BATUK – Mengobati Batuk Dengan Herbal Pilihan

Share This

Mengobati Batuk Dengan Herbal Pilihan

Batuk

Mungkin, semua orang pasti pernah mengalami batuk. Ada yang ringan, ada yang berat. Ada yang berdahak, ada yang kering. Entah karena sudah biasa, orang lalu menganggap remeh batuk. Masalahnya, jika tidak diobati, terjadi infeksi. Dan jika sudah akut, kemungkinan besar sulit diobati.

Sebenarnya, batuk berfungsi untuk membersihkan tenggorokan dan saluran pernapasan. Tetapi bila berlebihan, itu sudah merupakan suatu penyakit. Batuk biasanya timbul secara mendadak. Bisa karena masuk angin, influenza atau pun sinusitis.

Selain menimbulkan kerugian apabila batuk berdahak berlebihan, pada dasarnya batuk berguna untuk membersihkan saluran pernapasan juga. Semua yang ada dalam tenggorokan akan terangkat lewat batuk.

Pengobatan Herbal Untuk Batuk Biasa

Resep : Zat lendir yang diperoleh dari daun lidah buaya, sangat manjur untuk menyembuhkan sakit batuk. Pada pagi hari sesudah bangun tidur dan pada malam hari sebeleum tidur, ambilah sesendok pembasuh mulut zat lendir daun lidah buaya dicampur dengan sirup. Untuk anak-anak, cukup sesendok teh.

Pengobatan Herbal Untuk Batuk Akibat Demam

Resep 1 : Minumlah teh yang dibuat dari daun poko dicampur dengan gula.
Resep 2 : Demikian juga tangkwe yang dibuat dengan daun poko, sangat baik untuk menyembuhkan penyakit ini.

Apabila batuk ini karena ditelantarkan menjadi menahun, maka gunakanlah resep ini . :

Resep : Ambilah sesendok daun poko yang sudah dikeringkan, sepotong kayumanis Cina kira-kira sepanjang setengah jari dan beberapa butir ada manis, dimasukkan ke dalam air biasa sebanyak 2 mangkuk untuk teh, masaklah hingga air itu mendidih dan tinggal separo. Sesudah didinginkan dan disaring dengan kain, minumlah 3kalidalam sehari.

Obat luar yang manjur, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa adalah sebagai berikut :

Resep : Gosoklah punggung dan dada si sakit dengan airnya limau nipis, kapur untuk sirih dan sedikit kayu putih. Pada waktu makam baik juga pada lehernya. Untuk orang dewasa cukup pada punggung dan dada.

Batuk Kejang

Resep : Sebatang lenglengan dari jenis yang berbunga putih (dengan akarnya juga boleh), gula secukupnya, beberapa butir adas manis, direbus dengan 2 mangkuk air biasa sehingga airnya tinggal separo. Ramuan ini berkhasiat menenangkan.

Batuk rejan

Untuk ini ada suatu resep yang nampaknya aneh, namun kenyataan membuktikan, bahwa khasiatnya tidak dapat diragukan lagi.
Resep :

• Ambillah 5 atau 6 pasang cakar ayam, bersihkan ujung jarinya, kemudian cucilah hingga bersih dan rebuslah dengan air biasa sampai 5 jam. Janganlah diangkat dari perapian sebelum cakar ayam ini matang benar.

• Saringlah air rebusan cakar ayam tersebut dengan kain yang bersih, kemudian masukanlah ke dalam beberapa botol yang suci hama demikian rupa, sehingga di dalam botol itu masih adad ruang udara yang tersisa kira-kira selebar jari.

• Botol atau botol-botol yang berisi kuah cakar ayam itu masukkan ke dalam panci yang berisi air dingin yang tingginya ki-kira 3 jari, kemudian rebuslah air dialam panci itu kira-kira satu setengah jam. Sesudah itu ambillah botol-botol itu dan taruhlah ditempat yang berangin untuk mendinginkan serta ditutupi dengan kain.

Berikanlah air rebusan cakar ayam itu kepada anak-anak dengan peraturan sebagai berikut :
a. Anak-anak berumur 7 – 12 bulan, tiap 3 jam sesendok teh
b. Anak-anak berumur lebih dari setahun, tiap 3 jam sesendok kopi
c. Anak-anak berumur 2 tahun ke atas, tiap 2 jam sesendok kopi
d. Anak-anak berumur 5 tahun keatas, tiap 2 jam sesendok pembasuh mulut.

Sejak malam pertama diberikannya obat itu kepada si sakit, akan berkuranglah batuknya si penderita, sedang dahaknya akan keluar. Untuk mempercepat sembuhnya si sakit, bubuhkanlah pula obat urus-urus, terutama kastroli. Selanjutnya berikan pula kepada si sakit susu yang hangat-hangat kuku dicampur dengan madu.

RelatedPost

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *