Manfaat Daun Singkong

Share This

Manfaat dan kandungan Daun Singkong

daun singkong

daun singkong

Manfaat Daun Singkong Manfaat dan kandungan Daun Singkong Manihot esculenta pertama kali dikenal di Amerika Selatan kemudian dikembangkan pada masa prasejarah di Brasil dan Paraguay. Bentuk-bentuk modern dari spesies yang telah dibudidayakan dapat ditemukan bertumbuh liar di Brasil selatan. Meskipun spesies Manihot yang liar ada banyak, semua kultivar M. esculenta dapat dibudidayakan.

Produksi singkong dunia diperkirakan mencapai 184 juta ton pada tahun 2002. Sebagian besar produksi dihasilkan di Afrika 99,1 juta ton dan 33,2 juta ton di Amerika Latin dan Kepulauan Karibia.

Singkong ditanam secara komersial di wilayah Indonesia (waktu itu Hindia Belanda) pada sekitar tahun 1810, setelah sebelumnya diperkenalkan orang Portugis pada abad ke-16 ke Nusantara dari Brasil.

Singkong ini nama latinnya adalah Manihot Esculenta. Merupakan tanaman rakyat yang sangat digemmari oleh masyarakat Indonesia. Tanaman singkong sangat mudah tumbuh. Dia berasal dari Amerika tropis dan biasanya ditanam di pekarangan rumah, tanggul maupun sawah. Mengembangbiakkannya juga sangat mudah, bisa dengan stek dari batang singkong yang tua.

Pada zaman dulu, singkong adalah makanan pokok masyarakat juno sebelum ditemukannya budidaya beras, jagung maupun gandum. Bukan hanya umbinya yang memiliki rasa khas, namun daun singkong pun bisa disulap menjadi sayuran yang sangat lezat.

Manfaat Daun Singkong – Begitu banyaknya manfaat daun singkong ini bagi tubuh kita, ayo baiknya mengkonsumsi daun singkong, apalagi harganya yang terbilang ekonomis dan terjangkau bahkan bisa ditanam sendiri di depan pekarang rumah Sudah bukan rashasia lagi kalau sayuran merupakan sumber gizi termasuk daun singkong ini.
Kandungan proteinnya yang tinggi yang bisa disetarakan dengan karbohidrat.

Kandungan daun singkong adalah:

  1. Vitamin A.
  2. Vitamin B17.
  3. Vitamin C.
  4. Kalsium.”Kalori.
  5. Fosfor.
  6. Protein.
  7. Lemak.
  8. Hidrat arang.
  9. Zat besi.

Dengan kandungan yang segitu banyaknya, daun singkong otomatis memiliki banyak manfaat buat kesehatan manusia. Adapun khasiat / Manfaat daun singkong adalah

1. Mengatasi rematik.
Digunakan sebagai obat pemakaian luar dan dalam.
Tentunya ditambah dengan bahan lain seperti jahe dan kapur sirih.

2. Mengobati sakit kepala.
Coba ambil beberapa daun singkong lalu tumbuk sampai halus dan kompreskan ke bagian kepala yang terasa sakit.

3. Mengobati diare.
Caranya rebuslah daun singkong di air 900cc lalu biarkan hingga tinggal sepauhnya.
Setelah dingin, diminum 2 kali sehari.

4. Mencerdaskan otak.
Ini yang baru aku ketahui, bisa mencerdaskan otak karena ada kandungan asam aminonya, asam glutamik, phenilalanin, tirosin dan triptophan.

Manfaat Daun Singkong – Daung singkong memang terkesan makanan orang kere, dia kadang diremehkan oleh orang, bahkan dilecehkan begitu saja karena tidak mengetahui khasiat dan manfaat daun singkong tersebut.
Tapi semisal saja mereka mengetahui khasiatnya, bisa jadi tobat deh, takkan lagi meremehkan.

Sumber : manfaatdankandungan

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *