Kiat Agar Anak Berperilaku Cerdas dan Cerdas Berperilaku

Share This
kiat agar anak berperilaku cerdas

kiat agar anak berperilaku cerdas

Kiat Agar Anak Berperilaku Cerdas dan Cerdas Berperilaku

Memiliki anak yang cerdas dan perilaku baik pastilah jadi keinginan setiap orangtua. Yuk, kita intip bagaimana cara agar anak berperilaku cerdas dan cerdas berperilaku!

Berperilaku Cerdas vs Cerdas Berperilaku
Ada sedikit perbedaan antara anak yang berperilaku cerdas dan cerdas berperilaku. Menurut DR. Dr. Ahmad Suryawan, Sp.A(K)., anak yang berperilaku cerdas adalah anak yang dapat menyelesaikan masalah dengan tepat, benar, dan cepat serta mempunyai banyak alternatif. “Anak yang berperilaku cerdas, misalnya saat kita menyodorkan toples berisi puluhan permen dan kita meminta dia mengambil 5 permen, anak akan mengambil dengan jumlah yang tepat. Ini menandakan Si Kecil mempu mengetahui konsep angka 5 tak hanya secara tertulis, tapi bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Dr. Ahmad.

Agar anak berperilaku cerdas, kita membutuhkan komunikasi dan latihan setiap hari. “Misalnya, coba tanyakan apa arti lampu hijau dan lampu merah di rambu-rambu lalulintas. Bila Si Kecil bisa menjawab dengan benar bahwa lampu merah artinya berhenti dan lampu hijau boleh jalan lagi, berarti ia telah mampu berperilaku cerdas. Artinya ia sudah tahu bahwa hijau bukanlah sekedar warna, tapi ia bisa mengimplementasikannya untuk kegunaan sehari-hari. Sebagai ibu yang ingin anak berperilaku cerdas, kita harus terus melatih dan menstimulasi otak anak dengan mengajarkan hal-hal seperti yang saya contohkan,” kata Dr. Ahmad.

Anak yang cerdas berperilaku adalah anak yang mudah beradaptasi (adaptif), dan ia menunjukkannya secara konsisten tanpa tergantung dengan adanya kehadiran orangtua.
“Anak yang cerdas berperilaku adalah anak yang menunjukkan kemampuannya beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan keadaan dan situasi pada saat itu. Misalnya, saat ia tahu harus ke sekolah pukul 7 pagi, anak kita sudah selesai mandi pukul 6.30 tanpa kita harus mengomel,” jelas Dr. Ahmad tentang perbedaan antara anak yang berperilaku cerdas dan cerdas berperilaku.
Bagaimana Menciptakan Pribadi Anak Berperilaku Cerdas & Cerdas Berperilaku

Agar dapat membentuk anak yang cerdas berperilaku, kita harus terus mengajarkannya untuk mampu bereaksi dan beradaptasi terhadap situasi yang dihadapinya. Ajarkan juga anak untuk tidak bergantung pada orangtuanya misalnya bisa mengganti baju sendiri atau menggosok giginya secara teratur. Hingga pada akhirnya, anak kita bisa secara otomatis beradaptasi tanpa kehadiran orangtuanya.
Dr. Ahmad mengatakan bahwa kecerdasan dan perilaku anak tidak bisa kita bentuk secara instan, tetapi melalui proses bertahap dan berkesinambungan, yang dimulai sejak otaknya terbentuk di dalam kandungan. Kemampuan Si Kecil dalam berperilaku dapat “diprogram” dan dibentuk oleh orangtua secara bertahap sejak awal. Jadi, kita harus memberikan Si Kecil stimulasi-stimulasi yang sesuai dengan tahapan usianya, sesuaikan juga dengan periode tumbuh kembangnya. Kemudian, kita juga perlu memiliki pola asuh yang tepat agar Si Kecil dapat berperilaku cerdas dan cerdas berperilaku.

SHARE & LIKE Bila Bermanfaat

Artikel Kesehatan Terkait

5 BAHAYA PEMAKAIAN DIAPERS TERLALU LAMA PADA SI KE... bahaya penggunaan popok terlalu lama Dalam perkembangan si kecil, orang tua mempunyai peran penting yang membantu menentukan bagaimana kepribadian a...
Gizidat – Madu Ikan Sidat Plus Probiotik GIZIDAT VS VITABUMIN, MANA YANG BAIK UNTUK ANAK BUNDA? Spread the love Gizidat vs vitabumin, Mana Yang Baik Untuk Anak Bunda? Gizidat at...
Gizidat – Madu Ikan Sidat Plus Probiotik "Gizidat - Madu Ikan Sidat Plus Probiotik" "Berkualitas yang temani tumbuh kembang Si Kecil" MENGAPA HARUS GIZIDAT? Gizidat merupakan kombina...
Gizidat – Madu Ikan Sidat Plus Probiotik "Gizidat - Madu Ikan Sidat Plus Probiotik"  "Berkualitas yang temani tumbuh kembang Si Kecil" MENGAPA HARUS GIZIDAT? ...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *