Obat Alami Batuk Berdahak

Share This

Obat Alami Batuk Berdahak Dan Menyehatkan

batuk berdahak

batuk berdahak

Obat Alami Batuk Berdahak – Anda pernah mengalami batuk berdahak amatlah mengganggu karena batuk ini membuat kita berlendir dan menurunkan suara kita bahkan kadang menghilangkan sementara suara kita. Suara kita menjadi serak dan berbicara pun menjadi hal yang melelahkan. Jika anda enggan untuk datang ke dokter, ada beberapa obat batuk berdahak alami yang bisa menyembuhkan anda. Obat-obat ini sangat mudah untuk dibuat dan anda tidak harus mengeluarkan obat yang banyak pula. Anda hanya perlu melakukan pengobatan ini dengan telaten karena obat alami biasanya membutuhkan pengobatan yang teratur. Sifat dari obat alami lambat dalam mengobati namun efektif sekali.

 Keutamaan Obat Batuk Alami

Ada beberapa alasan yang membuat obat alami memiliki kelebihan daripada obat kimia. Memang terkadang kita bertanya jika ada obat kimia yang dapat menyembuhkan dengan cepat kenapa kita harus mengkonsumsi obat alami yang bereaksi dengan lambat.  Pertama, obat alami tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya daripada obat kimia. Beberapa obat kimia jika dipecah menjadi molekul pembentuknya akan membentuk zat yang berbahaya yang biasanya mengendap di tubuh. Namun zat alami biasanya tidak memberikan efek samping yang buruk karena zat yang ada dalam obat alami mudah larut dan dapat dibuang melalui urin.

Kemudian, obat alami memberikan efek yang lebih lama ketimbang obat kimia. Kita bisa melihat bahwa obat kimia biasanya berperan sebagai pengganti sistem pertahanan tubuh sedangkan obat alami menstimulasi pertahanan tubuh untuk tumbuh dan melawan penyakit dengan lebih kuat. Otomatis, dengan obat alami, kita bisa mendapat pertahanan tubuh yang lebih baik dan lama karena pertahanan tubuh asli kita telah diperkuat melalui obat alami. Pertahanan tubuh obat kimia biasanya bersifat sementara dan tidak bisa mempertahankan ketahanannya dalam kurun waktu yang lama. Oleh karena itu dalam setiap hal seperti cantik alami, kealamian lebih diminati karena hasilnya yang bertahan lebih lama.

1. Pengobatan dengan Air Mawar

batuk berdahak

batuk berdahak

Obat Alami Batuk Berdahak – Bunga yang indah nan romantis ini ternyata memiliki khasiat pula di balik kecantikannya. Mawar dapat digunakan sebagai pereda batuk berdahak. Untuk membuatnya, anda bisa merebus mawar dengan air untuk membuat air mawar. Setelah rebusan jadi, mulailah meminum sampai anda sembuh. Paling tidak, dua kali sehari anda meminum air mawar dengan teratur dan batuk berdahak anda akan sembuh dengan cepat.
Itulah obat batuk berdahak alami yang bisa anda dapatkan di sekitar anda. Tidaklah susah untuk membuat ramuan tersebut karena bahannya yang murah dan mudah ditemukan, anda hanya perlu telaten dalam melakukannya. Selain obat tersebut, tips lain yang anda lakukan adalah mengkonsumsi air hangat sesering mungkin saat batuk menyerang. Air hangat dapat membantu anda mengeluarkan dahak dengan mudah dari leher anda.

2. Pengobatan Batuk Berdahak dengan Teh Jahe

Setiap kita meminum minuman yang terbuat dari jahe, biasanya tenggorokan kita akan terasa lega dan tubuh kita akan terasa hangat. Ternyata, efek ini juga sangat bagus untuk menangani batuk berdahak yang mengganggu di tenggorokan kita. Dalam jahe terdapat zat yang bernama zingiberin yang memberikan berbagai manfaat guna menuntaskan masalah batuk ini. Zingiberin memiliki zat anti racun yang akan membuat racun batuk berdahak dapat dinetralisir. Kemudian anti septik pada zingiberin juga akan membuat bakteri yang ada pada dahak mati sehingga tidak membuat peradangan lebih lanjut di tenggorokan. Karena zingiberin ini, teh jahe juga menjadi obat sakit tenggorokan alami. Anda bisa membuatnya dengan mencampur irisan dari jahe ke dalam minuman teh anda saat anda memasak teh.

3. Pengobatan Dengan Jeruk Nipis

Jika anda kurang menyukai jahe, anda bisa beralih ke jeruk nipis sebagai obat batuk berdahak alami anda. Jeruk nipis lebih menyegarkan dan memberikan rasa yang lebih menyenangkan pada lidah kita. Jika anda tahan dengan asamnya jeruk nipis, anda bisa meminumnya dengan cukup mencampurkanya dengan air putih. Jika anda tidak tahan dengan rasa masamnya, anda bisa membuat ramuan dengan mencampur kecap ataupun madu guna memberikan rasa manis ke dalam jeruk nipis. Dengan kecap dan madu, anda akan mendapat rasa manis yang mengurangi ketajaman masamnya jeruk nipis. Minum ramuan tersebut dua kali sehari secara teratur sampai batuk anda sembuh. Setelah memerah jeruk nipis, anda bisa menggunakan ampasnya untuk cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami di wajah anda.

4. Pengobatan dengan Daun Sirih

Obat Alami Batuk Berdahak – Sirih adalah pengobatan yang pas untuk batuk berdahak. Kita tahu bahwa sirih memiliki zat anti racun dan zat pembunuh bakteri yang ampuh sehingga membuatnya menjadi ramuan yang sangat baik untuk melawan virus atau bakteri yang membuat batuk berdahak. Untuk membuat ramuan sirih ini, anda cukup merebut sirih dengan air dan jika anda ingin tambahan ramuan, anda bisa menambahkan cengkeh atau kayu manis untuk membuat wangi minuman semakin baik. Jika anda sudah merebusnya, anda bisa meminumnya tiga kali sehari dengan takaran satu sendok teh setiap minum. Rasa dari sirih ini amatlah pahit jadi sebaiknya siapkan air putih untuk membasuh tenggorokan dan lidah anda.

5. Pengobatan dengan Cengkeh

Salah satu manfaat cengkeh ialah sebagai obat batuk.

Cara membuat dan Menggunakan :
10 butir cengkeh, 10 lembar daun sirih, 5 lembar daun tapak liman, 3 butir kapulaga, 2 jari kayu manis, dan gula aren secukupnya direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring lalu diminum 2 kali sehari, setiap kali minum sebanyak 200 cc.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *