Minyak Bawang putih (garlic Oil) Solusi Kolesterol Tinggi

Share This

Minyak Bawang putih untuk kolesterol

Minyak Bawang putih untuk kolesterol

Minyak Bawang putih (garlic Oil) Solusi Kolesterol Tinggi

LATAR BELAKANG

Hampir setiap orang pernah mendengar kata kolesterol, dan sebagian orang pula mengalami masalah dengan kolesterol ini. Ketika masalah dengan kolesterol bermunculan, banyak orang yang menganggap bahwa kolesterol adalah sesuatu yang membahayakan tubuh dan harus dihindari. Banyak yang orang ketakutan akan kolesterol dan berusaha menghilangkannya dari setiap makanan yang konsumsinya, padahal sebenarnya kolesterol itu juga sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai zat yang penting dalam menyusun dan juga melindung tubuh.

Kolesterol dalam batas normal merupakan zat yang penting, tetapi kolesterol dalam batas yang tinggi merupakan masalah baru. Keberadaan kolesterol yang terlalu tinggi dalam pembuluh darah akan mengakibatkan bencana besar, seperti penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol ini bila terjadi pada pembuluh darah jantung maka penderita akan mengalami gangguan jantung. Jika penyumbatan tersebut terjadi pada pembuluh darah otak maka akan dapat menjadi pemicu pecahnya pembuluh darah hingga penderita akan mengalami stroke. Penanganan kolesterol yang alami dan efektif adalah dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang dapat berfungsi menurunkan kolesterol seperti bawang putih.

Bila menengok ke beberapa abad lampau, manfaat bawang putih bagi masakan dan kesehatan ini ternyata sudah digunakan sejak zaman Yunani dan Romawi kuno, untuk dikonsumsi dan pengobatan. Sedangkan di dalam resep makanan Libanon, bawang putih sejak dulu digunakan sebagai resep untuk diet. Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak ditemukan khasiat bawan putih bagi kesehatan yang kemudian diuji melalui serangkaian penelitian baik dalam maupun luar negeri. Manfaat bawang putih antara lain sebagai pembantu penurun kadar kolesterol. Hal ini disebabkan karena adanya zat ajoene yang terkandung di dalamnya, yaitu suatu senyawa yang bersifat antikolesterol dan membantu mencegah penggumpalan darah.

Konsumsi bawang putih setengah sampai satu siung sehari secara kontinyu selama satu bulan mampu menurunkan kolesterol sebanyak 9%. Harap dosisnya diperhatikan benar!. Jika terlalu banyak, tak baik bagi kesehatan. Mengonsumsi lebih dari tiga siung setiap hari dapat menimbulkan diare, kentut, sebah, dan demam. Bahkan bisa memunculkan perdarahan lambung.

Menurut sebuah penelitian di Washington State University, Amerika Serikat, bawang putih ini memiliki kandungan antibiotik alami yang kualitasnya 100 kali lebih baik dari pada obat antibiotik kimia. Antibiotik alami ini berperan aktif untuk memerangi racun-racun dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Bawang putih mengandung minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Kandungan allicin yang berkaitan dengan daya anti kolesterol. Daya ini Khasiat Bawang Putih Untuk Jantung dan Hipertensi dan sebagainya.

Penjelasan Minyak Bawang putih (garlic Oil) Solusi Kolesterol Tinggi

Menurut penelitian para ahli, salah satu zat yang ada di bawang putih ternyata merupakan zat yang baik untuk antikolesterol, dimana zat itu mencegah terjadinya penggumpalan darah , dan mampu menurunkan kadar kolesterol (dikutip dari Chairinniza k. Graha. 2010. 100 quetions dan answer kolesterol. Jakarta : PT Elex Media Komputindo; hal 222-223).

Sebenarnva Minyak Bawang Putih ini sudah dikenal lama sebagai obat menjaga stamina dan menurunkan kadar kolesterol sejak ribuan tahun lalu. Minyak Bawang putih (Garlic) memang memiliki bau yang sangat tajam, Minyak Bawang Putih juga banyak disebut sebagai rempah yang menyebabkan bau mulut dan bau badan, karena aroma khas yang dikeluarkan sangat tajam, namun semakin tinggi aroma yang ditimbulkan semakin tinggi pula khasiatnya.

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa Minyak Bawang Putih mempunyai sifat mencegah penggumpalan darah (thrombosis) dan mencegah terbentuknya pengerasan dinding pembuluh darah. Umbi berwarna putih ini mengandung zat allicin. Zat ini diduga dapat mengganggu terbentuknya kolesterol. Karena kolesterol tak terbentuk, pengerasan pembuluh darah dapat dicegah. Dengan demikian pembuluh darah tetap lentur dan tekanan darah tidak naik. Selain itu Minyak Bawang Putih juga berfungsi merangsang peningkatan sel darah putih yang baik sebagai penjaga kekebalan tubuh.

Garlic Dr. Liza terbuat dan umbi Minyak Bawang Putih yang dikeringkan dan diproses secara higienis sehingga menjaga sifat-sifat alami tanaman aslinya. Garlic tidak merniliki efek samping apabila digunakan sesuai dosis. Garlic sangat efektif untuk mengatasi kolesterol, namun disarankan bagi pemilik tekanan darah rendah tidak dianjurkan mengkonsumsi Garlic ini.

Artikel Kesehatan Terkait

Khasiat Bawang Hitam Yang Belum Orang tau Kandungan Zat yang Terkandung di dalam Bawang Hitam Anda tak perlu meragukan Manfaat Bawang Hitam karena dalam sebiji bawang hitam yang Anda konsum...
Perhatikan! Begini Cara Membuat Minyak Bawang puti... Cara Membuat Minyak Bawang Putih Bawang putih yang memiliki banyak peran penting, selain digunakan sebagai bumbu masak dasar yang tidak boleh ter...
Ini Rahasia Khasiat Bawang Putih Untuk Jantung dan... khasiat bawang untuk putih jantung Pembaca tentunya sudah tahu seperti apa bentuk bawang putih kan ?.. Bawang putih banyak digunakan sebagai bumb...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *