KOLESTEROL dan STROKE

Share This

 KOLESTEROL
dan STROKE
                  oleh: dr. Prapti Utami

Apakah Kolesterol itu?
Kolesterol adalah Suatu zat dalam tubuh yang merupakan pembentuk asam empedu dan hormon steroid, serta pembentuk membran sel.
Diperkirakan dua per tiga dan seluruh kolesterol yang ada dalam tubuh diproduksi oleh hati dan sepertiganya diserap dan sumber makanan.
Kolesterol dapat berakumulasi atau terdeposit secara abnormal, seperti pada pembentukan batu empedu.

KOLESTEROL

  • Kolesterol terdapat dalam diet semua orang, dan dapat diabsorbsi dengan lambat dan saluran cerna
    masuk limfe usus.
  • Kolesterol sangat larut dalam lemak. Tetapi hanya sedikit larut dalam air, dan Ia mampu membentuk ester dengan asam lemak. Kira—kira 70% kolesterol plasma berada dalam bentuk ester kolesterol.

Pembentukan kolesterol

  • Eksogen kolesterol yang diabsorbsi setiap han dan saluran cerna.
  • Endogen kolesterol yang dibentuk dalam darah.

Pada hakekatnya semua kolesterol endogen yang benedari  dalam lipoprotein plasma dibentuk oleh hati, tetapi semua sel tubuh lainnya membentuk paling tidak ke dalam ‘kolesterol yang sesuai kenyataan bahwa banyak struktur membrane semua sel sebagian dibentuk dan zat ini.

Tanaman Obat untuk Kolesterol

  1. Sambiloto

(an drogra ph/s pan/cu/a ta (Burm. F)Ness).

Sambiloto

 

Tanaman sambiloto memiliki efekfarmakologi sebagi penurun demam, anti radang, dan anti bengkak. Herba ini efektif untuk menyembuhkan infeksi dan merangsang fagositosis, meningkatkan kekebalan tubuh, berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan memperbaiki metabolisme organ tubuh.
Cara Pengobatan:
Herba sambiloto kering 1 0 gram, atau basah 20 gram direbus dengan 3 gelas air menjadi 1 gelas, diminum 2 x 0,5 gelas per han.

  1. Sambung nyawa (Gynura procumbens )

Tanaman mi memilki sifat dingin, netral, anti neoplastik dan menurunkan tekanan darah, senyawa kimia dan tanaman sambung nyawa antara lain ; alkaloida, saponin, flavanoida dan tannin.

sambung nyawa

Sambung Nyawa

 

Cara Pengobatan:
Daun sambung nyawa segar 3 x 3 lembar per han, dicuci bersih lalu dimakan sebagai lalapan. Atau dapat juga diminum dalam bentuk jus segar.

 

 

  1. Komfrey (Symphytum off/c/nale L )Tanaman mi memiliki sifat ; dingmn, agak sedikit pahit. Diperoleh dan penggunaan daun, sering disebutjuga dengan sebutan tanaman gomfri, kompni, kompering.

CaraPengobatan:
Daun segar4 lembardicuci bersih, setelah dilemaskan dengan garam dilalap untuk
2 kali, atau daun segar 4 lembar dicuci bersih di jus, saring minum airnya untuk 2 kali, atau daun segar 4 lembar dicuci bersih direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 3 gelas, minum airnya untuk 2 kali sehari.

  1. Mahkota Dewa
    (Phaler/a macrocarpa (Scheff) Boerl)

Mahkota dewa

Daun dan kulit buah dan tanaman mahkota dewa mengandung alkaloid
dan saponin, daunnyajuga mengandung polifenol sedangkan kulit buah
mengandung flavanoid. Mahkota dewa memiliki sifat anti radang, obat sakit kulit, eksim, dan obat disentri.
Cara Pengobatan:
Kulit buah dan mahkota dewa 5 – 7 iris kering, diseduh dengan air panas 1 gelas (200cc), ditutup. Biarkan sebentar agar melarut dulu baru diminum 1 x sehari sebelum tidur.

 

 

5. Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb)
Tanaman mi memiliki sifat sedikit pahit, anti sembelit, antiacnevulgaris, anti inflamasi dan hepatoprotektor, laktagoga, tonikum, diuretik, fungistatik dan bakteriostatik. Temu lawak berperan untuk menurunkan kadar kolesterol total dan sebagai stimulan empedu. Rimpang temu lawak kering 10 gram direbus dengan 3 gelas menjadi 1,5 gelas, saring minum untuk 3 kali 0,5 gelas per han. Atau 3 jan nimpang temu lawak segardikupas kulitnya, dicuci, diparut, tambahkan ¾ cangkir air panas, kemudian dibiarkan mengendap, setelah ramuan dingin endapannya dibuang dan airnya diminum. Minum setiap han sebanyak 1/2 gelas.

6. Mengkudu

Cara Pengobatan:
Buah mengkudu masak sebanyak 2 buah, dicuci dan dibuatjus, dan diminum setiap 2 hari sekali.

  1. Kedelai (Glycine max)

Cara Pengobatan:
Kedelai yang sudah tua 100 gram direndam selama 1 2jam dalam 1 liter air, bensihkan dan buang kulitnya. Bilas dengan air bersih, kemudian dibelender dengan sedikit air matang dan saring. Selanjutnya tambahkan 1 liter air matang (sesuai selera) dan direbus sampai mendidih, bisaditambahkafl daun pandan sebagai pewangi
atau gula aren sebagai pemanis jika penlu. Kemudian rebusan didinginkan sejenak agar tidak menggumpal, baru kemudian masukkan kedalam lemari es, atau minum selagi hangat.

  1. Kunyit (Curcuma longa finn)

Rimpang kunyit dibersihkan dan direbus dalam air sebanyak 2 gelas, sampai tensisa 1 gelas.setelah dingin air disaring, hasil saringan diminum sekaligus, 3 kali sehari, selama 12 minggu.

  1. jagung (Zea mays L) 

Buah jagung muda dan segan sebanyak 2 – 3 buah, beserta kulit, tongkol, dan rambutnya dicuci bersih, kemudian direbus hingga mendidih. Biarkan sampai dingin, setelah dingin disaring, diminum seperti teh,jagungnya dimakan.

Semoga informasi ini dapat memberi manfaat supaya anda terhindar dari Kolesterol dan Stroke

 

Artikel Kesehatan Terkait

Faktor mempengaruhi kolesterol plasma Faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi kolesterol plasma. Faktor mempengaruhi kolesterol plasma diantaranya : Peningkatan jumlah kolesterol...
STROKE ,Bagaimana mencegahnya? STROKE Bagaimana mencegahnya ?? Kita tentu tidak ingin terkena stroke. Stroke memang suatu penyakit yang menakutkan. Betapa hidup kita sulit dan me...

You may also like...

2 Responses

  1. March 26, 2015

    […] STROKE […]

  2. March 26, 2015

    […] yang mempengaruhi konsentrasi kolesterol […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *