Dalam 3 Jam, Flu Reda dengan Bawang Putih

Share This

Flu Reda dengan Bawang Putih – Akhir-akhir ini cuaca sedang tidak menentu, kadang hujan kadang panas. Biasanya cuaca yang seperti itu bisa menyebabkan kita demam dan flu. Jika suara Anda mulai terdengar sengau, hidung mengeluarkan gumpalan lendir (ingus), juga dahak yang berasal dari tenggorokan disertai demam, tandanya virus flu telah menyerang Anda. Sebaiknya segeralah mencari pertolongan agar Anda tak sakit berkepanjangan.

Ada dua cara untuk memerangi flu, dengan mengonsumsi obat flu yang marak di pasaran, atau dengan pengobatan alternatif berbahan alami. Untuk pilihan yang kedua, Anda bisa mencoba mengonsumsi bawang putih mentah.

The Journal of Nutrition memuat hasil uji klinis manfaat bawang putih untuk meredakan flu. Dalam penelitian itu masing-masing individu yang mengalami flu diberi dua siung bawang putih untuk dikunyah mentah-mentah. Setelah partisipan memakannya, dalam waktu tiga jam kemudian menunjukkan hasil yang signifikan pada tubuh mereka dibanding meminum obat-obat yang ada di apotik, dilansir dari laman Prevention.

BACA JUGA :

Apa Yang Terjadi Jika Anda Tempelkan Irisan Bawang pada Telapak Kaki

Hal tersebut terjadi karena kandungan nutrisi pada bawang putih memiliki vitamin C, mineral seperti selenium, enzim, dan senyawa mengandung sulfur yang berkhasiat untuk memperbaiki sistem imun pada tubuh yang terkena flu.

Para ilmuwan memang tidak dapat mengatakan dengan pasti apakah bawang putih akan berfungsi dengan cepat untuk memerangi flu. Namun penelitian sebelumnya menguatkan bahwa ada sesuatu kandungan yang khusus pada bawang putih sebagai dosis pereda pilek.

Jika Anda ingin mencoba bawang putih sebagai obat pereda flu, para ahli menyarankan untuk mengiris atau menghancurkannya bersama cengkeh dan memakannya – atau menggunakannya sebagai bahan untuk bumbu pada salad.

5 Cara Manfaatkan Bawang Putih sebagai Obat Flu

Bawang putih dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, antivirus, dan antioksidan sehingga menghindarkan kita dari serangan batuk, pilek, serta infeksi. Bahkan, bawang disebut juga dapat mengurangi keparan infeksi saluran pernapasan, dan menyembuhkan bronkitis kronis.

Tak hanya itu, minyak yang terkandung di bawang putih dapat membuka saluran pernapasan.

Dengan perubahan cuaca yang tak menentu, tubuh kita pun mudah sekali terserang flu, batuk, dan demam.  Jika dokter meresepkan obat, Anda pun dapat mempercepat proses pemulihan dengan bantuan bawang putih.

Berikut beberapa cara memanfaatkan bawang putih untuk menyembuhkan flu seperti dikutip Health Me Up

Resep pertama : Kunyah satu siung bawang putih cincang setiap 3 sampai 4 jam sehari.

Resep kedua : Cincang 3-4 siung bawang putih dan diamkan selama beberapa jam. Tambah sejumput madu atau minyak zaitun. Kunyah sebanyak tiga kali sehari

Resep ketiga : Taruh 3-4 siung bawang putih cincang dalam segelas air. Aduk rata, dan segera minum dengan cepat. Lakukan ini setiap hari.

Resep keempat : Kupas semua bawang putih, simpan dalam botol dan tambahkan madu. Biarkan selama satu minggu, simpan di lemari es, dan makan 2 sampai 3 siung setiap kali kita flu. Jika diimbangi dengan gejala dingin yang parah, kunyah 7 sampai 8 siung bawang putih sehari.

Resep kelima : Blender campuran bawang putih, tomat, kemangi, dan garam. Minum smoothie ini setiap hari. Bisa juga ditambahkan sedikit cuka sari apel.

4 Resep Bawang Putih untuk Atasi Flu

Bawang putih telah digunakan nenek moyang kita secara tradisional untuk menyembuhkan banyak penyakit. Khasiat bawang putih seperti mengobati demam, batuk, sakit perut, sakit kepala, sinusitis, masalah pernapasan, tekanan darah rendah, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, gula darah rendah, kolesterol tinggi dan bahkan sebagai penawar bisa ular ini telah banyak dimanfaatkan sejak lama.

Hebatnya lagi, keluarga umbi ini juga memiliki manfaat kesehatan lain seperti menangkal kanker usus besar, kanker payudara, kanker dubur, kanker prostat, kanker paru-paru, serta kanker kandung kemih.

Konsumsi bawang putih juga sering dikaitkan untuk mencegah stres dan obat pereda flu terbaik. Bagaimana caranya? simak ulasannya, seperti dikutip Boldsky, berikut ini:

  1. Makan mentah

Mengunyah beberapa siung bawang putih dalam 3-4 jam, dapat membantu tubuh menangkal virus. Anda juga dapat mencincang bawang putih dan mencampurnya dengan madu.

  1. Campurkan dalam segelas air lemon

Bawang putih dan air lemon adalah cara terbaik untuk menyingkirkan racun di tubuh. Minuman ini paling efektif bila dikonsumsi di pagi hari saat perut kosong.

Caranya, ambil lemon, potong menjadi dua bagian dan peras dalam segelas air. Masukkan sedikit kulit lemon yang dihaluskan untuk mendapatkan vitamin C dan antioksidannya. Diamkan selama beberapa menit. Sekarang tambahkan air hangat dan konsumsi bersama bawang putih.

  1. Campurkan dalam jus jeruk

Cara lain yang efektif menangkal penyakit adalah mengonsumsi bawang putih dengan jus jeruk. Ambil 4-5 siung bawang putih dan iris hingga tipis. Diamkan selama sekitar 10-15 menit kemudian telan bawang putih dengan bantuan jus.

Pastikan Anda memulainya saat tahu ada tanda-tanda flu. Jika sudah terkena flu, ulangi langkah ini selama beberapa beberapa hari sebelum tidur.

  1. Tambahkan pada setiap makanan

Tambahkan beberapa buah bawang putih ke dalam sup untuk mempercepat pemulihan flu.

Artikel Kesehatan Terkait

4 Herbal Obat Prostat Yang Berkhasiat Manfaat herbal untuk mengobati berbagai penyakit telah dikenal sejak ber abad abad silam.Berbagai bangsa didunia mempunyai dokumentasi pengobatan yang...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *