Obat Biduran, Alami dan Aman

Share This
obat biduran

obat biduran

  1. Buah Asam dan Temulawak

Siapkan buah asam, 15 gram temulawak, dan gula aren. Rebus semua bahan tersebut ke dalam 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Biarkan dingin, kemudian saring. Minum ramuan ini untuk mengobati biduran anda. Anda dapat menambahkan madu untuk menambah rasa lezat. Baca: Ramuan Tradisional Menggunakan Temulawak 2. Bawang Merah dan Daun Kelor Siapkan bahan berupa 3 lembar daun kelor, sebutir bawang merah, dan 2 gram pulosari. Rebus bahan-bahan tersebut ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Setelah disaring, minum ramuan ini 2 kali dalam sehari.

  1. Kayu manis dan meniran

Tumbuk kayu manis dan meniran sampai halus, lalu tuangkan air mendidih ke dalamnya. Minumlah ramuan ini saat masih hangat. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan malam hari sebelum tidur.

  1. Daun sirih dan jahe

Daun sirih juga dapat menyembuhkan biduran. Caranya dengan menghaluskan 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe, dan 2 sendok makan minyak kayu putih. Oleskan ketiga bahan yang telah ditumbuk halus tadi ke bagian kulit yang gatal. Daun sirih ini selain bermanfaat untuk mengatasi biduran, juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi keputihan juga.

  1. Air kelapa hijau

Air kelapa hijau sangat baik untuk menghilangkan racun dalam tubuh, terutama bagi yang mengalami biduran karena alergi makanan. Minumlah air kelapa hijau 3 hari berturut-turut.

  1. Minyak kayu putih dan zaitun

Sediakan minyak kayu putih, minyak zaitun, serta menthol kristal masing-masing sebanyak 1 sendok makan. Aduk ketiga bahan tersebut sampai rata lalu oleskan pada kulit yang biduran. Ingat, cukup dioles dan jangan digaruk. Obat alami mengobati biduran menggunakan Daun Jombang Rebus 30 gram daun Jombang ke dalam 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Minum ramuan ini selagi hangat.

  1. Mengobati biduran menggunakan Leunca

Cuci tanaman leunca yang telah dibuang akarnya, kemudian tumbuk. Balurkan pada kulit hingga warna leunca menjadi hijau. Lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari untuk mengobati biduran anda.

Selain mengobatinya dari dalam maupun dari luar, sobat juga dianjurkan untuk:

  • Tidak menggaruk kulit yang gatal
  • Menggunakan pakaian yang longgar dan tidak menyebabkan gerah
  • Mandi dengan menggunakan air hangat
  • Menghindari makanan laut atau makanan yang memicu alergi
  • Perbanyak makan sayuran dan buah, utamanya buah pepaya.

Bagi yang belum pernah merasakan, biduran atau kaligala merupakan reaksi kulit terhadap alergi yang ditandai dengan munculnya bilur warna merah atau putih yang rasanya sangat gatal.

Bilur-bilur tersebut bila digaruk akan menyebar di kulit. Biduran atau yang dalam bahasa medis dinamakan urtikaria ini dapat berlangsung selama beberapa menit saja atau bahkan berhari-hari bila tidak segera ditangani.

Biduran dapat ditangani dengan obat-obatan dari dokter maupun ramuan alami yang berasal dari tanaman herbal.

Untuk obat-obatan, sobat bisa menggunakan obat-obatan yang mengandung anti-histamin seperti:

  1. CTM
  2. Cetirizine
  3. Fexofenadine
  4. Loratadine
  5. Iterhistin

Namun sobat perlu memperhatikan baik-baik dosis dan efek samping obat-obatan tersebut. Karena umumnya obat-obatan anti-histamin akan menyebabkan kantuk. Hindari mengemudi atau menjalankan alat-alat berat sehabis minum obat anti-histamin.

Demikian cara mengobati Biduran menggunakan bahan alami dan obat dokter. Pilih salah satu cara termudah yang dapat anda lakukan.

Semoga Bermanfaat

You may also like...

1 Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *