Ikan Gabus Adalah Nama Lainnya Ikan Kutuk Ikan Gabus Adalah Nama Lainnya Ikan Kutuk

Ikan Gabus Adalah Nama Lainnya Ikan Kutuk


Ikan Gabus Adalah Nama Lainnya Ikan Kutuk

Ikan Gabus Adalah Nama Lainnya Ikan Kutuk

Ikan gabus adalah sejenis ikan predator yang hidup didanau, sungai, sendang, parit, rawa-rawa, dipersawahan, bahkan perairan yang rendah kadar oksigen.

Ikan gabus juga dikenal dengan banyak nama diberbagai daerah di Indonesia, diantaranya ; ikan kotes atau kutuk (jawa), ikan kocolan (Betawi), ikan haruan atau bogo (Sunda), bocek (Riau), licingan, kobus, dan lain-lain . Ikan Gabus dengan sebutan ilmiahnya Ophiocephalus striatus dan channa striata memiliki ciri-ciri umum berbentuk badan bulat memanjang, punggung bulat, kepala pipih mirip ular, warna badan hitam dengan perut putih atau krem, badan seperti bergambar, dan memiliki sirip ekor yang membulat setengah lingkaran. Dalam bahasa inggris, ikan predator air tawar ini disebut dengan Snake head.

Kandungan gizi ikan Gabus

Ikan Gabus juga dikenal mengandung albumin, yaitu bisa mencapai sekitar 6,224 g setiap 100 g daging ikan gabus. Kandungan albumin plus mineral zinc(Zn) yang sebesar 1,7412 mg/100 g pada daging ikan gabus inilah yang terkait dengan proses penyembuhan luka yang lebih baik. Kepopuleran ikan gabus mulai meluas semenjak ada beberapa rumah sakit yang memanfaatkan ikan gabus adalah sumber albumin bagi pasien yang kekurangan albumin (hipoalbumin), serta untuk terapi pengobatan, mempercepat penyembuhan luka bakar, luka biasa maupun luka pascaoperasi.

Manfaat Ikan Gabus bagi kesehatan

Diketahui bahwa ikan ini sangat kaya akan albumin, salah satu jenis protein penting. Albumin diperlukan tubuh manusia setiap hari, terutama dalam proses penyembuhan luka-luka. Pemberian daging ikan gabus atau ekstrak proteinnya telah dicobakan untuk meningkatkan kadar albumin dalam darah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit. [Baca Juga: Manfaat Ikan Gabus Untuk Pertumbuhan Gizi Anak]

Diketahui bahwa ikan ini sangat kaya akan albumin, salah satu jenis protein penting. Albumin diperlukan tubuh manusia setiap hari, terutama dalam proses penyembuhan luka-luka. Pemberian daging ikan gabus atau ekstrak proteinnya telah dicobakan untuk meningkatkan kadar albumin dalam darah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit.

Sebetulnya ikan gabus memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Ikan-ikan gabus liar yang ditangkap dari sungai, danau dan rawa-rawa di Sumatra dan Kalimantan kerap kali diasinkan sebelum diperdagangkan antar pulau. Gabus asin merupakan salah satu ikan kering yang cukup mahal harganya. Selain itu ikan gabus segar, kebanyakan dijual dalam keadaan hidup, merupakan sumber protein yang cukup penting bagi masyarakat desa, khususnya yang berdekatan dengan wilayah berawa atau sungai.

Ikan gabus juga merupakan ikan pancingan yang menyenangkan. Dengan umpan hidup berupa serangga atau anak kodok, gabus relatif mudah dipancing. Namun giginya yang tajam dan sambaran serta tarikannya yang kuat, dapat dengan mudah memutuskan tali pancing.

Kerugian

Akan tetapi ikan ini juga dapat sangat merugikan, yakni apabila masuk ke kolam-kolam pemeliharaan ikan (Meskipun beberapa kerabat gabus di Asia juga sengaja dikembangbiakkan sebagai ikan peliharaan). Gabus sangat rakus memangsa ikan kecil-kecil, sehingga bisa menghabiskan ikan-ikan yang dipelihara di kolam, utamanya bila ikan peliharaan itu masih berukuran kecil.

Sejak beberapa tahun yang lalu di Amerika utara, ikan ini dan beberapa kerabat dekatnya yang sama-sama termasuk snakehead fishes diwaspadai sebagai ikan berbahaya, yang dapat mengancam kelestarian biota perairan di sana. Jenis-jenis snakehead sebetulnya masuk ke Amerika sebagai ikan akuarium. Kemungkinan karena kecerobohan, maka kini snakehead juga ditemui di alam, di sungai-sungai dan kolam di Amerika. Dan karena sifatnya yang buas dan invasif, Pemerintah Amerika khawatir ikan-ikan itu akan cepat meluas dan merusak keseimbangan alam perairan.

Manfaat Dan Khasiat ikan gabus

  1. Meningkatkan Kadar Albumin di dalam Darah
  2. Mempercepat Pembentukan Sel Baru Sehingga Luka Cepat Sembuh
  3. Menambah Pasokan Energi, Sehingga Tubuh Tidak Lemas
  4. Memperbesar Otot
  5. Meningkatkan Berat Badan
  6. Mendorong Pertumbuhan Tulang dan Gigi Secara Maksimal
  7. Meningkatkan Imun atau Daya Tahan Tubuh
  8. Menjaga Kesehatan Mata
  9. Menjadi Sumber Kalori yang Baik Bagi Pengidap Diabetes Mellitus
  10. Menjadi Sumber Protein yang Sangat Baik untuk Ibu Hamil dan Janinnya
  11. Mempercepat proses penyembuhan bekas luka operasi
  12. Mengurangi rasa lelah akibat depresi
  13. Mengobati pegal-pegal karena kekurangan vitamin B1
  14. Menjadi alternatif protein bagi pengidap penyakit kolesterol
  15. Mengeringkan luka koreng dengan lebih cepat
  16. Sumber kalori hewani rendah lemak
  17. Alternatif pengganti nasi
  18. Obat penyakit kekurangan Albumin
  19. Obat alami pengencang kulit dan otot badan
  20. Memberantas kadar lemak jahat (LDL)

REKOMENDASI

squavit

Artikel Kesehatan Terkait

Kegunaan Ikan Gabus untuk Kesehatan Anak ikan gabus Vitabumin - Kegunaan Ikan Gabus VITABUMIN - Di wilayah yang memiliki perairan, seperti sungai, rawa, parit dan danau, masih banyak ikan ...
happy wheels 2
CLOSE
CLOSE