Bunda... Ini Lho, Susu Terbaik Untuk Bayi Anda Bunda... Ini Lho, Susu Terbaik Untuk Bayi Anda

Bunda… Ini Lho, Susu Terbaik Untuk Bayi Anda


 Susu-Terbaik-Untuk-Bayi

Susu Terbaik Untuk Bayi – Periode pertumbuhan anak pada masa bayi sangat pesat dan menjadi satu masa yang paling menentukan dari keseluruhan hidupnya. Ditahun pertama hidupnya ini ia akan meningkatkan berat tubuhnya hingga tiga kali lipat. Itu sebabnya ia membutuhkan nutrisi yang tepat untuk menunjangnya. Dan nutrisi yang tepat bagi si kecil hanyalah terdapat pada Air Susu Ibu (ASI).

ASI adalah satu jenis makanan yang mencukupi seluruh unsur kebutuhan bayi, baik fisik, psikologi, sosial, maupun spiritual. Maka tak heran, kalau ASI sangat penting bagi bayi. Terlebih, jika ASI diberikan secara eksklusif pada enam bulan pertama kelahiran bayi.

ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan tambahan lain pada bayi berumur nol sampai enam bulan (6 x 30 hari). Hanya ASI satu-satunya makanan dan minuman yang diperlukan oleh seorang bayi dalam enam bulan pertama. Tidak ada makanan atau minuman lain, termasuk air putih, yang diperlukan selama periode ini. ASI adalah makanan terbaik untuk bayi Anda. Susu hewan, susu formula (bahkan yang harganya mahal) susu bubuk, teh, minuman yang mengandung gula, pisang dan padi-padian tidak memiliki kandungan seba ASI.

ASI adalah makanan yang bergizi dan berkalori tinggi yang udah untuk dicerna. ASI memiliki kandungan yang membantu penyerapan nutrisi, membantu perkembangan dan pertumbuhan, juga mengandug sel-sel darah putih, anti-bodi, anti-bodi, anti peradangan dan zat-zat biologi aktif yang penting bagi tubuh bayi dan melindungi bayi dari berbagai penyakit. Kandungan-kandungan tersebut TIDAK terdapat dalam susu formula, selain itu asupan apapun selain ASI sulit dicerna oleh bayi, sehingga justru akan membahayakan kesehatannya.

PENTING ! 

BACA JUGA :  7 BAHAYA SUSU FORMULA, KESALAHAN FATAL ANGGAPAN BUNDA !

Pada bulan-bulan pertama, saat bayi berada pada kondisi yang sangat rentan, pemberian makanan atau minuman lain selain ASI akan meningkatkan resiko terjadinya diare, infeksi telinga, alergi, meningitis, leukimia, sudden Infant Death Syndrome/SIDS-sindrom kematian tiba-tiba pada bayi- penyakit infeksi dan penyakit – penyakit lain yang biasa terjadi pada bayi. ASI yang diproduksi ibu mempunyai komposisi yang sempurna untuk bayinya. Tidak ada yang bisa membuat makanan yang sesempurna ini. Anti-bodi yang terkandung dalam ASI dibuat khusus untuk virus dan bakteri yang dihadapi ibu dan bayinya pada saat itu. Komposisi ASI berbeda – beda -dari pagi sampai malam hari, dari tegukan pertama sampai akhir setiap kali anak menyusui- berubah untuk memenuhi kebutuhan dan perkembangan bayi dengan rasa yang dipengaruhi oleh makanan yang dikonsusmsi ibu, sehingga setiap teguk ASI berbeda dan sempurna untuk bayinya. Tidak ada produsen susu formula yang bisa membuat makanan lebih sempurna untuk bayi dibandingkan sang ibu.

ASI sangat direkomendasikan sebagai asupan susu terbaik untuk bayi, terutama karena ASI banyak memberi manfaat diantaranya:

  • ASI memiliki komposisi sangat sempurna untuk pencernaan bayi Anda. Kandungan dari ASI adalah laktosa, protein yang mudah dicerna dan lemak, semua dalam komposisi seimbang, sesuai dengan kebutuhan si kecil sesuai usianya. Juga mineral-mineral, vitamin-vitamin dan enzim-enzim dan berbagai kandungan lain sesuai dengan pencernaan si kecil. ASI mengandung kolostrum yang mengandung zat kekebalan terutama IgA untuk meningkatakan daya tahan tubuh, mengurangi kemungkinan terjadinya alergi . ASI juga mengurangi tingkat kematian bayi karena terdapat berbagai zat kekebalan yang melindungi bayi dari berbagai penyakit.
  • Menyusui si kecil tidak hanya memberi nutrisi pada fisik saja, namun Anda juga dapat membangun ikatan yang kuat dengan si kecil. Adanya kontak sentuhan kulit melaui belaian dan dekapan, senyuman serta kehangatn dan detak jantung si ibu akan membuat Bayi akan merasa aman dan puas karena bayi merasakan kehangatan tubuh ibu dan mendengar denyut jantung ibu yang sudah dikenal sejak bayi masih dalam rahim.
  • Interaksi ibu-bayi dan kandungan nilai gizi ASI sangat dibutuhkan untuk perkembangan system syaraf otak yang dapat meningkatkan kecerdasan bayi. Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.
  • Dengan menghisap payudara, koordinasi syaraf menelan, menghisap dan bernafas yang terjadi pada bayi baru lahir dapat lebih sempurna.
  • Dengan menyusui secara eksklusif, ibu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk makanan bayi sampai bayi berumur 4 bulan. Dengan demikian akan menghemat pengeluaran rumah tangga untuk membeli susu formula dan peralatannya.Dengan menyusui secara eksklusif dapat menunda haid dan kehamilan, sehingga dapat digunakan sebagai alat kontrasepsi alamiah yang secara umum dikenal sebagai Metode Amenorea Laktasi (MAL).

Bahaya Pemberian Susu Formula untuk Bayi :

  1. Mudah muntah – mencret dan mencret menahun.
  2. Meningkatkan kemungkinan terkena penyakit gangguan pernafasan akut.
  3. Kurang gizi dan kurang vitamin A.
  4. Meningkatkan angka kematian.
  5. Menurukan perkembangan kecerdasan (kognitif).
  6. Meningkatkan kegemukan.
  7. Meningkatkan kemungkinan penyakit menahun seperti penyakit usus besar.
  8. Lebih mudah alergi dan tidak cocok susu formula.
  9. Meningkatkan kemungkinan terkena asma.
  10. Meningkatkan penyakit jantung dan pembuluh darah.
  11. Meningkatkan kemungkinan infeksi telinga.
  12. Meningkatkan terkena infeksi E. Sakazaki dari bubuk susu ang tercemar.
  13. Meningkatkan kemungkinan kanker leukimia dan kanker getah bening pada anak.
  14. Meningkatkan kemungkinan kencing anis.
  15. Meningkatan risiko kekurangan za-zat gizi, misal : kekurangan vitamin B1 (thiamine) pada bayi dengan susu kedelai.
  16. Meningkatkan risiko efek samping pencemaran lingkungan.

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA: 

Bunda Bingung Memilih… ??? Ini Botol Susu Bayi Terbaik Untuk Bayi Bunda


REKOMENDASI

squavit

Artikel Kesehatan Terkait

AWAS !! Alergi Mengganggu Tumbuh Kembang Anak AWAS !! Alergi Mengganggu Tumbuh Kembang Anak Masa tumbuh kembang sangat penting bagi anak-anak. Namun, ada banyak faktor yang dapat menghambat tumb...
Susu Bayi Yang Bagus Untuk Menambah Berat Badan Susu Bayi Yang Bagus Untuk Menambah Berat Badan Susu Bayi Yang Bagus Untuk Menambah Berat Badan - Cukup banyak orangtua yang menanyakan cara menamba...
Bunda Bingung Memilih… ??? Ini Botol Susu Ba... Botol Susu Bayi Terbaik - Dear Bunda, Peralatan bayi sangat penting untuk bunda perhatikan, mengingat pada tahun pertama kelahiran bayi sangat rent...
Alergi Kulit Pada Anak dan Iritasi Karena Kosmetik... Alergi Kulit Pada Anak dan Iritasi Tahukah anda bahwa beberapa anak mengalami reaksi alergi yang muncul secara jelas di kulit, biasanya akibat sentu...
happy wheels 2
CLOSE
CLOSE