KEBIASAAN MENGGIGIT JARI

Share This

KEBIASAAN MENGGIGIT JARI ANAK

KEBIASAAN MENGGIGIT JARIApakah anak anda memiliki kebiasaan menggigit jari? Anak yang aktif menggunakan tangannya untuk banyak hal yang seringkali membuat kita sebagai orang tua khawatir akan kuman yang menempel di tangannya. Berikut adalah tips untuk membantu anda mengatasi anak yang mempunyai kebiasaan menggigit jarinya.

  1. Abaikan anak ketika menggigit jarinya.

Hal ini dapat anda lakukan ketika ia sudah tidak mendengarkan nasihat dari anda tentang pentingnya menjaga kebersihan. Terkadang kebiasaan menggigit jari sekedar untuk mendapat perhatian dari anda.

  1. Berikan dorongan yang positif kepada anak.

Puji anak anda dan berikan hadiah karena ia tidak mengigit jarinya. Hal ini akan memicu anak untuk tidak menggigit jarinya. Jangan lupa untuk sering mengingatkan akan mencuci tangan sebelum makan dan sesudah buang air.

  1. Kenali penyebab anak menggigit jarinya.

Kenali kebiasaan menggigit jari yang membuat anak menggigit jarinya semisal sebagai reaksi dari stres. Dengan mengetahui penyebabnya, anda dapat meminimalisir hal ini dengan mengatasi penyebabnya.

  1. Gunakan peringatan.

KEBIASAAN MENGGIGIT JARIApabila anak menggigit jarinya tanpa anda penyebabnya seperti hobi, nasihati anak untuk berhenti. Jangan mengkritisi atau memaksa anak untuk mencabut jari dari mulutnya karena hal ini justru anak membuat anak tidak mau merubah kebiasaannya menggigit jari.

Selamat mempraktekan mengatasi kebiasaan menggigit jari ya Bunda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *