EFEK SAMPING DOT

Share This

Waspadai Efek Samping Penggunaan Dot

 

Efek samping dot Ketua Ikatan Konselor Menyusui EFEK SAMPING DOTIndonesia (IKMI) Nia Umar saat acara talkshow di ajang Breastfeeding Fair 2012 yang berlangung di Grand Indonesia Shopping Town – Eastmall Level 2 (Exhibition Hall), Jakarta Jumat, (4/5/2012). Menyampaikan banyak ibu menyusui belum menyadari bahwa efek samping penggunaan dot bukan hanya membuat bayi berisiko mengalami binggung puting, tetapi juga membuat payudara mereka “kalah” dengan dot, sehingga produksi Air Susu Ibu (ASI) menjadi berkurang.

“Ketika bayi menyusu lewat payudara, ia dapat mengatur jumlah susu yang mengalir dari payudara. Tetapi dengan botol, tanpa dihisap pun susu bisa mengalir lebih cepat. Inilah efek samping dot yang membuat bayi akhirnya menolak untuk menyusui lewat payudara ibunya,” tuturnya.

Gencarnya iklan dan promosi susu formula yang masuk, memiliki kontribusi efek samping dot dalam mengubah pola pikir dan norma yang selama ini sudah ada di masyarakat, sehingga aktivitas menyusui kalah dengan penggunaan dot atau botol. “Kita bisa perhatikan di mana-mana orang melahirkan dikasih hadiah botol. Padahal belum tentu dia butuh,” tegasnya.

Nia mengatakan, penggunaan dot untuk asupan makanan bayi kini sudah menjadi tren atau kebiasaan masyarakat Indonesia. Padahal kata Nia, pada tahun 60-an masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang kulturnya menyusui.

Selama menyusui, bayi menggunakan rahang dan bibir untuk memompa dan mencekeram puting, sehingga efek samping dotmembantu merangsang produksi ASI. Menyusu langsung dari payudara juga membantu pembentukan rahang dan gigi bayi sesuai dengan pertumbuhan fisiologis mulut.

Tidak semua bayi, kata Nia, akan mengalami bingung puting. Beberapa bayi biasanya tidak memiliki masalah bila harus berganti-ganti menggunakan botol dan payudara. Cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menghindari efek samping dot adalah dengan terus memberikan ASI eksklusif pada bayi sebelum memperkenalkan botol pada 6 minggu pertama.

Berikut ini adalah  tanda-tanda yang mungkin menunjukkan bayi Anda sedang bingung puting karena efek samping dot:

  • Bayi menyodorkan lidahnya ke atas selama mengisap dan mendorong payudara keluar dari mulutnya
  • Bayi tidak membuka mulut cukup lebar. Akibatnya bayi hanya akan mengisap ujung puting sehingga dapat menyebabkan nyeri puting
  • Bayi menjadi rewel dan mudah marah karena ASI tidak mengalir semudah ketika dia menggunakan botol
  • Pasokan susu para ibu sering berkurang karena bayi tidak menyusu dengan benar

Semoga informasi ini bermanfaat bunda

Artikel Kesehatan Terkait

EFEK BEBAN TAS BERAT EFEK DARI BEBAN TAS BERAT UNTUK ANAK Efek beban tas berat setiap hari, Bunda harus selalu memperhatikan apa yang dibawa anak-anak ke sekolah. Sebelum...

You may also like...

1 Response

  1. September 1, 2015

    […] dipanaskan secara berlebihnan. Minyak apa saja , termasuk minyak kelapa, akan menghasilkan produk samping yang beracun kala dipanaskan secara […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *