Manfaat Benalu Teh Untuk Kanker

Share This
Manfaat Benalu Teh Untuk Kanker

Manfaat Benalu Teh Untuk Kanker

Di dunia kesehatan, manfaat benalu teh telah lama diperbincangkan. Dalam benak masyarakat awam, benalu merupakan tumbuhan yang bersifat merugikan. Ia tumbuh menumpang pada tumbuhan lain (inang) dan dapat hidup karena menyerap nutrisi yang ada pada inang. Sehingga, pertumbuhan dari tumbuhan inang terganggu: batang susah besar, daun rontok, buah yang dihasilkan sedikit.

Tetapi, meski benalu bersifat parasit, tumbuhan ini membawa kebaikan untuk manusia. Banyak sekali kegunaan benalu teh untuk kesehatan. Bahkan, di negara Tiongkok, Korea, dan beberapa negara di belahan Eropa meramu ekstrak benalu teh ke dalam bentuk jamu antikanker.

Benalu teh diyakini mengandung zat yang ampuh untuk penyembuhan kanker. Kenapa demikian?,,

Senyawa Flavonoid yang terkandung dalam benalu teh obat kanker diyakini dapat melawan rasa sakit akibat kanker. Rusaknya jaringan akibat digerogoti sel kanker tak ayal membuat penderita mengeluh berkepanjangan. Dengan kadar flavanoid yang masuk ke dalam tubuh melalui ekstrak benalu teh, rasa sakit itu dapat tersamarkan. Sehingga penderita dapat hidup normal dan menjalani aktivitas seperti biasa.

Semua manfaat yang diberikan benalu teh sama seperti manfaat yang ditawarkan pada obat-obat kemoterapi. Hanya saja pengonsumsian benalu teh tidak menimbulkan efek samping seperti yang banyak dikeluhkan pasien kemoterapi. Oleh sebab itu, benalu teh obat kanker pantas dijadikan alternatif jika tidak melakukan kemoterapi.

Dalam sebuah studi penelitian pada tahun 1978 penelitian etnobotani mempublikasikan bahwa benalu teh kering dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kanker rahim atau kanker serviks, dari penelitian tersebut dibuktikan dengan membaiknya struktur DNA dalam sistem kekebalan tubuh apabila pasien penderita kanker diberikan ekstrak benalu teh. Penelitian tersebut juga memberitahukan begitu mudahnya memanfaatkan benalu teh, yaitu cukup rebus benalu teh kering menggunakan air, kemudian air tersebut bisa diminum oleh penderita kanker untuk pengobatan.

[Baca: Jenis – jenis Benalu Obat Kanker]

Cara Mengolah Daun Benalu Teh

Untuk mendapatkan khasiat benalu teh, pengguna bisa meramunya sendiri di rumah melalui cara berikut ini.

  • Ambil benalu teh segar, lalu iris dengan ketebalan 1,5-2 cm.
  • Jemur di bawah panas matahari hingga benar-benar kering.
  • Setelah benalu teh kering, kukus selama 1 jam. Pengukusan berguna untuk menonaktifkan mikroba-mikroba yang ada pada benalu teh.
  • Selesai pengukusan, jemur kembali daun teh hingga kering.
  • Ambil segenggam daun benalu yang telah dijemur lalu seduh dengan air mendidih. Gunakan wadah yang terbuat dari tanah liat, keramik, atau kaca antipanas.
  • Endapkan selama 1 jam agar ekstraknya keluar. Saring dan minum selagi hangat pada pagi dan malam hari.

Demikian informasi seputar Manfaat Benalu Teh Untuk Kanker. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bacaan bagi Anda yang membutuhkan.

Artikel Kesehatan Terkait

Jenis – jenis Benalu untuk Mengobati Kanker Jenis - jenis Benalu untuk Mengobati Kanker Menurut pemahaman masarakat awam, semua jenis benalu adalah sama. Padahal, kenyataannya tidaklah demikia...
MITOS KAH KHASIAT BENALU TEH UNTUK KESEHATAN ?? BENALU MITOS ATAU FAKTA Jika anda pernah menggunakan benalu teh untuk pengobatan dan anda memperoleh  manfaatnya seperti sembuh atau membaik, maka ...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *