Jumlah Trombosit Penderita Demam Berdarah

Share This
Trombosit Penderita Demam Berdarah

Trombosit Penderita Demam Berdarah

Penyakit DBD adalah salah satu bentuk klinis dari penyakit akibat infeksi dengan virus dengue pada manusia. Manifestasi klinis dari infeksi virus dengue dapat berupa “Demam Dengue (DD)” atau “Demam Berdarah Dengue (DBD)”. DD tidak membahayakan atau tidak mengancam jiwa seperti DBD. Biasanya kasus seperti ini sering diistilahkan masyarakat awam sebagai gejala demam berdarah. Sebenarnya dalam penanganannya tidak perlu dirawat di rumah sakit. DD tidak akan berubah menjadi DBD. Jadi, pendapat yang mengatakan bahwa bila penanganan tidak baik dan terlambat mengakibatkan DD akan menjadi DBD adalah tidak benar.

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang ditandai dengan:

  • Demam yang timbul secara mendadak, tinggi mencapai 39-40 derajat celcius, dan kadang-kadang disertai dengan menggigiL Demam ini hanya berlangsung 5-7 hari.
  • Demam sering berakhir dengan mendadak, clisertai keringat yang cukup banyak dan tubuh tampak loyo. Kadang-kadang dikenal dengan istilah demam biphasik yaitu demam yang berlangsung selama beberapa hari.
  • Nyeri diseluruh tubuh dan terkadang juga nyeri pada ulu hati karena terjadi pencarahan dilambung.
  • Ruam yang timbul pada saat awal panas, bentuknya berupa flushing.
  • Pendarahan yang tampak dari luar maupun dari dalam dan Perdarahan selaput lendir mukosa.
  • Tes Torniquet (salah satu cara yang paling mudah dan cepat untuk menentukan apakah terkena DBD atau tidak) yang menunjukkan hasil yang positif.
  • Terjadi adanya perdarahan yang petekia, akimosis atau purpura
  • Apabila tanda demam berdarah sudah mulai parah penderita akan mengalami gelisah dengan ujung kaki dan tangan yang berkeringat dingin.
  • Tes Trombositopenia atau jumlah trombosit yang menunjukkan kurang dari 100.000 per mm3 ( =100.000 per mm3).  Jumlah normal pada tubuh manusia adalah 200.000-400.000/Mel darah.
  • Terjadi pembesaran plasma yang ada hubungannya erat dengan kenaikan permeabilitas di dinding pembuluh darah dalam tubuh yang ditandai dengan munculnva satu atau lebih dari Kenaikan nilai 20% hematokrit atau lebih tergantung umur dan jenis kelamin. Menurunnya nilai hematokrit dan nilai dasar 20 % atau lebih sesudah pengobatan. Tanda-tanda pembesaran plasma yaitu efusi pleura, asites, hipo-proteinaemia.

Trus apa dong yang paling aman diberikan bagi si penderita Demam berdarah ?

Sementara ini yang paling aman, tentu air putih. (walopun seringkali masih diragukan oleh keluarga penderita, namun sangat dianjurkan oleh tenaga medis). Pemberian air putih pada takaran normal sekalipun dalam rentang interval waktu tertentu agar si penderita diselingi pula dengan waktu beristirahat terbukti mampu meningkatkan Trombosit secara perlahan tapi pasti. Setidaknya tak berefek samping selain kencing yang diharapkan sebanyak yang ia minum. Namun jika si penderita tak mampu mengeluarkan cairan tersebut dalam bentuk kencing, maka perut kembung mungkin akan menjadi efek samping pertama yang dirasakan.

Untuk interval waktu tidak perlu dipaksakan setiap 10-15 menit, mungkin malahan sekitar 30-45 menit sekali sudah cukup. Lantaran dalam rentang waktu segitu si penderita mungkin akan lebih mampu untuk menikmati waktu beristirahat jauh lebih baik.

BACA JUGA : Makanan & Minuman Yang Efektif Melawan Penyakit Demam Berdarah

Namun bagi yang sudah terlanjur turun dan mengalami kondisi drop saat Trombosit berada dititik terendah sekalipun, ada yang jauh lebih dikhawatirkan oleh tenaga medis yaitu berkaitan dengan HB (Hemoglobin) Darah si penderita, yang seandainya tinggi maka si penderita akan mengalami kekentalan darah dan menyulitkan proses penyembuhan.

Kabarnya pengentalan darah ini sebagai efek dari minimnya minat si penderita untuk minum sehingga tubuh kekurangan cairan. Jika sudah begini, satu-satunya cara ya dirawat dibagian ICU dan bersiap untuk menerima tranfusi darah segar.

Demam Berdarah mungkin tidak akan semenakutkan diatas apabila baik si penderita dan keluarganya menyadari hal terpenting dari penyakit ini adalah tidak ada obatnya selain minum yang banyak. air putih sekalipun sudah cukup,

Dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Leonard Nainggolan mengatakan, jus jambu belum terbukti secara klinis bisa efektif dalam menaikkan jumlah trombosit dari penderita demam berdarah dengue (DBD).

“Sampai sekarang belum ada uji laboratorium yang membuktikan jus jambu bisa meningkatkan trombosit atau mengatasi DBD,” kata Leonard

Pocari Sweat bisa diberikan asal si penderita tak memiliki penyakit Maag, sebab rasa asem akan memberikan efek tak baik bagi lambung. Demikian pula jus Buavita dan Guava, sangat tidak dianjurkan apabila sampe menimbulkan efek radang Tenggorokan maupun Buang Air Besar layaknya diare. Terakhir Angkak maupun Ancho sangat tidak disarankan bagi mereka yang memiliki kondisi tubuh yang lemah. Malahan memicu stress akibat rasa pahit dan sepet yang dipaksakan masuk kedalam tubuh.

Yang perlu diketahui oleh awam, bahwa apabila kondisi tubuh si penderita dalam keadaan normal, baik tekanan darah, suhu tubuh dan HB tadi, walopun nilai Trombositnya menurun, agar tak terlalu khawatir. Apalagi kalo si penderita mau dan mampu minum sesuai interval waktu tadi. Karena saat Demam Berdarah menjangkiti tubuh penderita akan ada fase penurunan trombosit hingga hari ke 6-7 dan dipastikan beranjak naik saat menginjak hari ke 7-8, tergantung kondisi penderita.

Namun naiknya trombosit yang paling baik adalah merangkak dahulu, yang tentunya tak diharapkan diikuti dengan rasa bangga, terlena dan takabur, malahan baik si penderita dan keluarganya harus lebih intensif lagi berusaha sehingga proses fase penyembuhan dapat dengan cepat tercapai. Hal ini mengingat pada beberapa penderita kondisinya ada yang belum stabil sehingga dalam fase penyembuhan, trombositnya saat naik dalam jumlah besar, malahan bisa turun lagi. Maka dari itu berhati-hatilah dalam merawat si penderita Demam Berdarah.

Semoga pemaparan diatas bisa berguna bagi penderita maupun keluarga penderita lainnya.

Artikel Kesehatan Terkait

Apa Saja Pantangan Makanan Bagi Penderita DBD ? Tahukah Anda Pantangan Makanan Bagi Penderita DBD ? Dengue atau DBD adalah demam disertai pendarahan bawah kulit selaput hidung dan lambung disebab...
Ini Buah Untuk Penderita DBD buah untuk penderita dbd Apa Penyebab demam berdarah? Demam berdarah merupakan penyakit akut yang disebabkan oleh infeksi virus dengue. Penyebaran ...
Makanan & Minuman Efektif Melawan Demam Berda... makanan untuk demam berdarah Demam Berdarah atau DBD merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Virus ini berasal dari gigitan ny...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *