Gatal, Gangguan Kesehatan Pada Kulit

Share This
Gatal Gangguan Kesehatan Pada Kulit

Gatal Gangguan Kesehatan Pada Kulit

Gatal, Gangguan Kesehatan Pada Kulit

Apabila penyakit ini diakibatkan oleh empedu atau syaraf, maka dapat kita beri tapal pada bagian yang sakit itu dengan daun asam dan empu kunir yang ditumbuk halus. Ramuan ini juga dapat digunakan untuk mengobati rasa gatal akibat luka yang terdapat pada kulit dan gatal – gatal pada anak-anak sesudah vaksinasi.

Obat lain yang juga mujarab ialah daun widuri. Pemakaiannya seperti dibawah ini :

• Olesilah daun ini dngan minyak kelapa, lalu pangganglah di atas api, kemudian tempelkanlah pada bagian tubuh yang gatal.
• Rasa gatal yang diakibatkan oleh koreng yang akan sembuh, dapat dihilangkan dengan mengolesi koreng itu dengan asam kawak.
• Rasa gatal yang diakibatkan oleh bisul – bisul kecil dikulit, dapat disembuhkan dengan daun sidaguri.
• Gatal yang diakibatkan oleh koreng dikulit yang akan sembuh juga dapat disembuhkan dengan daun cangkring yang masih muda. Rasa gatal yang membara, yang diakibatkan oleh sentuhan dengan tumbuh – tumbuhan yang menimbulkan rasa gatal, dapat dikurangi dengan menggosok bagian yang gatal iu dengan abu hangat atau minyak. Sekalian dapat menghilangkan rasa sakitnya. Dengan mencuci bagian yang gatal itu dengan air, rasa gatal itu akan hebat.

Gatal, Gangguan Kesehatan Pada Kulit

GELEGATA

Cara mengobatinya :

Satu ons kapur barus ditumbuk sampai halus dengan setengah ons kinina dan sedikit kastroli dilarutkan menjadi salap, kemudian dioleskan pada bagian yang gatal. Lalu ambil selembar daun belang, olesilah daun itu dengan minyak kelapa, kemudian panaskanlah diatas perapian. Setelah daun itu diremas – remas dengan jari, kemudian tempelkanlah pada bagian yang diolesi dengan salap tadi.

Si Penderita harus banyak minum air rebusan temulawak dengan asam serta daun meniran, untuk menjaga agar bekerjanya ginjal senantiasa baik. Dan harus berpantang makan – makanan yang tajam dan dagung babi.

Itulah penjelasan mengenai salah satu gangguan kesehatan dan cara mengobatinya. Semoga Bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *