Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Share This
Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Alpukat seperti mentega, yaitu buah yang dikenal paling tinggi kandungan lemaknya. Namun lemak dalam buah alpukat adalah jenis lemak yang sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan. Buah alpukat adalah sumber gizi yang seimbang untuk semua tahap kehidupan, khususnya dalam hal ini adalah dimulai sejak masih dalam kandungan. Tidak ada senyawa dalam buah alpukat yang diketahui atau diduga dapat menyebabkan komplikasi kehamilan. Dan tidak ada alasan khusus untuk menghindari buah alpukat selama kehamilan.

1. Buah Alpukat Kaya Akan Asam Folat

Menurut Joseph Hersh, MD salah satu dokter anak di Universitas Louisville School of Medicine, Kentucky, Amerika Serikat menyatakan bahwa Asam folat sangat penting pada trisemester pertama kehamilan untuk membangun sistem saraf bayi termasuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang sehingga bisa menurunkan resiko cacat lahir bagi si bayi.

Asam folat juga bermnafaat untuk mencegah depresi, badan lesu, kesulitan tidur / insomnia, kekurangan darah / anemia, preeklampsia dan perubahan suasana hati yang sering terjadi pada ibu hamil.

2. Kandungan Kalsium Yang Baik Untuk Kondisi Bayi dan Ibu

Kalsium sangat bagus untuk pembentukan tulang dan kesehatan tulang. Bagi Ibu, kalsium membantu untuk menjaga kesehatan tulang selama menyangga berat kandungan diperutnya, sedangkan untuk janin kalsium sangat penting untuk pembentukan tulang.

3. Buah Alpukat Mengandung Vitamin yang Sangat Lengkap

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil ada di kandungan vitaminnya. Apabila anda sering mengalami yang namanya Morning Sickness, anda bisa mengatasi morning sickness menggunakan buah alpukat. Bagi yang belum mengetahui apa itu morning sickness, ini adalah konsisi mual yang biasanya diertai dengan muntah-muntah. Morning sickness biasanya terjadi pada trisemester pertama / awal kehamilan.

4. Mencegah Anemia Pada Masa Kehamilan

Anemia merupakan salaah satu kendala yang terjadi pada masa kehamilan.. Cara yang mudah untuk mengatasi dan mencegah anemia adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, contohnya Alpukat. Buah alpukat terkenal memiliki kandungan zat besi yang dapat mencegah anemia pada masa kehamilan.

5. Melancarkan Pencernaan

Kadangkala orang yang hamil akan mengalami permasalahan dalam hal percernaan. Ibu hamil sering mengalami sembelit atau masalah perut lain karena kekurangan serat, nah kandungan serat pada alpukat sangat mencukupi untuk mengatasi permasalahan seperti itu dan melancarkan proses pencernaan didalam usus anda.

6. Buah Alpukat Kaya Akan Mineral

Buah alpukat dikenal oleh kalangan medis mengandung fosfor, magnesium dan niacin merupakan mineral yang berfungsi untuk menjaga kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya.

7. Berperan dalam Pembangunan Otak Bayi

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang sangat berarti bagi janin adalah membentuk jaringan saraf otak. Alpukat dikenal dapat membantu dalam hal perkembangan saraf untuk otak si bayi sehingga penting untuk kedepannya.

8. Kadar Kolesterol dan Gula yang Seimbang

Buah ini memiliki kandungan yang seimbang dan membantu anda menurunkan kolesterol dengan kadar gula yang tidak terlalu tinggi.

9. Mengobati Kaki Kram Saat kehamilan

Apabila anda mengalami kaki kram saat masa kehamilan, anda bisa memanfaatkan potaium yang terkandung dalam buah alpukat. Potasium merupakan zat yang dapat membantu anda untuk mengobati kaki kram.

10. Sumber Lemak yang Seimbang dan Baik untuk Tubuh

Saat hamil, anda juga perlu menjaga kondisi berat badan anda, jangan biarkan tubuh anda menjadi kurus dan kurang gizi pada saat hamil. Buah Alpukat juga dikenal merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk kesehatan. Fungsi utama dari lemak ak jenuh adalah membangun sel membran untuk diperlukan oleh janin.

Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa alpukat memang memiliki Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil Dan Janin. Kandungan asam folat, kalsium, serat, antioksidan dan beberapa vitamin dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan janinnya. Alpukat juga berperan dalam membangun sistem saraf, perkembangan otak bagi janin dan mengurangi resiko cacat bagi janin. Semoga informasi mengenai manfaat buah alpukat untuk ibu hamil ini bermanfaat bagi anda.

Artikel Kesehatan Terkait

Apa Saja Manfaat Daun Alpukat Apa Saja Manfaat Daun Alpukat Pengobatan tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami sendiri merupakan tradisi yang telah lama ada di indonesia...
Manfaat Biji Alpukat Untuk Kesehatan manfaat biji alpukat Alpukat sendiri bukan hanya enak dimakan dagingnya, namun biji buahnya juga memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan. A...
Menebak Jenis Kelamin Janin Dengan Cara Ini. Engga... Menebak Jenis Kelamin Janin Apakah saat ini Anda sedang hamil? Apakah Anda penasaran dengan jenis kelamin bayi Anda kelak namun USG belum bisa menun...
Benarkah bila pernah melahirkan Secara Bedah caesa... Bedah caesar Tidak pasti, semua tergantung kondisi kehamilan dan janin. Awalnya mitos ini muncul karena tindakan bedah caesar cara lama yang mengiri...

You may also like...

2 Responses

  1. raga sehat says:

    info yang bagus…beritanya dah lengkap jadi enak pas bacanya…thx salam kenal

  2. Masker Alpukat Buah Alpukat memiliki kandungan vitamin E tinggi. Selain dapat mengatasi kerutan dibawah mata, buah Alpukat juga dapat mengatas kulit kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *