinggi dibandingkan metrotreksat.
  3. Kedua jenis ekstrak benalu menunjukkan kemampuan untuk menghambat sel kanker mieloma.

Penelitian serupa dilakukan oleh tim yang sama tetapi  Perbedaannya bahwa ekstrak yang digunakan berasal dan  infusa bukan mesenasi seperti diatas. Judulnya Studi  Antiproliferatif Infusa Benalu Duku tenhadap Sel Kanker Secara In Vittro, dilakukan tahun 2000.

Hasil penelitian menunjukan :

  1. Daun benalu duku yang disani dengan cara infusa pada konsentrasi 10 % telah mampu membenikan daya hambat pertumbuhan sel kultur mieloma.
  2. Kemampuan hambat pada sel mieloma pembenian infusa benalu duku konsentrasi 10 % lebjh keci! dari benalu teh konsentrasi 10 %
  3. Infus benalu duku pada konsentrasi yang ditingkatkan 20%, 30%, 40% memberikan daya hambat pernumbuhan sel kanker mieloma yang sama dengan benalu teh pada kosentrasi yang sama.

Dan dua penelitian diatas memang terbukti bahwa Benalu obat kanker atau benalu teh efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Tetapi terdapat beberapa faktor yang menentukan efektivitasnya diantaranya konsentrasi dan cara ekstraksi. Tetapi terdapat faktor lain yang jugan menentukan yaitu jenis benalunya.Disebutkan jenis benalu yang diuji adalah dari Famili Lonanthaceae dengan jenis Dendrophthoe sp. jadi terdapat tiga faktor yang menentukan yaitu jenis benalu teh, konsentrasi (atau dosis ) yang digunakan dan cara mengolahnya (merebusnya).

Khasiat benalu teh untuk kesehatanDari tiga faktor tersebut yang paling sulit adalah berkaitan dengan jenis. Pemahaman awam tentang jenis-jenis benalu yang biasa tumbuh di pohon teh memang kurang, sementana banyak pihak memanfaatkan kekurangan ini dengan menawarkan ‘benalu teh palsu’ yang sening bukan benalu teh bahkan bukan benalu, yang dijual kering dalam bungkusan. Padahal seharusnya kita memilih, diantara berbagai benalu teh mana, yang akan kita gunakan sebagai Benalu obat kanker,  apakah Dendropthce pentandra (L) Miq. atau Macrosolenjavanus Dans. Atau Viscum articulatum Burm.f.

Kegagalan kita memilih yang benar, mengolah secara benar dan memberikan dosis yang benar itulah yang menyebabkan kita merasakan ‘fakta sebagai mitos’. Sebaliknya jika kita bisa memilih dengan benar, mengolah secara benar dan memberikan dosis yang benar, maka benalu teh bukan lagi mitos, tetapi fakta bahwa Benalu obat kanker.

 

RelatedPost

You may also like...

1 Response

  1. September 30, 2015

    […] kita tidur dengan lampu yang menyala. Salah satunya adalah meningkatkan resiko terkena penyakit kanker. Mari kita bahas lagi bahaya lain dari tidur malam dengan dengan menghidupkan lampu.Bahaya lainnya […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *