Minum Air Mineral Saat Sakit Berbahaya Bagi Kesehatan Minum Air Mineral Saat Sakit Berbahaya Bagi Kesehatan

Minum Air Mineral Saat Sakit Berbahaya Bagi Kesehatan


Minum Air Mineral Saat Sakit Berbahaya Bagi Kesehatan

Minum Air Mineral Saat Sakit Berbahaya Bagi Kesehatan

Ketika seseorang mengidap suatu penyakit, tentunya mengonsumsi air mineral menjadi salah satu hal yang sangat sering dilakukan karena berpikir cairan tersebut dapat mengusir bakteri atau kuman keluar dari tubuh sekaligus menetralisirnya kembali kondisi hingga kembali normal.

Namun seperti dimuat di laman Health.com para dokter di Kings College Hospital, London, Inggris berpendapat sebaliknya, yaitu air mineral justru memperburuk kondisi dengan menimbulkan gejala penyakit lain.

Pendapat mereka tentunya dilatarbelakangi suatu alasan kuat sampai bisa berpikiran serupa. Ternyata sebelumnya ada satu pasien wanita berusia 59 tahun yang terbukti keracunan air mineral.

Wanita yang didiagnosis mengidap infeksi saluran kencing ini sebelumnya menunjukan gejala seperti gemetaran, muntah-muntah dan kesulitan berbicara karena kebanyakan minum air mineral.

Tes darah juga menunjukan bahwa ia menderita hiponatremia, suatu kondisi yang diakibatlah oleh kurangnya kadar sodium dan terlalu banyaknya kadar air dalam tubuh.

Namun ini hanya satu kasus dibanding kasus lainnya yang menunjukan bahwa pengonsumsian air mineral sangatlah penting dan efektif dalam membantu proses pemulihan seseorang dari segala bentuk penyakit.

Terlalu Banyak Minum Air Akan Menimbulkan Beberapa Hal

Sebenarnya mengkonsumsi air putih terlalu banyak tidak datang secara sengaja, melainkan karena hasrat minum yang sedang menggebu. Lantas apa yang akan terjadi pada tubuh kita ketika terlalu banyak minum air putih? Ada 3 pokok hal dapat terjadi pada tubuh ketika kita terlalu banyak minum air putih, yakni :

  1. Mengkonsumsi air putih dengan jumlah lebih dari yang diperlukan tubuh dapat meningkatkan jumlah volume darah. Apabila volume darah meningkat maka berimbas pada sistem pembuluh darah yang akan tertutup yang membuat kinerja jantung beserta pembuluh darah akan meningkat bersamaan dengan meningkatnya tekanan pada sistem pembuluh darah yang tertutup itu.
  2. Jumlah cairan yang terlalu banyak masuk kedalam tubuh dapat meningkatkan kinerja ginjal dari yang seharusnya. Ginjal akan menyaring setiap cairan yang masuk kedalam tubuh, mekanisme ini  berbeda dengan pipa air dimana semakin banyak air yang masuk pada pipa maka akan semakin membersihkan pipa tersebut. Sayangnya mekanisme ini tidak berlaku pada ginjal, malah sebaliknya beban yang diterima ginjal akan semakin besar  dengan semakin meningkatnya air yang harus disaring melalui glomerulus. Bahkan parahnya lagi, jika terlalu banyak menyaring cairan yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tubuh maka glomerulus bisa rusak.
  3. Selain dua hal diatas, terlalu banyak konsumsi air putih  juga dapat menyebabkan kondisi yang fatal pada tubuh yakni keadaan hiponatremia. Hiponatremia merupakan suatu kondisi yang terjadi dimana darah pada tubuh kekurangan kadar natrium (kadar garam) yang terbilang abnormal. Natrium merupakan elektrolit yang membantu mengatur jumlah kadar air didalam dan disekitar sel-sel tubuh. Dan terlalu banyak minum air dapat menyebabkan natrium dalam tubuh menjadi encer. Secara normal konsentrasi natrium yang seharusnya ada dalam darah berkisar antara 135 sampai dengan 145 milmol/liter, namun pada keadaan hiponatremia konsentrati natirum ini kurang dari 135 milmol/liter. Ketika kondisi seperti ini terjadi, kadar cairan dalam tubuh akan meningkat dan sel-sel dapat mengalami pembengkakan. Sel-sel yang membengkak tersebut memang tidak akan mengalami kesulitan untuk mengembang akibat air yang diterimanya, karena sel-sel masih memiliki ruang disekitar sel-sel tersebut. Hanya saja, sel tersebut berbeda dengan sel yang ada diotak. Sel-sel diotak terkurung dalam tulang tengkorak kepala yang begitu keras dan tidak memiliki ruang cukup untuk mengembangkan diri seperti halnya sel dibagian tubuh lainnya. Sehingga  Pembengkakan inilah yang dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan, dari mulai ringan hingga parah. Sebuah studi mengungkapkan, kekurangan natrium atau kondisi hiponatremia yang terjadi secara lambat dapat menyebabkan penderitanya mudah mengantuk. Namun apabila terjadi secara cepat, kekurangan natrium ini bisa berakibat pada kematian.

Untuk itulah mulai saat ini terapkan Aturan Mengkonsusmi Air Putih Yang Benar. Yakni dengan tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit mengkonsumsinya. Anda mungkin sudah tidak asing dengan anjuran mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter perhari, namun hal ini bukan berarti anda harus mengkonsumsinya sekaligus pada waktu yang bersamaan. Selain itu, anjuran mengkonsumsi 2 liter air perhari hanya berlaku untuk orang sehat, orang memiliki gangguan kesehatan seperti penderita ginjal tentunya harus membatasi jumlah konsumsi air putih agar tidak terlalu banyak.


REKOMENDASI

squavit

happy wheels 2
CLOSE
CLOSE