Bunda Bingung Memilih… ??? Ini Botol Susu Bayi Terbaik Untuk Bayi Bunda

Share This

Botol Susu Bayi Terbaik – Dear Bunda, Peralatan bayi sangat penting untuk bunda perhatikan, mengingat pada tahun pertama kelahiran bayi sangat rentan terhadap beberapa penyakit. Imunitas tubuhnya tidak dapat disamakan dengan orang dewasa sehingga beberapa mikroorganisme seperti virus, bakteri dan parasit akan berkumpul pada peralatan bayi yang tidak steril. Peralatan bayi yang paling akrab dan bersentuhan langsung dengan mulut bayi adalah BOTOL SUSU.

Aneka macam botol susu yang dijual di toko perlengkapan bayi itu anggaplah sebagai alternatif yang memudahkan dalam memilih, bukan sebagai hal yang membingungkan. Sebagai konsumen, kita layak mendapatkan botol susu bayi terbaik dan aman untuk buah hati tercinta.

Salah pilih botol susu dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada anak lho Bunda! Mengapa demikian? Karena fakta di lapangan membuktikan terdapat beberapa botol susu bayi yang mengandung zat kimia sangat berbahaya.

Botol susu merk terkenal belum tentu jaminan kualitas. Inilah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli botol susu untuk anak.

PERTIMBANGAN DALAM MEMILIH BOTOL SUSU BAYI

Pertimbangan utama dalam memilih botol susu untuk bayi adalah faktor keamanan dan kenyamanan bagi si bayi. Jika bayi Anda aman dan nyaman dalam menyusui tentu ia akan tumbuh dengan cepat dan sehat. Demikian pula sebaliknya, jika bayi tidak aman dan nyaman dalam menyusui maka pertumbuhannya akan lambat atau bahkan jatuh sakit.

Faktor keamanan berkaitan dengan bahan dasar pembuatan botol bayi serta steril tidaknya botol tersebut dari bakteri dan kuman. Sedangkan kenyamanan berkaitan dengan bagaimana reaksi bayi saat ia menyedot air susu yang ada dalam botol. Apakah berjalan lancar ataukah bayi terganggu seperti tersedak atau air susu banyak yang tumpah karena ada yang bocor dll.

Nah, berikut ini adalah penjelasan lebih rinci cara memilih botol susu yang tepat dan aman untuk bayi.

MENURUT BAGAN DASARNYA

Anda harus tahu bahwa ada produk botol susu terbuat dari polikarbonat, yaitu plastik kaku yang memiliki potensi melarutkan bisphenol A dalam susu anak. Bisphenol A (BPA) telah lama diketahui sebagai penyebab beberapa masalah kesehatan, seperti gangguan hormon dan obesitas.

National Toxicology Program (sebuah badan dalam Departemen Kesehatan Amerika Serikat yang menangani penggunaan bahan kimia pada barang kebutuhan sehari-hari) mengungkapkan ada beberapa permasalahan saraf yang berhubungan dengan perilaku anak, akibat paparan BPA.

Hal itu bisa dihindari dengan memilih Botol susu bayi ada yang berbahan dasar kaca dan ada yang berbahan dasar plastik. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan botol dari kaca adalah mudah dibersihkan dan tahan terhadap panas sehingga tidak melarutkan zat kimia berbahaya. Tetapi botol kaca juga memiliki kelemahan, karena mudah pecah dan retak, terutama saat dipanaskan untuk sterilisasi. Dan, jika pecah akan sangat berbahaya bagi anak, sebab bisa saja pecahan kaca masuk ke dalam makanan anak.

Kelebihan botol dari plastik adalah tidak mudah pecah atau retak, sedangkan kekurangannya tidak tahan panas dan bisa melarutkan zat kimia berbahaya.Sekarang ini botol susu berbahan dasar plastik banyak yang dibuat dari plastik berkualitas tinggi. Sehingga lebih tahan terhadap suhu panas dan tidak melarutkan zat kimia berbahaya. Botol susu yang terbuat dari plastik berkualitas tinggi ini aman bagi bayi.

Maka itu, botol plastik memang bisa jadi pilihan aman. Tapi, yang seperti apa? Botol plastik yang aman untuk anak adalah botol yang berlambang #2 HDPE, #4 LDPE and #5 PP. Plastik tersebut dibuat dari polypropylene atau polyethylene yang diketahui tidak melarutkan karsinogen, zat penyebab kanker. Untuk mengetahui botol susu yang aman tersebut bisa dilihat dari kode-kode #2, #4 dan #5 yang berada di bagian bawah botol.

BACA JUGA: Ini Lho, Susu Terbaik Untuk Bayi Bunda

Sebaiknya memilih botol susu yang polos bukan yang dihiasi dengan gambar, hindari juga botol dengan banyak aksesoris.

Pilih botol susu dengan regulator. Model botol susu bayi sekarang sudah jauh berkembang dan lebih nyaman digunakan, misalnya dengan memakai regulator sehingga bayi tidak mudah tersedak.

Pilihlah botol menurut rekomendasi usia. Memilih botol susu sebaiknya mengikuti rekomendasi usia dari pembuatnya, karena lebih memudahkan dalam penggunaannya.

Selain memperhatikan jenis bahan dasar yang digunakan dalam botol susu bayi, PENTING juga untuk bunda dalam memperhatikan cara dalam mensterilkan botol susu bayi.

Pada umumnya ada beberapa cara yang dapat bunda lakukan untuk mensterilkan botol susu bayi yaitu :

1. Dengan Air Dingin

Bunda dapat membeli peralatan sterilisasi khusus untuk sterilisasi air dingin atau bunda dapat menggunakan wadah plastik dengan tertutup. Jika bunda menggunakan ember atau wadah untuk menstrerilkan botol susu periksa bahwa peralatan yang digunakan bersih. Hal yang harus bunda perhatikan selanjutnya adalah tidak ada gelembung udara yang tersisa di botol dan menjaga semuanya terendam selama minimal 30 menit untuk mensterilkan secara optimal.

Bagi bunda yang akan mensterilkan botol susu hal yang penting yang terkadang luput dari perhatian adalah kebersihan tangan, kemudian alat alat yang akan digunakan seperti sikat botol dan juga cara membilasnya, pastikan deterjen yang anda gunakan bersih dan tidak membekas di botol susu.

2. Teknik Perebusan

Ketika bunda memilih untuk mensterilkan botol susu bayi dengan cara merebus yang harus perhatikan terlebih dahulu adalah jenis plastik botol bayi.

Apabila jenis plastik botol susu anda memang aman untuk dilakukan strelisasi dengan cara perebusan maka hal yang dapat anda lakukan adalah dengan menyediakan panci besar dengan penutupnya. Isi panci dengan air secukupnya yaitu ketika botol susu bayi sudah tenggelam di dalam panci tersebut. Pastikan tidak ada gelembung udara yang terperangkap di dalam botol dan dot, kemudian tutup panci dan didihkan kurang lebih 10 menit.

3. Dengan Microwave

Banyak botol susu bayi dapat disterilisasi menggunakan microwave. Hanya dibutuhkan waktu 90 detik untuk mensterilkan botol susu bayi dalam menggunakan microwave. Jangan menutup botol susu selama melakukan sterilisasi microwave karena tekanan dapat terjadi di dalamnya.Hati-hati saat melepas tutup microwave pada saat strealisasi uap karena masih menyimpan panas setelah strealisasinya.

Keuntungan utama dari sterilisi microwave adalah tidak ada bau atau rasa tersisa setelah cara ini. Selain itu jika anda dapat menyimpan dengan cara yang tertutup akan membantu dalam menjaga botol susu anda dalam keadaan steril selama 3 jam.

Setelah memilih botol susu bayi terbaik dengan tepat, Anda tidak perlu khawatir buah hati tersayang akan terpapar zat kimia berbahaya. Lengkapi selalu kebutuhan nutrisi bayi Anda. Ketahuilah bahwa ASI merupakan makanan terbaik bagi kesehatan serta tumbuh kembang bayi. Pemilihan botol susu untuk pemberian makan bayi dapat menjadi alternatif bagi para ibu yang memiliki pekerjaan atau rutinitas yang cukup padat.

Artikel Lainnya : 7 BAHAYA SUSU FORMULA

Artikel Kesehatan Terkait

Kapan Susu Formula Basi? Ini Jawabannya… Kapan Susu Formula Basi Berapa jam maksimal untuk susu formula yang sudah di seduh untuk di berikan kepada anak? Jawab : Berapa lama susu boleh ber...
Susu Bayi Yang Bagus Untuk Menambah Berat Badan Susu Bayi Yang Bagus Untuk Menambah Berat Badan Susu Bayi Yang Bagus Untuk Menambah Berat Badan - Cukup banyak orangtua yang menanyakan cara menamba...
Bunda… Ini Lho, Susu Terbaik Untuk Bayi Anda   Susu Terbaik Untuk Bayi - Periode pertumbuhan anak pada masa bayi sangat pesat dan menjadi satu masa yang paling menentukan dari keseluruhan hidupn...
Alergi Susu Formula Pada Bayi, INIKAH YANG BUNDA M... Alergi Susu Formula Pada Bayi - Makanan yang terbaik bagi bayi adalah ASI. Betapapun mahal dan rumitnya proses pembuatan sebuah susu formula, tetap ...

You may also like...

1 Response

  1. February 6, 2016

    […] Baca Artikel Menarik Lainnya: Bunda Bingung Memilih… ??? Ini Botol Susu Bayi Terbaik Untuk Bayi Bunda […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *