Ini Rahasia Khasiat Bawang Putih Untuk Jantung dan Hipertensi

Share This
ini-rahasia-khasiat-bawang-putih-untuk-jantung-dan-hipertensi

khasiat bawang untuk putih jantung

Pembaca tentunya sudah tahu seperti apa bentuk bawang putih kan ?..

Bawang putih banyak digunakan sebagai bumbu masak dasar yang tidak boleh terlewat dalam setiap masakan. Selain berfungsi sebagai bumbu masakan, bawang putih ternyata telah digunakan sejak lama untuk tujuan pengobatan. Lalu alasannya mengapa bawang putih ?, Simak penjelasan berikut ini.

Mengapa Bawang Putih??

Penyebab bawang putih digunakan untuk tujuan pengobatan ialah karena di dalam Bawang putih mengandung minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Kemudian mengandung senyawa allicin yang berkaitan dengan daya anti kolesterol. Allicin mencegah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi (Hipertensi) dan lain-lain. Allicin ini juga yang menyebabkan bau menyengat pada bawang putih. Sayangnya, bau ini pada umumnya juga membuat orang tak suka menggunakan bawang putih. Namun masih banyak cara untuk mengkonsumsi bawang putih demi kesehatan, tanpa harus terganggu oleh baunya. Salah satunya adalah dalam bentuk suplemen. Atau bisa menggunakan cara alami yang lebih baik, yaitu dengan menghaluskan bawang putih terlebih dahulu, kemudian menelannya bersama makanan atau nasi.

Adapun kandungan nutrisi lainnya bawang putih dapat dilihat di bawah ini :
1. Kalsium : bersifat menenangkan sehingga cocok sebagai pencegah hipertensi.
2. Saltivine : bisa mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel saraf.
3. Diallysulfide, alilpropil-disulfida : anti cacing.
4. Energi Karbohidrat
5. Protein
6. Lemak
7. Fosfor
8. Besi
9. Vitamin A, B1, C, D, dan E, K.

Khasiat Bawang Putih Untuk Jantung dan Hipertensi

Penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke adalah pembunuh terbesar di dunia saat ini. Penyebab penyakit tersebut dikarenakan oleh tekanan darah tinggi, atau hipertensi. Penelitian menemukan bahwa suplemen bawang putih memiliki dampak yang signifikan pada pengurangan tekanan darah pada orang penderita tekanan darah tinggi.

Allicin adalah kandungan yang terdapat dalam bawang putih yang baik dalam mengurangi tekanan darah tinggi dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Pada dasarnya penyakit jantung koroner ini di sebabkan oleh tekanan darah tinggi sehingga dapat merobek atau membuat peradangan pada dinding arteri yang menjadi tempat pembentukan plak oleh kolesterol jahat dan menyebabkan terbentuknya plak yang memblokir aliran darah.

Dalam sebuah penelitian, ekstrak bawang putih ber-dosis 600-1,500 mg adalah sama efektifnya dengan obat atenolol dalam mengurangi tekanan darah selama 24 minggu. Untuk dapat mengurangi tekanan darah tinggi sebesar itu jumlah allicin yang dibutuhkan sekitar empat siung bawang putih per hari untuk dikonsumsi.

Bawang putih diklaim sebagai obat ajaib bagi sakit jantung. Bumbu masakan ini bahkan telah dipakai oleh penderita penyakit jantung di seluruh dunia dan telah digunakan sejak lama dalam pengobatan medis. Bawang putih juga telah menjadi subyek penelitian dalam 258 jurnal tentang penyakit jantung yang telah diterbitkan. Dan penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lemak akan meningkatkan resiko penyakit jantung tetapi menambahkan bawang putih akan melenyapkan ½ bagian lemak dari arteri.

ak hanya itu, menambahkan 1 siung bawang putih pada menu harian Anda akan membantu menurunkan kolesterol dalam darah dari 10% hingga 17%. Banyak penderita sakit jantung yang enggan mengkonsumsi bawang putih karena baunya yang menyengat dan tahan lama. Tetapi banyak orang barat justru membuat jus khasiat bawang putih jantung. Nah, tak ada salahnya mengonsumsi obat herbal untuk mengatasi penyakit jantung Anda. Sebab banyak penelitian yang mendukung dan banyak orang di dunia yang telah mencobanya.

Khasiat lainnya :

1. Khasiat bawang putih yang pertama adalah kemampuannya mencegah penyakit kanker. Hal ini terkait erat dengan kandungan sulfida yang ada di dalamnya. Senyawa kimia ini bisa membantu organ hati dalam melawan senyawa beracun yang bisa memicu kanker.

2. Bawang putih ampuh mengobati serangan virus influenza. Aroma khas bawang ini mampu mengaktifkan kinerja membran mocus sehingga saluran pernafasan menjadi lega karena lendir perlahan akan keluar.

3. Konsumsi bawang putih secara teratur diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Kolesterol bisa memicu tekanan darah tinggi yang bisa berakibat pada organ jantung. Jadi, konsumsi bawang putih juga bisa melindungi jantung.

4. Khasiat bawang putih lainnya adalah sebagai pengontrol bagi yang menderita penyakit diabetes. Bawang putih yang diracik dengan makanan bisa menambah stamina penderita diabetes yang umumnya selalu mengalami kelelahan fisik.

5. Bawang putih ini dikenal ampuh dalam mengatasi penggumpalan darah di dalam tubuh. Caranya cukup konsumsi secara rutin dalam keadaan mentah agar hasilnya lebih maksimal.

6. Bawang putih juga dikenal sebagai anti-biotik alamiah yang sangat ampuh mengusir bakteri. Jika mengalami peradangan misalkan jerawat, cukup gunakan parutan bawang putih tunggal ini dan jerawat akan steril dari bakteri yang akan membuatnya semakin parah.

7. Bawang putih ini juga dikenal mampu mengatasi penyakit maag.
Caranya mudah, cukup cuci bersih bawang putih dan kunyah mentah. Lakukan minimal 3 kali dalam sehari hingga maag membaik.

8. Khasiat bawang putih lainnya adalah untuk meringankan penyakit asma, batuk pilek, dan masuk angin. Untuk ketiga penyakit ini, cukup campurkan madu bersama dengan bawang putih tunggal yang telah dihaluskan. Saring dan kemudian minum setiap pagi secara rutin hingga kondisi membaik.

Pengaruh Pemakaian Bawang Putih Akibat mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak membuat napas kita menjadi bau, untuk menghilangkannya kita dapat melakukan cara –cara berikut ini :
1. Meminum air teh kental atau kopi setelah mengkonsumsi bawang putih
2. Memakan kulit limau dengan cara dikunyah
3. Mengimbangi dengan makanan yang terbuat dari protein, hati, dan telor
4. Menggunakan bawang putih dengan cara direbus terlebih dahulu atau dijadikan acar

Dalam mengkonsumsi bawang putih sebaiknya tidak dimakan mentah, karena dapat mengganggu lambung. Oleh karena itu dianjurkan agar bawang putih terlebih dahulu direbus, digoreng, atau dipanggang dulu sebelum makan. Tetapi bawang putih tidak boleh digunakan dalam bentuk apapun sewaktu terdapat serangan penyakit di bagian perut dan usus besar.

Artikel Kesehatan Terkait

Khasiat Bawang Hitam Yang Belum Orang tau Kandungan Zat yang Terkandung di dalam Bawang Hitam Anda tak perlu meragukan Manfaat Bawang Hitam karena dalam sebiji bawang hitam yang Anda konsum...
Perhatikan! Begini Cara Membuat Minyak Bawang puti... Cara Membuat Minyak Bawang Putih Bawang putih yang memiliki banyak peran penting, selain digunakan sebagai bumbu masak dasar yang tidak boleh ter...
Minyak Bawang putih (garlic Oil) Solusi Kolesterol... Minyak Bawang putih untuk kolesterol Minyak Bawang putih (garlic Oil) Solusi Kolesterol Tinggi LATAR BELAKANG Hampir setiap orang pernah mendengar...

You may also like...

1 Response

  1. bawang putih sangat baik dikomsumsi guna mencegah kanker dan kolesterol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *