DARAH – Mengobati Penyakit Darah Dengan Herbal Pilihan

Share This
Mengobati Penyakit Darah Dengan Herbal Pilihan

Mengobati Penyakit Darah Dengan Herbal Pilihan

Darah adalah cairan penopang kehidupan yang terdiri dari plasma, sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan platelet; darah beredar melalui jantung, arteri, vena, dan kapiler membawa nutrisi, elektrolit, hormon, vitamin, antibodi, panas, dan oksigen ke jaringan dan kembali membawa zat limbah dan karbon dioksida.

Berikut beberapa permasalah kesehatan berkaitan dengan darah :

  • Bisul Darah

 – Apabila kita sering terganggu karena timbulnya bisul darah, makanlah mentah-mentah daun pegagan. Selain utnuk mencegah timbulnya bisul darah, memakan daun pegagan atau selasa beberapa kali dalam seminggu, juga da[at mencegah timbulnya beberapa macam penyakit lainnya.

 – Kepada penderita sakit bisul darah, bisul batu dan koreng, baik kita berikan daun blustru yang disetup untuk dimakan.

 – Untuk mematangkan (melemaskan) bisul darah, olesilah dengan ramuan yang terdiri dari kembang teleng yang berwarna biru dan gula Jawa pada abgian yang sakit itu.

 – Selain itu, dapat juga ditempeli dengan bunganya pulutan.

  • Diare Berdarah

Untuk menghentikan pendarahan yang diakibatkan oleh penyakit. Diare berdarah, minumlah airnya batang pisang bagian yang paling bawah. Caranya mem[erplehnya ialah dengan cara menebang batang pisang itu kemudian melubanginya bungkulnya yang tersisia, atau memarut bungkul itu, kemudian memerasnya. Agar memperoleh hasil yang bersih, air itu harus disaring dengan kain.

  • Kencing Darah

Penyakit ini pada umumnya disebabkan karena penyakir demam tinggi. Untuk menyembuhkan penyakit ini, kita dapat menggunakan biji buah sidawayah. Adapun pembuatannya sebagai berikut :

 – Ambillah sesendok besar biji buah sidawayah, rebuslah dengan air 200 gram. Setelah seperempat jam, angkatlah dan biarkan menjadi dingin. Setelah dingin, berikanlah kepada si penderita untuk diminum.

 – Air sari sambang colok juga dapat digunakan untuk menyembuhkan gejala penyakit ini.

 – Lima atau enam lembar daun blustru, seranting ketumbar, delapan atau sembilan meniran lengkap dengan akarnya, tiga iris temulawak dan dua gelas kecil air biasa, direbus menjadi satu hingga airnya tinggal separo. Berikanlah rebusan ramuan ini 2 kali dalam sehari.

 – Satu pon daun remujung, setengah pon temulawak irisan, dua ons pohon meniran beserta akrnya dan dua ons daun trawas semuanya dikeingkan, kemudian dilembutkan. Setip hari ambillah 2 sendok makan penuh ramuan itu, kemudian masukkan ke dalam air biasa sebanyak sebotol limun dan panaskan di atas api dan biarkan hingga airnya tinggal separo. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari, berturut-turut hingga setahun lamanya. Sesudah bulan kesepuluh, langkauilah sehari, kemudian dua hari dan selanjutnya 3 hari dan seterusnya. Selama pengobatan ini, si penderita dilarang minum minuman yang mengandung alkohol, makan makannan yang sukar dicerna, yang masam dan daging kecuali daging ayam dan jangan terlalu banyak minum susu.

 – Apanila penderita demam tinggi itu terdapat darah didalam kencingnya, ambillah akar rumput ilalang dan beberapa potong tangkwe, bubuhkan 2 gelas kecil air biasa, kemudian rebuslah ramuan itu hingga airnya tinggal separo. Berikanlah kepada si penderita 2 kali sehari ramuan ini untuk diminum. Dapat diharapkan bahwa kencingnya si penderita akan normal kembali, sedang panas tubuhnya akan menurun.

 – Apabila penyakit kencing darah ini diakibatkan oleh sesuatu penyakit yang veneris (merana), ambillah sebelas daun gagan, kemudian dilembutkan daun itu bersama tawas sebesar pil kinina. Ramuan ini diminum dengan air.

 – Juga air sari dari akarnya batang urang-urangan, berguna pula untuk penderita sakit kencing darah.

  • Keracunan di dalam darah

Apabila anda terluka, tertusuk atau tergigit binatang berbisa atau serangga, pergunakanlah ramuan sebagai berikut :

 – Ambil segenggam penuh daun sambiloto, cucilah daun tiu bersih- bersih dan tumbuk di dalam mangkuk porselin hingga halus. Bubuhkan air sebanyak 1 gelas kecil, kemudian peraslah ramuan tersebut dengan kain. Minumalh perasan daun sambiloto itu bagian tubuh yang terluka. Tiga jam kemudian, ulangilah pengobatan itu hingga tiga kali. Tiga jam kemudian, ulangilah pengobatan itu hingga tiga kali.

 – Oleh karena luka tusuk atau luka gigit segera harus diobati dan apabila terlambat dapat mengakibtakan kematian, maka dianjurkan agar di tiap-tiap halaman ditanam sambiloto. Apabila luka itu tertutup, sebagaimana umumnya luka gigitan serangga, maka kita oleskan getah tikel tulang pada bagian yang tergigit itu, supaya lukanya terbuka. Apabila luka itu bergaris merah disertai demam dan bengkak pada pangkal paha atau ketiak, maka menandakan bahwa ada gejala-gejala kercunan di dalam darah, dan harus segera diobati dengan ramuan seperti tersebut diatas. Pada luka yang diduga ada keracunan di dalam darh, harus diberi tapal daun urat.

Artikel Kesehatan Terkait

DARAH – Mengobati Penyakit Darah Dengan Herb... Pendarahan Kurang darah pada anak-anak  - Ambillah 2 potong lempuyang emprit sepanjang jari. Rebuslah nahan itu dengan air biasa sebanyak dua...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *