AMBEIEN – Mengobati Penyakit Ambeien Dengan Herbal Pilihan 2

Share This

mengobati-penyakit-ambeien-dengan-herbal-pilihan

Ada pula ramuan jamu untuk penderita ambeien sebagai berikut :

    • Satu ons daun urat yang masih segar dan satu ons daun wungu direbus dengan air sebanyak 2 botol untuk anggur, sehingga airnya tinggal separo. Ramuan ini diminum pada waktu siang selama satu tahun terus-menerus. Ramuan ini baik juga bagi orang yang sehat (tidak terserang sakit ambeien), untuk mencegah agar tidak dijangkiti penyakit tersebut.

    • Bisul kecil-kecil yang terdapat pada dubur si penderita, dapat diobati dengan salep blubuk lupa.

    • Untuk mengatasi pendarahan yang mendadak, kita boleh minum air bonggolnya pisang kepok atau pisang cina. Sebagai pendemah yang dapat menghentikan pendarahan, kita boleh minum ramuan 25 lembar daun iler, 2½ gram kulit kayu simaruba, 2½ gram kayu kolomo dan 2½ gram kayu timor.

    • Ramuan dari bunga dan daun “duizendbad” – Archillea Millefolium Linn, berkhasiat menguatkan kelenjar lendir dan menghilangkan rasa nyeri. Daunnya yang masih segar dapat disedu dengan air panas kemudian diminum seperti teh. Sedang bunga dan daunnya yang sudah dikeringkan harus direbus dulu.

    • Wanita yang hamil atau baru melahirkan, yang terserang penyakit ini, harus menggunakan salep blubuk lupa.

    • Orang yang senantiasa diserang sakit perut akibat ambeien, hendaknya menggunakan akarnya kangkung sebagai obatnya. Ambilah 5 akar kangkung dan rebuslah dengan segelas kecil air biasa, hingga airnya tinggal separo. Rebusan air kangkung ini diminum sepanjang hari. Demikian juga setelah sembuh, biasakanlah minum air rebusan akar kangkung seperti itu, agar rasa sakit itu tidak kambuh lagi, karena biasanya sangat membandel.
      Jika rasa sakit itu agak berkurang, kurangilah minum air rebusan akar kangkung itu hingga menjadi 2 hari sekali selama 1 bulan, kemudian 2 kali seminggu.

Selain resep-resep yang telah diterangkan diatas, penderita sakit ambeien dapat pula menggunakan resep ini.

      • Ambilah beberapa batang tempu wiyang, beberapa butir bawang merah, 3 butir buah adas, sepotong pulasari yang panjangnya kira-kira setengah jari, segenggam penuh daun pegagan beserta akarnya sekali, segenggam penuh daun wungu dan kunyit sepanjang setengah jari. Semuanya direbus dengan air biasa kira0kira sebotol anggur, hingga nantinya air itu tinggal separo. Air rebusan ramuan ini diminum setiap pagi dan petang hari masing-masing 1 gelas.

Dan terkahir masih ada lagi sebuah resep yang semua bahannya terdiri dari rempah-rempah yang sudah dikeringkan, sehingga bahan itu dapat disimpan lama sampai 1 tahun, asal bahan itu dimasukkan ke dalam toples yang tertutup rapat.

Bahannya terdiri dari : 2 ons daun saga, 2 ons daun asam, sesendok kayu manis, 1 pon daun duduk, seperempat pon patikan Cina, seperempat pon temulawak dan 3 sendok srbuk rabarber atau kelembak yang sudah kering dan dipotong halus-halus, sedang bahan-bahan lainnya digiling atau ditumbuk sampai halus.

Setiap hari ambilah bahan-bahan yang sudah dicampur itu kira-kira 2 sendok besar, kemudian masukkanlah ke dalam air biasa kira-kira sebotol anggur dan panaskan air diatas perapian hingga airnya mendidih dan tinggal separo. Air ramuan ini diminum sedikit demi sedikit hingga habis dalam waktu sehari.

Ambeien Kering

Penyakit ini dapat disembuhkan dengan salap tomat. Pembuatan salap itu sabagai berikut :

    • Ambilah beberapa buah tomat yang telah masak, kemudian gorenglah tomat itu dengan minyak kelapa atau minyak zaitun selama kira-kira 10 menit. Kemudian saringlahtomat yang digoreng itu dengan kain. Oleskanlah ramuan itu pada bagian yang berbisul dua kali sehari.

    • Rebuslah setengah ons daun duduk dengan 4 gelas kecil air biasa sampai air tinggal separo. Ramuan ini diminum untuk dua hari lamanya. Agar pengobatan itu memperoleh hasil yang baik, ulangilah sampai beberapa waktu lamanya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *