Bugar dan Sehat dengan Spa

Share This

BUGAR & SEHAT DENGAN SPA

Di berbagai tempat seperti hotel dan salon tertentu biasanya kita temukan layanan yang disebut spa. Meski semakin populer pada beberapa tahun terakhir, konsep spa sebenarnya sudah dikenal sejak dulu. Terapi ini ditujukan terutama untuk pemeliharraan relaksasi dan kebugaran.

Bugar dan Sehat dengan Spa, istilah spa merupakan akronim dan bahasa Latin yaitu solus per aqua, yang berarti kesehatan yang diperoleh dan air. Namun ada juga pendapat lain yang menyebutkan istilah spa berasal dan kata spau, yaitu nama sebuah desa di Liege Belgia yang konon memiliki sebuah sumber air mineral yang dapat menyembuhkan berbagai masalah penyakit kulit. Ada beberapa versi yang mengemukan asal mula terapi spa ini. Pertama, menurut sebuah hikayat menyebutkan bahwa spa sudah dikenal sejak ribuan tahun sebelum Masehi. Cerita ini pertama ditemukan oleh Bladut yang kemudian didokumentasikan oleh Geoffrey of Monmouth dalam sebuah buku yang berjudul History of The Kings of Britain pada tahun 11 36. Versi lain menyebutkan bahwa spa ini dikembangkan oleh Sebastian Kniepp seorang pendeta dan Eropa pada abad 19. Pendeta ini menurut cerita tersebut telah mengembangkan Iebih dan 100 metoda terapi setelah pulih dan penyakit TBC dengan menggunakan terapi air.

Relaksasi dan melepas penat

Bugar dan sehat dengan spaBagi sebagian besar orang di kota, mengendurkan otot dan melepas penatnya pikiran seperti halnya memenuhi kebutuhan pokok. Pergi ke tempat hiburan dan wisata memang kadang merupakan suatu pilihan. Namun ketika saat bersenang-senang usai, tak jarang kondisi fisik tubuh semakin capek, meski kepenatan relatif berkurang. Dalam spa relaksasi syaraf dan otot sedemikian rupa sehingga membuat kepenatan pikiran makin berkurang.

Bugar dan Sehat dengan Spa biasanya ada di kota besar dan sekitarnya. Hal ini disebabkan para pengguna terapi ini adalah mereka yang memerlukan relaksasi setelah sekian waktu bergelut dengan aktivitas yang sangat melelahkan yang biasanya terjadi di kota besar. Kesibukan dan gaya hidup metropolis selalu diiringi dengan beragam problema. Tentu hal ini dapat memicu timbulnya ketegangan psikis para penghuninya. Beban itu terasa tambah berat manakala menghadapi jalanan macet, suasana kantor yang menjemukan hingga urusan dengan relasi yang tak kunjung selesai.

Berbagai variasi

Terapi spa yang dikenal juga dengan sebutan hydrotherapy mempunyai sejumlah variasi yang diantaranya adalah:

  1. Balneo therapyatau terapi dengan menggunakan air kran
  2. Thalasso therapy yang menggunakan air laut
  3. Thermal therapy yang menggunakan mata air panas.

Air sebenarnya sudah sejak lama diakui sebagai media penyembuh. Orang-orang Yunani kuno menggunakan air laut untuk penyembuhan. Di Eropa tengah misalnya, air mineral digunakan untuk terapi penyembuhan. Acara-acara ritual pembersihan tubuh dan pikiran dengan menggunakan air sering kita lihat pada berbagai budaya di berbagai negara seperti Afrika, India dan komunitas penganut agama tertentu.

Terapi pendukung

Bugar dan sehat dengan spaTerapi-terapi yang disebutkan di atas biasanya dipadukan dengan sejumlah perawatan seperti: perawatan kulit, wajah, kaki, rambut, pijat kesehatan (shiatsu, refleksi,) dan aromaterapi. Aromaterapi yaitu terapi yang memanfaatkan aroma berbagai macam wangi-wangian. Wewangian memberi kesadaran baru bagi seseorang akan sugesti dan kekuatan yang juga baru. Aroma wangi menempati prioritas penting untuk memulihkan jiwa dan jasmani. Selain wewangian terapi pendukung lain yang kerap disertakan dalam spa seperti terapi pernapasan dan pengembangan jiwa (yoga, reiki, tai chi, chi kung dan pilates).

Bugar dan Sehat dengan Spa, dalam perkembangan spa juga banyak dikombinasikan dengan terapi yang berasal dari adat setempat misalnya dengan memadukan spa dan musik instrumental, baik dari intrumen tradisional maupun modern. Dengan disertai musik spa mampu membuat jiwa lebih tenang. Unsur spiritual dengan adanya musik juga bisa menjadi motivator untuk melakukan relaksasi. Gending jawa atau musik gamelan jawa merupakan salah satu jenis musik tradisonal yang digunakan dalam spa.

Konsultasi

Konsultasi merupakan hal pertama yang menjadi bagian penting terapi spa. Di situ dibicarakan berbagai persoalan menyangkut nutrisi, kebiasaan-kebiasaan tertentu yang mempengaruhi kecantikan dan kesehatan. Terapist memberikan kiat yang sebaiknya dilakukan untuk mendukung treatmen yang dilakukan, biasa disebut anjuran. Sedangkan beberapa hal yang harus dihindari baik berupa makanan, aktivitas, maupun lingkungan masuk dalam kategori pantangan.

Terapi pendukung Bugar dan Sehat dengan Spa yang dilakukan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Selain bertujuan untuk relaksasi dan kebugaran, spa yang dikombinasikan dengan terapi lain seperti akupresur dan akupunktur berfungsi untuk pengobatan penyakit tertentu. Dalam kasus seperti itu diperlukan terapi spa lebih intensif dan terintegrasi. (heri)

Artikel Kesehatan Terkait

Menjadikan Bunga Matahari Sebagai Obat Alami Bunga berwarna kuning dengan bagian tengah berwarna cokelat ini sering dijumpai di toko bunga sebagai tanaman hias, namun bukan hanya bentuknya ya...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *