Cek Kesehatan Bayi Dengan Mengamati Warna BAB Bayi

Share This
Cek Kesehatan Bayi Dengan Mengamati Warna BAB Bayi

Cek Kesehatan Bayi Dengan Mengamati Warna BAB Bayi

Feses Bayi bukan sembarang feses, yang dibiarkan dibuang begitu saja. Anda bisa menjadikan feses bayi sebagai salah satu pertanda kesehatan bayi, dan dapat menjadi pertanda normal atau tidaknya sistem pencernaan bayi. Dari Warnanya saja. Anda mungkin bisa menduga kelainan pencernaan yang diderita bayi anda.

Putih Keabu-abuan

JIKA feses bayi terlihat berwarna putih, keabu-abuan, atau pucat, ibu harus super wasapada! Warna seperti ini menunjukkan adanya gangguan pada organ tubuhnya. Biasanya gangguan yang terjadi adalah gangguan pada hati atau penyumbatan saluran empedu atau Atresia bilier. Langkah ibu sudah pasti: segera bawa bayi ke dokter, terlebih bila terjadi pada bayi baru lahir. Jangan pernah berfikir “Ah, nanti juga warna fesesnya berubah lagi” untuk kasus warna feses ini, karena banyak ibu yang terlambat membawa bayinya ke dokter dengan alasan tersebut. Bisa jasi jika anda terlambat, tranpalansi hati menjadi jalan keluar satu-satunya.

Hijau

FESES berwarna hijau juga masih masuk kategori normal. Namun dengan catatan, warna feses bayi tidak boleh terus menerus berwarna hijau. Jika warna hijau yang selalu muncul pada feses, tandanya cara ibu dalam memberikan ASI belum benar. Bayi hanya menghisap foremilk saja, sedangkan hindmilk-nya tidak, maka terjadilah feses berwarna hijau. Selain feses berwarna hijau, bayi biasanya akan memproduksi gas yang terlalu banyak, sehingga ia menjadi sering kentut. Hal ini sering kali membuat bayi merasa tidak nyaman. Fese yang benar adalah berwarna hijau dan kuning secara bergantian, artinya bayi mendapatkan ASI komplit: foremilk dan hindmilk. Untuk menghasilkan feses yang baik ini, perbaiki penatalaksanaan pemberiannya agar bayi bisa mendapat foremilk dan hindmilk. Susui bayi dengan satu panyudara sampai ASI benar-benar habis, barulah pindah ke panyudara lain.

Kuning

WARNA cerah atau didominasi oleh kuning diindikasikan sebagai feses yang normal. Feses dengan warna ini, yang sering disebut sebagai golden fese, akan ditemukan pada bayi yang mengkonsumsi ASI penuh dari foremilk atau ASI depan hingga hindmilk atau ASI belakang, Foremilk yang dihisap lebih dulu oleh bayi ini mempunyai lebih banyak kandungan gula, laktosa, rendah lemak, dan sifatnya cepat diserap oleh tubuh bayi sehingga sering membuat bayi lapar. Sedangkan hindmilk mengandung banyak lemak, lemak ini yang membuat feses menjadi kuning, tetap susui bayi anda dengan ASI untuk mendapatkan warna feses idaman.

Coklat

FESES berwarna coklat diindikasikan sebagai feses yang normal, sama seperti warna kuning atau cerah. Hanya saja, bayi dengan fese berwarna ini hanya terjadi pada bayi yang mengkonsumsi ASI yang sudah dicampur dengan susu formula atau susu formula sepenuhnya. Susu formula membuat warna feses yang seharusnya cerah atau kuning berubah menjadi lebih gelap, seperti kuning tua, coklat tua, kuning kecoklatan atau coklat kehiajuan.

Merah

WARNA merah pada feses bayi perlu diwaspadai. Bisa jadi warna merah disebabkan oleh adanya tetesan darah yang menyertai feses. Bawa segera ke dokter, agar dokter dapat segera observasi, apakah warna merah itu muncul karena darah dari tubuh bayi itu sendiri atau ibu. Jika bayi sempat menghisap darah ibunya pada proses persalinan, maka pada fesesnya akan ditemukan bercak hitam yang merupakan darah. Umumnya bercak itu muncul selama satu sampai tiga hari. Namun bila ternyata bukan dari Ibu, diduga ada dua penyebabknya, yaitu alergi susu sapi atau telah terjadi invaginasi, yaitu penyumbatan pada usus. Keduanya perlu penanganan medis yang cepat, Bahkan untuk invaginasi, solusinya adalah bedah operasi

Deteksi fese bayi dari warnanya sudah anda lakukan, selanjutnya cek bentuk fesesnya. Mengenali bentuk feses semakin menguatkan prediksi anda dengan kesehatan si buah hati. Tak ada lagi rasa cemas yang muncul ketika feses encer atau menggumpal.

  • Lembek menyerupai aspal lembek terjadi pada bayi baru lahir yang merupakan produk dari sel-sel yang diproduksi dalam saluran cerna selama ia dalam kandungan.
  • Pasta, krem, berbiji atau sedikit cair tandanya bayi hanya mendapat ASI ekslusif.
  • Padat, bergumpal, agak liat dan bulat-bulat terjadi pada bayi mengkonsumsi susu formula. Segera curigai bayi bila fesenya berbentuk cair, ada sesuatu terjadi pada susu, misalnya sudah basi atau bayi alergi susu formula.

Artikel Kesehatan Terkait

TIPS MEMANDIKAN BAYI TIPS MEMANDIKAN BAYI Memandikan bayi adalah kegiatan dimana penting untuk di lakukan oleh orang tua untuk memberikan badan bayi, memandikan di laku...
CARA MEMBERSIHKAN WAJAH BAYI MEMBERSIHKAN WAJAH SI BUAH HATI Cara membersihkan wajah bayi  memiliki cara merawat yang berbeda dengan orang dewasa. Bayi yang baru saja lahir tidak...
CUKUR BAYI CUKUR BAYI SANGAT BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN Tradisi cukur bayi atau memotong rambut bayi ternyata dilakukan oleh berbagai budaya di dunia. Sebutlah...
PIJAT UNTUK BAYI PIJAT UNTUK BAYI Pijat untuk bayi ,mengetahui lebih lanjut, praktisi neurosains terapan, Anne Gracia menjelaskan beberapa hal yang perlu diketahui or...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *