Faktor mempengaruhi kolesterol plasma

Share This

Faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi kolesterol plasma.

Faktor mempengaruhi kolesterol plasma diantaranya :

  1. Peningkatan jumlah kolesterol yang dimakan setiap han sedikit meningkatkan konsentrasi kolesterol dalam plasma.
  2. Diet yang jenuh lemak meningkatkan konsentrasi kolesterol darah sebanyak 15 sampai 25% sehingga untuk menurunkan konsentrasi kolesterol darah, sama pentingnya mempertahankan diet rendah lemakjenuh untuk mempertahankan diet kolesterol konsentrasi rendah.
  3. Makan makanan yang mengandung asam lemak tidak jenuh menekan konsentrasi kolesterol darah.
  4. Kekurangan hormon tiroid meningkatkan kolesterol darah dan juga sebaliknya kelebihan hormon tiroid dapat menurunkan kolesterol darah
  5. Kolesteroljuga dapat sangat meningkat pada diabetes mellitus, diduga akibat dan peningkatan umum mobiljsasj lemak.
  6. Hormon sex wanita, estrogen menurunkan kolesterol darah, sedang hormon sex pria, androgen, meningkatkan kolesterol darah.
  7. Pada penyakit ginjal, kolesterol dapat sangat meningkat diduga akibat pengurangan pembuangan lipoprotein dan plasma, sehingga konsentrasinya meningkat secara nyata.

Penggunaan Kolesterol

— Sebagai pembentuk asam kolat (80 %) didalam hati yang berfungsi mempermudah pencernaan dan penyerapan lemak.
— Sejumlah kecil kolesterol digunakan:

a Kelenjar adrenal untuk membentuk hormon kortek adrenal
b. Ovarium untuk membentuk progesteron dan estrogen
c. Testis untuk membentuk testeron.

Resiko Kolesterol Tinggi

1. AteroskierosisAteroskierosis3

Ateroskierosis adalah penyakit arteri besar dimana endapan lemak yang dinamakan “plaque ateroma”
terdapat dilapisan dinding arteri. Plaque mi khususnya mengandung kolesterol dalam jumlah besar dan sering dinamakan endapan kolesterol.
Selain itu kalsiuni seringkali menghadap bersama dengan lemak untuk membentuk plaque kalsifikasi. Bila kedua proses ini terjadi, arteri menjadi sangat keras, dan penyakit mi kemudian dinamakan arteriosclerosis atau pengerasan arteri. Arteri yang mengalami arteriosclerosis kehilangan sebagian besar kelenturannya, sehingga keadaan ml mempermudah pecahnya arteri. Plaque ateroma juga sering menonjol melalul lapisan intima masuk aliran darah, dan permukaan plaque yang kasar menyebabkan terbentuknya bekuan darah (thrombus) Hampir separo manusia mati karena arteriosclerosis kira—kira 2/3 kematian disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah karena adanya thrombus yang memicu pecahnya arteri koronaria, 1 /3 lainnyadi otak, ginjal, hati, saluran cerna, anggota gerak dan sebagainya

2. Hipertensi – Stroke struk

Sangat logis pembuluh darah tersumbat akan menyebabkan tekanan darah meningkat dan  selanjutnya menyebabkan stroke (pecahnya pembuluh darah di otak).

Sakit jantung

Sakit Jantung

3. Jantung Korone

Kelanjutan yang sering kita jumpai pada pendenita kolesterol tinggi adalah jantung koroner,  kerusakan dinding arteri akibat tekanan darah tinggi mengakibatkan endapan kolesterol. Yang menyebabkanjantung bekerja lebih keras lagi.

Kolesterol dalam jumlah besar mengalami pengendapan di dalam hormon kulit, kolesterol mi dengan lemak lain membuat kulit tahan terhadap penyerapan zat yang larut dalam air dan juga terhadap kerja banyak zat kimia.

Zat lemak inijuga membantu mengurangi penguapan air dan kulit, tanpa pelindung inijumlah penguapan mungkmn akan mèncapai 15 sampai 20 liter per han tetapi kalau tenlmndung300-400mlperhari.

Pencegahan

Diet rendah lemak akan menolong matabolisme liver. Orang mengenal lemak baik dan lemak buruk, istilah ml membuat orang berpikir untuk makan lemak baik saja, lemak buruk dihindari. Seperti kita ketahui lemak / lipid seperti kolesterol ada HDL yang sering disebut lemak baik dan LDL sering disebut lemak buruk.
High density lipoprotein = HDL
Low density lipoprotein = LDL

Faktor mempengaruhi kolesterol plasma ,mungkin Sering kita ketahui ada lemakjenuh dan takjenuh. Cara mudah mengenali lemakjenuh adalah dan wujudnya yang padat pada suhu kamar, mentega dan lemak dalam daging adalah Iemakjenuh. Sebaliknya lemak tidakjenuh contohnya minyak zaitun, minyakjagung, dan sebagian besar minyak dan sayuran, berwujud cair pada suhu kamar. Reputasi buruk lemak jenuh didapat karena kecenderungannya untuk menaikan tingkat LDL yang “buruk” dan menurunkan HDL yang “baik”. Lemakjenuh memiliki satu keunggulan, Iemakjenuh menjadi lebih stabil dan pada lemak takjenuh karena semua atom karbonnya berhubungan dengan atom hidrogen. Hal ml berarti lemak jenuh memiliki kesegaran lebih lama dan tidak cepat menjadi rusak atau berbau tengik. Sayangnya hal itu tidak membuatnya menjadi lebih baik buat kita.

Dengan demikian kita dapat mengetahui jenis lemak yang mana yang sedang kita makan. Menghindari lemakjenuh dan mengurangi lemaktakjenuh adalah cara bijak untuk mencegah terjadinya penumpukan kolesterol.

 

Artikel Kesehatan Terkait

KOLESTEROL dan STROKE  KOLESTEROL dan STROKE                   oleh: dr. Prapti Utami Apakah Kolesterol itu? Kolesterol adalah Suatu zat dalam tubuh yang merupakan pe...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *