DEMAM – Mengobati Demam Dengan Herbal Pilihan

Share This
demam

demam

Mencegah adalah lebih baik daripada mengobati. Dan hidup secara teratur dapat mencegah terhadap terjangkitnya demam. Syarat pertama ialah menjaga agar kita dapat membuang air besar secara tetap setiap hari. Selanjutnya makan dan minum secara teratur. Jagalah agar ginjal anada bekerja tidak terlalu berat dan jangan terlambat tidur. Waktu tidur yang baik adalah antara jam 10 malam sampai jam 6 pagi.

TIPS MENJAGA KESEHATAN

  • Jangan terlalu menuruti nafsu dan jangan minum minuman yang mengandung alkohol , agar tubuh anda lebih tahan menghadapi gangguan kesehatan.
  • Jangan makan makanan yang sukar dicerna, dan jangan tidur ketika perut anda sedang kenyang. Orang dewasa yang nafsu makannya sudah baik, jangan minum susu. Pada bulan-bulan yang panas, harus berpantang terhadap daging babi. Harus dapat mencegah makan telur, baik yang mentah maupun yang masak, dan hindari makanan yang berbumbu merica dan saus. Menggunakan mentega atau minyak kelapa adalah lebih baik daripada lemak hati. Jagalah agar tidak terlalu banyak makan acar dan rujak.
  • Pada musim panas, lebih baik makan syuran yang berkhasiat mendinginkan seperti labu air, bayam, jagung muda dan sebagainya. Dan sebaiknya jangan makan ikan yang hidup di lumpur atau ikan kembung, dan jangan setiap hari makan udang.
  • Jangan mandi terlalu lama dan jangan mandi sesudah matahari terbenam. Mandi bersiram atau dipancuran adalah lebih baik daripada mandi merendam. Keringkan dengan handuk sesudah mandi.
  • Apabila anda bangun pagi, jangan segera berbaring di kursi panjang yang ada di luar sebaiknya mengadakan gerak badan di udara yang segar. Jangan tidur ditempat yang berangin atau dengan jendela terbuka, dan pada waktu bekerja jangan ditempat yang berangin pula.
  • Apabila di dalam tata-sibuk anda banyak dilakukan dengan tidak berbaju yang dapat menimbulkan demam, baiknya kenakan baju flanel yang tipis dan minumlah rebusan daun sembung. Kita lakukan ini, apabila kita measa capai, lemah, masuk angin atau anggota tubuh kita terasa sakit.
  • Apabila anda bekerja ditanah perladangan yang baru dibuka, hutan, sawah atau ditempat yang berdekatan dengan rawa, sebagai lauk-pauksertakanlah bawang putih yang dimasinkan.
  • Apabila anda terpaksa bekerja ditempat yang berudara kotor atau di tempat yangmenularkan penyakit, sebelum tidur malam, mandilah dengan air rendaman daun legundi atau daun sembung. Mengenai takarannya kurang perlu diperhatikan, yang deiperlukan adalah baunya.
  • Atau mencuci dengan lerak atau sabun karbol, adalah pencegahan yang baik. Apabila penyakit demam sedang berjangkit, pada waktu malam, janganlah berada diluar. Dan apabila pada waktu siang udara sangan panas, sedang pada waktu malam sangat dingin, jagalah agar tubuh anda selalu berselimut.
  • Apabila anda haus, daripada minum air sebaiknya adna minum air jeruk sitrun yang dikupas tanpa gula.
  • Orang dewasa dan anak-anak yang sering mendapat gangguan sakit demam, harus banyak makan lobak. Bayam adalah sayuran terbaik bagi penderita sakit demam.

Mencegah dan mengobati demam dengan herbal pilihan

  • Untuk mencegah terjangkitnya penyakit demam, minumlah selalu air sari temulawak yang dicampur dengan rebusan daun meniran.
  • Ambillah segenggam penuh daun gambir hutan, 5 batang meniran beserta daun dan akanya, 7 potong temulawak dan 9 lembar daun prasman. Rebuslah bahan – bahan itu dengan sebotol air biasa hingga airnya tinggal separo, dan minumlah ramuan itu sepanjang hari.
  • Kadang-kadang daun gambir hutan digantikan dengan kulit batangnya.
    Ambillah beberapa rantintg daun kendal yang masih muda dan 5 embar daun besaran. Rebuslah bahan-bahan itu dengan air biasa 2 gelas hingga airnya tinggal separo, sesudah dingin pergunakanlah sebagai air minum. Daun besaran perlu dibubuhkan disini, karena daun itu berkhasiat membersihkan darah.
  • Apabila darah itu disertai diare, ambillah 2 sendok bunga tanjunga dan sepotong kulit batangnya kira-kira setengah jari. Tumbuklah bahan – bahan ini hingga halus dan masukkan ke dalam segelas air panas. Air ramuan sebanyak ini diminum 3 atau 4 kali sehari. Ada baiknya, apabila pengobatan ini didahului dengan urus- urus.
  • Dalam beberapa hal, penurunan suhu badan dapat dicapai karena si penderita banyak minum. Oleh karenanya pergunakanlah tumbuh – tumbuhan yang berkhasiat mendinginkan seperti labu kenti dalam luar biasa, yang diakibatkan oleh perasangan di dalam dan typhus, jika tidak memiliki bahan yang mengeluarkan keringat.
  • Juga membiasakan diri memakai tapal pada perut yang dibuat dari parutan labu, ketimun, sosor bebek atau dadap srep, dapat menurunkan suhu badan.
    Jika tidak memiliki bahan yang berkhasiat mengeluarkan keringat untuk menyembuhkan demam dianjurkan menggunakan air rebusan daun pegagan.
    Apabila seseorang tidak tahan denagn temulawak pada waktu minum rebusan daun gagan, sebaiknya pergunakanlah ramuan lainnya seperti dibawah ini. Segenggam penuh daun gagan, 1 bawang gunung, 3 butir adas dan sepotong kecil pulasari. Masukkan bahan-bahan ini ke dalam air sebanyak 3 mangkuk kecil, kemudian panaskanlah di atas perapian, sehingga air itu tinggal sepertiganya. Setelah dingin, minumlah. Setiap hari minumlah ramuan –ramuan yang baru. Setelah 3 kali berturut-turut minum ramuan ini, maka demam itu akan hilang.
  • Apabila perlu, pergunakanlah ramuan ini selama 14 hari berturut-turut. Ramuan ini akan lebih manjur apabila didalamnya disertai akar gagan.
    Apabila anda merasa, bahwa limpa anda membengkak, pergunakanlah setiap pagi sesendok kecil air perasan laos (lengkuas) yang diparut.
  • Apabila penderita sakit demam itu sedikit sekali mengeluarkan air seni, pergunakanlah air sari daun meniran atau air kelapa hijau.
  • Pengalaman membuktikan, bahwa air mandinya bagi penderita sakit demam yang baik adalah air rendaman bunga kenanga, bunga mawar, sedikit limau nipis.
  • Juga air rendaman daun kembang sepatu yang ditumbuk halus, bekerja sangat mustajab sebagai air mandi.
  • Juga air rendaman daun waru laut yang agak ditumbuk dan daun tapak liman yang dilembutkan, dapat dipakai sebagai air mandi bagi penderita sakit demam.
  • Pun pula daun ini dapat juga dipergunakan sebagai tapal pada perut dan kepala para penderita sakit demam.
  • Air rendaman daun sembung juga dapat dipergunakan untuk pencuci kaki atau mandi uap bagi penderita sakit demam.
  • Untuk mencegah agar tidak terjangkit penyakit demam, dpat dengan menggantungkan di dalam kamar daun tembelekan yang baru di petik, kemudian dikeringkan.
  • Apabila salah seorang anggota keluarga anda sedang diserang penyakit demam, gantungkanlah di dalam kamarnya daun sembung. Juga rendamlah daun ini di dalam air mandinya.
  • Juga pergunakanlah tapal diperut, yang dibuat dari daun dadap srep.
  • Apabila anda akan memberikan kinina kepada penderita sakit demam, sebaiknya dilarutkan dulu, daripada diberikan dalam bentuk pil, tablet atau kapsul.

Artikel Kesehatan Terkait

Bahan Alami Pereda Demam 10 Bahan Alami Pereda Demam bahan alami pereda demam Bahan Alami Pereda Demam - Demam adalah cara alami tubuh melawan infeksi seperti flu. Beberapa...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *