Cara Mengobati Mimisan Pada Anak Cara Mengobati Mimisan Pada Anak
Cara Mengobati Mimisan Pada Anak
Cara Mengobati Mimisan Pada Anak

Cara Mengobati Mimisan Pada Anak


Cara Mengobati Mimisan Pada Anak

Cara Mengobati Mimisan Pada Anak

Mimisan disebabkan karena robeknya selaput lendir tipis pada bagian dalam hidung sehingga lubang hidung mengeluarkan darah. Darah akan berhenti keluar jika darah tersebut sudah membeku, tetapi akan mencair kembali jika suhu tubuh meningkat dan beraktifitas di bawah sinar matahari.

Mimisan sering kali terjadi pada anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun akan mengalaminya. Mimisan dapat merupakan akibat dari suatu trauma, termasuk kebiasaan mengorek-ngorek hidung. Gejala ini banyak ditemukan pada:

  • Anak yang orang tuanya juga mengalami hal serupa di waktu kecilnya.
  • Anak dengan pembesaran kelenjar adenoid, riwayat alergik dan sinusitis. Perubahan suasana hidung yang mendadak, misalnya cuaca sangat panas atau sangat dingin, dapat memicu munculnya mimisan.
  • Anak dengan hipertensi, walaupun jarang.
  • Anak dengan gangguan pembekuan darah, atau kelainan pada kuantitas atau kualitas dari trombosit atau keping darah.

Ada 2 hal penting dalam pengobatan mimisan, yaitu menghentikan perdarahan dan mencegah terjadinya perdarahan:

  1. Perdarahan umumnya berhenti spontan, atau dibantu dengan menjepit hidung menggunakan jari, kepala ditundukkan ke depan (jangan ke belakang), untuk menghindari masuknya darah ke rongga mulut dan tertelan. Namun jika mimisan menetap atau terus berlangsung, sebaiknya dievaluasi lebih lanjut oleh dokter spesialis THT.
  2. Pencegahan dapat dilakukan dengan menghindari trauma, terutama pada anak yang gemar olahraga atau terbiasa mengorek hidung. Pengaturan udara dan kelembapan udara sekitar juga harus diperhatikan. Pada cuaca sangat dingin atau kering, penggunaan cairan fisiologis (NaCl 0,9%) atau gel khusus sebagai pelumas hidung sangat dianjurkan. Pemakaian daun sirih dapat membantu karena mempunyai efek lokal sebagai antiseptik dan anti perdarahan ringan.

Untuk mengatasi mimisan tersebut anda perlu menggunakan daun sirih untuk menghentikannya. Berikut caranya;

  • Siapkan daun sirih yang agak muda
  • Kemudian memarkan dan gulung
  • Sumbatkan ke hidung yang berdarah
  • Lakukan cara itu sampai darahnya berhenti keluar

Demikian ulasan mengenai Cara Mengobati Mimisan Pada Anak Dan Cara Mengolah Daun Sirih Sebagai Obat Mimisan. Sebenarnya masih sangat banyak manfaat dan kegunaan daun sirih, namun kali ini saya hanya membahas tentang mimisan saja. Semoga artikel ini bermanfaat untuk mengatasi mimisan anak Anda. Terimakasih sudah berkunjung.

 


REKOMENDASI

squavit

happy wheels 2
CLOSE
CLOSE