Apa saja manfaat bunga pepaya bagi tubuh manusia? Yuk Simak Penjelasannya

Share This
manfaat bunga pepaya

manfaat bunga pepaya

Manfaat Bunga Pepaya, Tidak Kalah Dengan Buah Dan Daunnya

Manfaat Bunga Pepaya Bila daun pepaya dapat menyembuhkan malaria, maka apa saja manfaat bunga yang digadang-gadang mampu menyembuhkan sakit kuning tersebut? Setidaknya ada 12 manfaat bunga pepaya bagi kesehatan tubuh kita, yaitu:

• Mencegah kanker
• Menyembuhkan bisul lambung
• Membantu sistem pencernaan
• Meningkatkan nafsu makan
• Sumber antioksidan
• Baik untuk penderita diabetes
• Menurunkan berat badan
• Obat penurun demam
• Menurunkan kolesterol
• Memperlancar peredaran darah
• Mencegah radang sendi dan reumatik
• Menaikkan jumlah trombosit
• Meregulasi siklus haid

Mungkin bagi sebagian orang akan mengernyitkan dahinya saat mendengar kata “bunga pepaya”. Manfaat bunga pepaya ini jarang diketahui orang, lho!

Yup, tanaman pepaya pastinya Anda lebih mengenal buahnya, atau daunnya saja dibanding dengan bunganya, padahal bunganyapun tidak kalah berkhasiat, alias menyimpan manfaat hebat. Wajib Anda tahu.

Sama seperti daunnya, bunga pepaya memiliki citarasa yang pahit. Meski begitu, hal ini seharusnya tak menghalangi setiap orang untuk mengonsumsinya sebagai sayuran bergizi ataupun menjadi bahan teh. Apalagi bunga pepaya mengandung zat-zat penting yang diperlukan tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, serta beragam mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan sodium, vitamin A, B1, C, E, folat, maupun antioksidan.

Untuk lebih detailnya, simak ulasan berikut ini.

Mencegah kanker

Dikutip dari berbagai jurnal yang menayangkan hasil riset, mengonsumsi bunga pepaya dapat menurunkan resiko infeksi dalam tubuh. Seperti kita ketahui bersama bahwa peradangan merupakan cikal bakal tumbuhnya sel tumor yang berpotensi berubah menjadi kanker ganas.

Menyembuhkan bisul lambung

Dalam bunga pepaya terdapat antioksidan tinggi yang berkhasiat mengurangi infeksi pada lambung. Selain itu, menyeruput teh dari daun atau bunga pepaya juga dapat membunuh cacing dan mikroorganisme berbahaya yang bersarang di organ pencernaan.

Membantu sistem pencernaan

Selain bagian buahnya, bunga pepaya juga mengandung enzim papain yang berguna untuk membantu proses pencernaan sekaligus mencegah konstipasi.

Meningkatkan nafsu makan

Walau rasanya pahit, namun karena manfaat bunga pepaya yang banyak, membuat orang-orang mengabaikan rasa pahit itu. Bunga yang satu ini sangat efektif untuk meningkatkan nafsu makan.

Sumber antioksidan

Ragam antioksidan dalam bunga pepaya sangat ampuh untuk melawan berbagai radikal bebas. Dengan demikian kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang dapat memicu kanker, penuaan dini, hingga gangguan kesehatan lainnya, dapat dihindari.

Baik untuk penderita diabetes

Teh atau sayur bunga pepaya juga ramah untuk penderita diabetes atau mereka yang mengalami obesitas. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat dalam bunga pepaya tergolong rendah. Selain itu, bunga pepaya juga bisa menurunkan kadar insulin yang biasanya memicu munculnya penyakit diabetes.

Artikel Kesehatan Terkait

Manfaat Daun Pepaya Untuk Anak Manfaat Daun Pepaya Untuk Anak Manfaat Daun Pepaya Untuk Anak - Pepaya merupakan tanaman yang berasal dari benua Amerika tepatnya Meksiko. Pepaya yan...

You may also like...

1 Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *