JUS SAYUR DAN BUAH UNTUK KESEHATAN

Share This

 JUS SAYUR DAN BUAH UNTUK KESEHATAN

jus sayur dan buah untuk kesehatanJus sayur dan buah untuk kesehatan lebih tepat untuk lansia, tak berlebihan jika pada usia lanjut harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Usia lanjut cenderung sudah diartikan sebagai masa dimana segala penyakit datang dan mungkin bertumpuk-tumpuk yang akan mendorong seseorang untuk mencari sistem atau cara penyembuhan yang tepat untuknya. Hati-hati dalam memilih, salah—salah tujuan untuk mengobati bisa jadi berubah menjadi bumerang yang semakin membuat beban tubuh menjadi berat. Oleh karena itu, memilih yang alami tentu saja dapat dijadikan sebuah alternatif untuk mendapatkan pengembalian kondisi tubuh yang lebih aman. Memilih yang alami merupakan suatu pemikiran yang lebih cerdas ke depan karena dampaknya akan terasa Iebih baik di masa depan.

Pemanfaatan pengobatan cara alami inilah yang menghadirkan Ibu Ruweida Umar menjadi sebuah sosok yang segar dan sehat di masa-masa yang beranjak senja. Banyak hal yang dilakukan ibu 2 orang anak ini dalam menjaga kesehatan tubuhnya yang sekarang menginjak 67 tahun. Menurutnya, kakek buyutnya dulu sudah lama menggunakan tanaman obat dalam kehidupannya sehari—hari. Akan tetapi, dia merasa tidak mendapatkan warisan dan leluhurnya dan pengetahuan itu serasa terputus begitu aja (mungkin karena sistem pengobatan modernlah yang membatasi dan memotong mata rantai pengobatan tradisional -red.). Akan tetapi pengetahuannya tentang tanaman obat mulai dia pelajari dan ayah nya yang sering datang ke daerah- daerah untuk memberikan penyuluhan-penyuluhan kesehatan

Terapi jus Buah dan Sayur didapat dan Buku

Pengenalan secara intensif tentang pengobatan alami tentang jus sayur dan buah untuk kesehatan dimulai saat dia merasa adanya keluhan padat tubuhnya. Awalnya pada saat umur menginjak empat puluhan, dia merasa tubuhnya mengalami sakit dan terasa berat pada kakinya. Dokter yang dia datangi menganjurkan untuk melakukan penyinaran tanpa mau menyebutkan jenis penyakit yang dideritanya. Akhirnya dokter sampai bosan mengobatinya kemudian oleh dokter diberikan sebuah buku tentang pengobatan holistik yang berisi tentang terapi pengobatan menggunakan jus sayur dan buah untuk kesehatan. Terapi tersebut menganjurkan terapi selama tiga hari berturut—turut. Dan dan buku tersebut juga disampaikan selama mengkonsumsi jus sayur akan sering buang besar dan itu disebutkan merupakan hal yang biasa karena dalam proses pembersihan. Akhirnya dia mengikuti saran yang dianjurkan dalam buku tersebut.

JUS SAYUR DAN BUAH UNTUK KESEHATANKebetulan, rumahnya yang tidak jauh dan Pasar Minggu memudahkan dia untuk mencari sayur-sayuran maupun buah—buahan sebagai bahan untuk membuat jus. Menurut dia, memilih sayuran cukup yang murah dan kebetulan ada saja (tergantung musim) dan tidak perlu untuk memaksakan bahan sayuran yang susah dicari dan berharga mahal. Mungkin sudah semua jenis sayur, sepertijus bayam (termasuk bayam dun), temulawak, lobak, miana sampal pare pun sudah pernah dicobanya hanya kecuali sawi putih (tanpa menyebutkan alasannya). Untuk cara penggunaan yang dilakukannya pun cukup sederhana. Dengan mencuci sayur yang baru saja dipetik dengan air mendidih dan setelah dicuci ditiriskan lalu dicuci kembali dengan air yang dingin berulang—ulang sampai kelihatan sayur menjadi segar. Untuk selanjutnya sayur tersebut diblender lalu disaring untuk kemudian diminum air saringannya. Dan biasanya dia membuatjus sayur sehari dua kali.

Ternyata efek dan sering mengkonsumsi jus sayur tersebut menghindarkan dirinya dan berbagai macam penyakit. Buktinya, sampai saat ini tak satupun keluhan dan penyakit apapun yang dideritanya. Wajahnya juga terlihat lebih segar dan kebanyakan aktivitas dapat dilakukannya sendiri. Selain mengkonsumsi jus sayur maupun jus buah, mengontrol makanan juga merupakan hal yang wajib untuk dilakukan, apalagi usia lanjut sangat rentan sekali terkena penyakit.

Belajar dan Mempelajari

Dulu, selama masih aktif bekenja, tuntutan pekerjaan mengharuskannya untuk melakukan dinas ke luar negeri. Disinilah dia mendapatkan banyak hikmah dan perjalanannya. Banyak pola makan yang dipelajarinya dan budaya berbagai negara yang pernah dikunjunginya. Menurutnya, budaya masyarakat Jepang merupakan salah satu yang dapat dicontoh. Disamping budaya mereka yang masih kental dengan ketimuran balk itu dalam hal sopan santun, kebersihan dan kedisiplinan sampai pada pola makan yang cukup tapi sehat dan bergizi. Tentu kita sudah tahu kebiasaan orang jepang yang sering mengkonsumsi ikan laut mentah yang diambil dan kedalaman air laut tertentu dapat memberikan banyak gizi yang mendukung kecerdasan otak mereka.

Keinginannya untuk mempelajari tanaman obat obat juga tidak berhenti sampai disitu saja, adanya informasi tentang pelatihan tanaman obat yang diadakan di Pondok Gede juga menyulut semangatnya untuk mendalaminya. Dan setelah dan tempat itu dia memperkayanya dengan pelatihan bekam yang menurutnya mudah untuk dipelajani. Bekal itulah yang dia pakai juga apabila ada yang datang padanya sekedar untuk berkonsultasi kesehatan dan membutuhkan obat.

Anjuran Herbal untuk keluarga

Kebiasaan mengkonsumsi jus sayur dan buah untuk kesehatan ini juga dia anjurkan ke suami dan anak- anaknya. Dia selalu tanamkan penggunaan tanaman obat dalam keluarganya. Contohnya dan anaknya yang pertama yang dipermudah dalam mendapatkan keturunannya. Dan darinya didapatkan sebuah pesan yang patut dijadikan koreksi untuk kita semua untuk menjadikan tanaman obat asli Indonesia sebagai raja di negeri sendiri.

RelatedPost

You may also like...

2 Responses

  1. Artikel yang bagus
    Ceritanya juga sangat inspiratif……jadi kepengen mencobanya, ya walau awalnya pasti aneh 😀 hehhehe

    Ada ga tips dan saran terutaman untuk jus sayuran agar lebih nikmat dan tidak membuat mual??

    Thanks 🙂

  2. Familyherbal says:

    Cara mengatasi mual dan lebih nikmat mengkonsumsi jus sayur :
    1. Padukan dengan buah

    Sayuran seperti bayam, brokoli, kale, atau bokchoy bisa dicampur dengan buah-buahan seperti lemon, jeruk, pisang, atau lainnya. Hal ini akan mengurangi bau sayur yang membuat mual.

    2. Tambahkan nanas

    Nanas memiliki enzim yang dapat menetralisir bau dan membuat jus sayur terasa lebih segar, aromanya pun lebih harum.

    3. Beri pemanis alami

    Pemanis alami bisa ditemukan pada kurma, gula palem, atau daun stevia. Bahan-bahan ini mampu “memanipulasi” jus sayur agar terasa lebih nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *