MITOS / FAKTA KHASIAT BENALU TEH UNTUK KESEHATAN MITOS / FAKTA KHASIAT BENALU TEH UNTUK KESEHATAN

MITOS KAH KHASIAT BENALU TEH UNTUK KESEHATAN ??


BENALU MITOS ATAU FAKTA

Jika anda pernah menggunakan benalu teh untuk pengobatan dan anda memperoleh  manfaatnya seperti sembuh atau membaik, maka dengan tegas anda akan katakan bahwa, “benalu teh adalah fakta “. Tetapi jika anda pernah menggunakan benalu teh dan tidak merasakan manfaatnya atau bahkan anda pernah memberikan benalu teh pada pasien anda dan tidak sembuh malah meninggal dunia, maka mungkin anda akan mengatakan, “benalu teh cuma mitos “. Nah, persoalannya jika anda belum pernah menggunakan benalu teh, apa yang akan anda katakan, fakta atau mitos ? Untuk menjawab pertanyaan ini kita perlu mempelajari apa itu benalu, apa itu benalu teh dan bagaimana penelitian yang ada serta bagaimana penggunaannya secara empiris.

 

Benalu

Khasiat-benalu-teh-untuk-kesehatan

Khasiat benalu teh untuk kesehatan sangat banyak, pemahaman kita tentang benalu adalah tanaman kecil seukuran perdu yang tumbuh pada tanaman lain sebagai parasit yaitu memanfaatkan tanaman lain atau inangnya itu untuk mendapatkan seluruh kebutuhan hidupnya. Sedemikian rupa sifat parasitnya itu sehingga pohon inangnya itu bisa kurus dan bahkan mati oleh hisapan si benalu. Pohon benalu akan tumbuh sehat segar diatas pohon inang yang mulai kurus dan merana dan akhirnya inangnya mati dan benalu itupun mati.

Jika itu pemahaman kita tentang benalu atau tanaman seperti itulah yang kita sebut benalu, maka setidaknya ada dua famili tanaman yang memiliki anggota dengan sifat seperti itu dan disebut benalu. Pertama yang disebut famili Loranthaceae yang memiliki spesies—spesies antara lain sebagai berikut:

  1. Dendropthoe pentandra(L) Miq. Disebut pohon Api—api atau Dedalu.Jenis benalu yang bisa tumbuh di berbagai pohon, merayap di pohon, buahnya merah. Untuk batuk, luka dan borok.
  2. Helixanthera cylindrica (Jack)Dans .Benalu ini tingginya bisa 3 meter. Kegunaannya sebagai bahan pembuat minuman penyegar.
  3. Helixanthera parasitica (Lour). Benalu ini tingginya bisa 1,5 meter. Kegunaannya untuk obat sakit perut.
  4. Loranthus sp. div. Disebut kemladean atau ambai—ambai. Kegunaannya untuk diare, obat cacing, cacar dan kanker.
  5. Scurrula ferruginae (Jack) Dans.  Kegunaannya untuk luka, penawar bisa ular dan malaria.
  6. Scurrula parasitiaca L. Kegunaannya untuk bengkak, tekanan darah tinggi.
  7. Scurrula philippensis (Cham. & Schlecht.) G. DonKegunaannya untuk obat kumur.
  8. Viscum articulatum Burm.f. Kegunaannya untuk demam.
  9. Viscum ovalifolium Wall. ex. DC. Kegunaannya untuk nyeri syaraf, gatal dan demam.

Famili ini Loranthaceae adalah famili benalu yang terbesar. Dibutuhkan banyak waktu untuk memiliki kemampuan membedakan spesies—spesies benalu ini. Kesulitan lain adalah sering tidak ada nama lokalnya sementara nama latinnnya sering memiliki beberapa sinonim.

Kedua yang disebut famili Santalaceae yang anggotanya tidak seluruhnya parasit, contohnya Santalum album L., atau cendana atau sandalwood yang sama sekali bukan parasit. Sedangkan yang parasit dan dikenal sebagai obat hanya satu yaitu Dendroptrophe umbellata (BI) Miq. Yang biasa disebut dalu—dalu, mendalu, kamendalu, benalu, mendalu api, akar api—api, telinga kera dan lain— lain. Kegunaannya untuk sakit kepala.

Jadi ada macam-macam Khasiat benalu teh untuk kesehatan yang biasa digunakan sebagai obat dan ternyata satu spesies benalu bisa tumbuh di berbagai tumbuhan termasuk di pohon teh. Sedangkan satu tanaman inang, misalnya pohon teh, bisa ditumbuhi beberapa jenis benalu. Satu jenis benalu memang bukan bisa tumbuh di semua tumbuhan tetapi sangat banyak jenis tumbuhan yang bisa ditumbuhi benalu tertentu. Karena semua benalu termasuk dikotil maka Ia akan bisa tumbuh di hampir semua dikotil. Lalu persoalannya apa yang disebut benalu teh, benalu mangga, benalu jeruk, benalu duku dan benalu—benalu lain?

>> Manfaat Benalu Teh <<

Berdasarkan Khasiat benalu teh untuk kesehatan serta pengertian diatas maka yang disebut benalu teh adalah benalu yang tumbuh di pohon teh, benalu duku adalah benalu yang tumbuh di pohon duku, begitu juga benalu—benalu yang lain, apapun spesies benalunya. Jadi ada bermacam-macam benalu teh, bisa Dendrophthoe petandra, bisa Scurulla parasitiaca, bisa Loranthus sp.div. dan bisa lainnya. Sebagai akibatnya kita bisa menemukan benalu teh dengan daun kecil bulat dan benalu teh dengan daun lebar panjang karena memang lain jenisnya. Lalu bagaimana kita bisa mengenalinya?

Jika kita menemukan benalu di pohon teh maka kita harus mendekatinya dan mempelajari ciri—cirinya apakah dia termasuk spesies yang kita kehendaki atau bukan. Tapi tentu kita harus terlebih dulu tahu ciri—ciri spesies yang kita kehendaki. Misalnya kita menginginkan benalu teh Loranthus sp. div., maka kita perlu mengetahui ciri-cirinya dan mencocokan dengan benalu teh yang kita temukan. Rumit memang, itulah sebabnya benalu teh sangat rawan terhadap pemalsuan karena ciri—cirinya sangat beragam.

>> Penelitian Manfaat Benalu <<

Penelitian kandungan berbagai jenis benalu pada satu inang dan pada berbagai inang.

Penelitian untuk Khasiat benalu teh untuk kesehatan ini mencoba menjawab pertanyaan apakah zat yang terkandung pada benalu dari jenis yang sama, tumbuh pada tumbuhan inang yang berbeda, akan sama atau berbeda jenis dan jumlah kandungannya. Penelitian ini berupa skripsi yang berjudul; Keragaman Flavonoid Pada Tiga Spesies Benalu Dendropthoe pentandra (L.) Miq., Macrosolen javanus Dans dan Viscum artyculatum  dilakukan oleh Nofa Sigitianawati dari jurusan Biologi FMIPA UNIBRA.

Dalam penelitian ini tiga jenis benalu tersebut tumbuh di lima tanaman yaitu randu (Ceiba pentandra(L) Gaertn), salam (Syzygium polyantum(weight) Walp.), daun wangkal (Albizia procera (Roxb.) Benth.), kaliandra (Calliandra surinamensis Benth.) dan mangga (Mangifera indica L.). Jenis—jenis flavonoid diamati menggunakan metoda KLT (kromatografi Iapis tipis) sehingga perbedaan kandungan dan konsentrasinya dapat diperbandingkan.

Khasiat benalu teh untuk kesehatanHasil penelitian benalu teh menunjukkan bahwa jenis dan konsentrasi flavonoid pada Dendroptfloe pentandra (L) Miq., Macrosolenjavanus Dans., dan Viscum articulatum Burm.f. yang tumbuh pada inang yang sama, berbeda satu sama lain. Sedangkan Dendropthoe pentandra (L ) Miq. yang tumbuh pada lima inang yang berbeda juga memiliki jenis dan kandungan flavonoid yang berbeda satu sama lain. Tetapi pada tiga jenis benalu tersebut yang tumbuh pada inang yang sama memiliki kandungan flavonoid tertentu yang sama yang berasal dan inangnya.

Sedangkan benalu yang sama yaitu Dendropthoepentandra(L.) Miq pada lima inang yang berbeda memiliki kandungan flavonoid tertentu yang sama, yang tampaknya ditentukan oleh benalunya. Selain itu pada semua benalu yang tumbuh pada inang manapun memiliki kandungan flavonoid yang sama yaitu quercitrin dan flavonoid J, yang tampaknya merupakan kandung khas yang ada pada kebanyakan jenis benalu.

 Jadi inang yang sama, misalnya pohon teh, tetapi jenis benalunya berbeda, maka kandungan zat dalam benalunya berbeda. Jenis tumbuhan obat benalu yang sama, misalnya Loranthus sp. dlv tetapi jenis inang berbeda, misalnya mangga dan teh, juga berbeda kandungan zatdalam benalunya. Tetapi jenis benalu yang sama meskipun inang berbeda, terdapat beberapa kandungan zat yang sama yang merupakan zat khas benalunya. Sedangkan jenis inang yang sama meskipun benalu berbeda, terdapat beberapa kandungan zat yang sama yang berasal dan inangnya. Selain itu terdapat zat-zat yang sama pada kebanyakan jenis benalu.

CARA MEMBUAT SEDIAAN BENALU TEH

  • Ambil pohon benalunya terlebih dahulu. Benalu yang bagus biasanya benalu dari pohon teh atau pohon jeruk.
  • Silahkan potong-potong kecil pohon dan daun benalu yang tadi sudah diambil kira-kira menjadi 1.5cm sampai 2cm.
  • Setelah itu silahkan jemur benalunya yang tadi dipotong-potong sampai kering.
  • Kemudian setelah kering silahkan kukus benalunya untuk mematikan mikroba-mikroba yang mungkin ada di dalamnya.
  • Cukup satu jam pengukusan kemudian angkat dan tiriskan benalunya dan jemur lagi sampai kering dan kini benalunya telah siap jadi teh benalu.
  • Cara penyajiannya sama seperti halnya kita menyeduh teh biasa, ambil segenggam teh benalu kemudian masukan ke dalam poci dan seduh dengan air panas.

Selamat Mencoba, Semoga Sehat Selalu

 


REKOMENDASI

squavit

Artikel Kesehatan Terkait

Jenis – jenis Benalu untuk Mengobati Kanker Jenis - jenis Benalu untuk Mengobati Kanker Menurut pemahaman masarakat awam, semua jenis benalu adalah sama. Padahal, kenyataannya tidaklah demikia...
Manfaat Benalu Teh Untuk Kanker Manfaat Benalu Teh Untuk Kanker Di dunia kesehatan, manfaat benalu teh telah lama diperbincangkan. Dalam benak masyarakat awam, benalu merupakan tum...
happy wheels 2