CUKUR BAYI

Share This

CUKUR BAYI

SANGAT BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN

cukur bayiTradisi cukur bayi atau memotong rambut bayi ternyata dilakukan oleh berbagai budaya di dunia. Sebutlah masyarakat Arab bertradisi memotong rambut bayi bersamaan dengan waktu akikah atau sekitar 7 hari setelah kelahirannya. Berat rambut yang tergunting itu kemudian ditimbang dan seberat itu pula akan dikeluarkan perak untuk disedekahkan kepada fakir miskin. Masyarakat Hindu India juga mempunyai tradisi memotong rambut bayi untuk membersihkannya dari hal-hal negatif dalam kehidupan sebelumnya.

Di Nusantara ada juga budaya cukur bayi atau potong rambut bayi. Seperti budaya Jawa yang mengenal tradisi potong rambut saat bayi berusia 35 hari atau bertepatan dengan upacara selapanan. Pada saat itu beberapa orang yang dituakan seperti eyang/bude/pakde secara bergantian akan memotong sejumput rambut bayi. Upacara ini akan diikuti dengan tradisi bancakan atau membagikan sepincuk nasi gudangan (urap) pada anak-anak kecil di lingkungannya. Masyarakat Ternate-Maluku Utara juga mempunyai tradisi memotong rambut bayi yang disebut saro-saro. Upacara cukur bayi  ini sebagai simbol untuk menyambut kehidupan baru bagi sang bayi. Tradisi potong rambut ini biasanya diteruskan dengan mencukur plontos kepala bayi hingga bersih. Meski hanya tradisi, mencukur rambut bayi hingga plontos membuat perawatan kulit kepalanya dapat dilakukan dengan lebih mudah dan menyeluruh.

cukur bayiSecara medis sebaiknya cukur rambut bayi memang dipotong karena ada manfaatnya secara medis, Biasa nya rambut akan tumbuh kembali setelah dicukur, ada yg kembali seperti pola saat lahir ada juga yang tidak, hal itu sebagian di karenakan faktor genetik dari orangtuanya atau keturunan nya.

Ketika baru dilahirkan rambut bayi memiliki pola bentuk yang beraneka ragam, ada yg begitu dilahirkan rambut nya tebal, ada juga yang tipis atau tumbuh nya sedikit.

Pernahkah terfikir oleh bunda, apa siih manfaat mencukur rambut bayi bawaan lahir untuk kesehatan bayi ? sepertinya memang sangat sederhana tapi sebenar nya begitu banyak manfaat untuk kesehatan bayi.

Inilah beberapa manfaat cukur bayi atau mencukur rambut bayi untuk kesehatan :

  • Membuang rambut yang lemah berganti dangan rambut yang kuat
  • Bersifat mendinginkan kepala bayi, karena mencukur rambut nya akan membuat nyaman bagi sang bayi, membuka lubang pori – pori di kepala supaya hawa panas akan dengan mudah keluar melalui pori-pori itu.
  • Agar tidak mudah teriritasi pada bagian kepalanya.agar sang bunda bisa dengan mudah mengontrol kesehatan bayi pada bagian kepalanya,seperti ada nya bisul kecil,biang keringat,cradle cap (kulit kepala tebal bersisik,bentuk nya seperti “pulau”)
  • Lebih mudah menjaga kebersihan kepalanya disaat sisa gumoh atau air kencing nya mengenai rambut nya.
  • Memotong rambut sampai bersih juga sangat bermanfaat pada kesehatan bayi ,yaitu menguatkan penglihatan nya, penciuman dan pendengaran si bayi.
  • Untuk membuang kotoran pada kepala bayi, kerena pada saat dilahirkan banyak lemak dan kotoran dari rahim ibu menempel pada badan nya, dan juga rambut nya,mungkin saja masih tertinggal atau menempel pada rambut nya.

 cukur bayi

Demikianlah manfaat mencukur rambut bayi untuk kesehatan, terutama kesehatan pada kepalanya.semoga informasi ini bermanfaat dan tidak lagi meremehkan tentang tradisi mencukur rambut bayi bawaan lahir yang ternyata sangat banyak manfaat nya untuk kesehatan kepala bayi.

 Semoga bermanfaat ya Bunda…tentang cukur bayi atau mencukur rambut bayi.

Artikel Kesehatan Terkait

PIJAT UNTUK BAYI PIJAT UNTUK BAYI Pijat untuk bayi ,mengetahui lebih lanjut, praktisi neurosains terapan, Anne Gracia menjelaskan beberapa hal yang perlu diketahui or...
TIPS MEMANDIKAN BAYI TIPS MEMANDIKAN BAYI Memandikan bayi adalah kegiatan dimana penting untuk di lakukan oleh orang tua untuk memberikan badan bayi, memandikan di laku...
EFEK BURUK ANAK MINUM SUSU SAMBIL TIDUR EFEK BURUK ANAK MINUM SUSU SAMBIL TIDUR Bayi minum susu sambil tidur ternyata berdampak buruk terhadap kesehatan si buah hati lho Bunda. Mema...
CARA MEMBERSIHKAN WAJAH BAYI MEMBERSIHKAN WAJAH SI BUAH HATI Cara membersihkan wajah bayi  memiliki cara merawat yang berbeda dengan orang dewasa. Bayi yang baru saja lahir tidak...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *