Belulang atau Kapalan

Share This

Mengobati Belulang Dengan Herbal Pilihan

belulang atau kapalan

belulang atau kapalan

Belulang bukanlah suatu penyakit, naun mengganggu orang yang dihinggapinya. Ia adalah bagian kulit yang mengeras yang terdapat pada bagian-bagian tubuh tertentu, misalnya pada telapak tangan atau telapak kaki.

Umumnya kondisi ini akan sering terjadi dan menyerang pada orang-orang yang seringkali melakukan pekerjaan yang kasar atau pada seseorang yang seringkali mengenakan sepatu dalam jangka waktu yang lama dan berulang-ulang. Kondisi inilah yang dapat membuat kulit menjadi tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik akibatnya kulit mati menumpuk disalah satu bagian kulit dan akhirnya timbul penebalan pada kulit tersebut.

Kulit yang kapalan seringkali menimbulkan perasaan yang tidak nyaman, penderita yang mengalami kapalan umumnya akan merasakan mati rasa dibagian kulit yang kapalan. Bukan hanya itu, penebalan yang terjadi pada kulit umumnya akan membuat bagian area kulit menjadi gelap. Alhasil bagian tersebut menjadi terlihat kurang menarik dan bahkan untuk sebagian orang penampilan ini seringkali membuat mereka tidak percaya diri dengan kondisi kulitnya yang mengalami kapalan.

Cara Mengobati Belulang atau kapalan

• Merendam bagian kulit yang mengeras ke dalam Air Hangat
Merendam kaki dalam air hangat adalah cara paling mudah dan sederhana untuk mengobati kapalan. Anda hanya perlu merendam kaki pada air hangat selama kurang lebih 20 menit, lalu tempelkan kulit nanas segar yang sudah diiris pada area kaki yang kapalan. Rekatkanlah dengan plester, lalu bungkus dengan kaos kaki dan biarkan semalam. Pagi harinya, bukalah kaos kaki dan ambil kulit nanas tersebut secara perlahan dan hati-hati. Lakukan cara ini dengan rutin setiap malam dalam jangka waktu tertentu.

• Mengolesi bagian kulit yang mengeras dengan getah kangkung.
• Untuk menghilangkannya dapat juga digosok dengan kulit nenas.

Luka karena belulang

• Luka yang diakibatkan belulang pada kaki, dapat diobati dengan merendamnya kaki yang terluka itu dengan air rebusan batang lenglengan dicampuri dengan abunya kulit batang pisang. Lenglengan itu harus direbus beserta akarnya, karena akarnya belulang yang mengandung khasiat obat.

• Untuk luka akibat belulang di pulau Jawa disebut bubul, kita dapat mengobatinya dengan merendamnya didalam air rebusan 1 pon kayu urip dengan air biasa 4 liter selama beberapa saat, sehingga airnya tinggal separo. Merendamnya harus dilakukan pada waktu air rebusan itu masih hangat selama setengah jam. Setelah dikeringkan, olesilah luka itu dengan serbuk terusi yang dicampur dengan putih telur. Agar pengobatan itu mengenai sasaran, kaki yang diolesi obat itu harus terus diberi bebat. Dapat diharapkan, bahwa pengobatan ini cukup sekali saja.

• Disamping pengobatan luar, si sakit setiap hari sebelum makan harus minum rebusan daun ketepeng Cina. Untuk ini ambillah beberapa Jembar daun ketepeng Cina yang masih muda dengan 7 keping irisan temulawak. Rebuslah bahan itu dengan air biasa sebanyak segelas kecil, dan biarkan diaatas api hingga tinggal separo.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *