Manfaat Daun Kecubung Untuk Kesehatan

Share This
Manfaat Daun Kecubung Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kecubung Untuk Kesehatan

Kecubung awalnya dikenal sebagai gulma oleh masyarakat, kecubung sering juga ditanam sebagai tanaman perkarangan. Bunga kecubung memiliki berbagai macam warna, ada yang berwarna putih atau lembayung, merah, dan ungu. Kecubung berasa pedas, pahit, hangat, dan bersifat racun. Sebenarnya Manfaat Daun Kecubung Untuk Kesehatan yang ampuh mengatasi berbagai macam penyakit, namun kini justru banyak disalahgunakan karena adanya efek halusinasi.

Berikut beberapa manfaat daun kecubung untuk kesehatan dan cara meramunya

    1. Rematik. Caranya, ambil daun dan bunga kecubung secukupnya, bawang merah secukupnya, dan jahe secukupnya. Tumbuk bahan-bahan tersebut sampai halus, tempelkan pada bagian yang sakit.
    2. Radang anak telinga. Caranya, ambil 10 lembar daun kecubung, lalu cuci dan tumbuk hingga halus. Campur ramuan/gilingan daun tersebut dengan dua sendok makan minyak kelapa yang telah dihangatkan terlebih dahulu. Lalu, peras dan saring. Minyak perasan diteteskan pada anak telinga yang sakit, lakukan dua kali sehari sebanyak lima tetes.
    3. Asma. Caranya, ambil beberapa lembar daun kecubung lalu iris-iris halus. Hasil irisan dijemur hingga kering. Daun dibuat lintingan seperti rokok, lalu diisap seperti mengisap rokok.

(Baca Juga: Daun Kecubung Untuk Asma)

    1. Sembelit. Caranya, ambil dua lembar daun kecubung lalu olesi dengan minyak kelapa dan kemudian dipanggang di atas api hingga daunnya layu. Daun yang telah dipanggang tempelkan di bagian bawah perut. Lakukan 2-3 kali sehari.
    2. Bengkak. Caranya, ambil satu lembar daun kecubung dan basahi dengan minyak kelapa kemudian dipanggang dan diremas-remas. Tempelkan pada bagian yang bengkak 2-3 kali sehari.
    3. Eksim. Caranya, ambil kira-kira 25 gram daun kecubung, lalu tumbuk hingga halus, dan beri minyak kelapa secukupnya, lalu panaskan di atas api. Tempelkan ramuan tersebut pada eksim dan biarkan sampai beberapa saat.
    4. Sakit pinggang. Caranya, ambil 5-10 lembar daun kecubung yang berbatang ungu dan kapur sirih secukupnya lalu tumbuk hingga halus. Tempelkan hasil tumbukan tersebut pada pinggang yang sakit. Lakukan 2-3 kali sehari.

(Baca Juga: Daun Kecubung Untuk Sakit Pinggang)

  1. Bisul. Caranya, ambil 5 lembar daun kecubung, lalu tumbuk hingga halus. Tempelkan ramuan tersebut pada bisul agar segera matang.
  2. Encok. Caranya, ambil delapan lembar daun kecubung hitam, cuci bersih dan giling hingga halus kemudian diremas-remas bersama air kapur. Gosokkan ramuan tersebut pada bagian yang sakit dua kali sehari.
  3. Ketombe. Siapkan 7 lembar daun kecubung kering dan 5 sdm minyak kelapa. Masukan daun kecubung dan minyak kelapa kedalam botol, lalu tutup. Jemurlah dibawah terik matahari selama seminggu. Selanjutnya, oleskan minyak tersebut pada kulit kepala 2 kali sehari, pagi dan sore. Ulangi selama beberapa hari sampai ketombe hilang.

Artikel Kesehatan Terkait

Daun Kecubung Untuk Asma Daun Kecubung Untuk Asma   Bukti Nyata Daun Kecubung Untuk Asma Tanaman kecubung ini lebih dikenal orang sebagai tanaman yang memiliki efek...
Manfaat Rebusan Daun Kecubung Manfaat Rebusan Daun Kecubung Kecubung sering juga dikenal dengan nama korantungan, tahuntungan, kacubung, cubung, kacobhung, cobhung, kucubu, kecub...
Pernah SESAK NAFAS….. Ato SAKIT PINGGANG ???... KHASIAT KECUBUNG UNTUK PENGOBATAN PENYAKIT Kecubung merupakan tumbuhan yang memiliki banyak khasiat atau manfaat sebagai bahan obat untuk segala pe...
Daun Kecubung Untuk Rokok Daun Kecubung Untuk Rokok Efek Negatif Daun Kecubung Dalam situs Ilmu Pengetahuan dan Teknologi disebutkan bahwa kecubung mengandung senyawa kimia ...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *