OBAT HERBAL FLU BURUNG

Share This

TENTANG VIRUS FLU BURUNG

Oleh : dr. JefniAnggreifli

Kekebalan tubuh bagi seorang manusia sangatlah penting. Bila kekebalan tubuh seseorang menurun, manusia tidak akan mampu menahan serangan infeksi virus, bakteri dan mikrorganisme lain. Demikian pula terhadap infeksi virus flu burung, bila kekebalan tubuhnya rendah tidak saja dapat menyebabkan dia jatuh sakit, tetapi juga berakibat fatal.

obat herbal flu burung

Kecemasan telah melanda warga Jakarta baru-baru ini bukan karena teror bom tetapi karena penyakit flu burung yang telah merenggut nyawa sejumlah orang dan telah menyebabkan belasan orang dirawat intensif di rumah sakit. Menkes Ibu DR.dr.Siti Fadilah Supari, Sp.J.K menyatakan bahwa wabah flu burung sudah menjadi fenomena global.

        Indonesia menjadi salah satu bagian dan fenomena global tsb. Semua negara telah diwaspadakan pada serangan penyakit ini karena dapat menjadi wabah apabila tidak ditangani dan dicegah dengan baik. Namun Menkes meminta kepada masyarakat agar tidak takut secara berlebihan karena semua pasien yang terinfeksi flu burung memiliki harapan sembuh asal ditangani secara cepat.Dari uji simulasi di Thailand pada sejumlah orang yang terinfeksi virus flu burung menunjukkan 33 persen tidak sakit, sisanya 67 persen sakit dengan berbagai tingkatan.Kunci kesembuhan bagi penderita adalah penanganan yang cepat dan pemberian obat antiviral tamiflu untuk menghambat penjalaran virus dalam tubuh.Tetapi obat ini hanya efektif dalam 48 jam pertama sehingga cukup sulit bila terjadi keterlambatan diagnosis, misalnya karena lokasi penderitajauh dan tempat pengobatan.Dan juga dan simulasi tsb juga didapat tidak semua orang yang terinfeksi menjadi sakit. mi menunjukkan kemampuan kekebalan tubuh seseorang juga menentukan. Hal mi senada dengan yang dikatakan dr.Tjandra Yoga Aditama, Sp.P.K,MARS dan RS Persahabatan Jakarta bahwa yang paling penting dalam penanganan penyakit ini adalah pencegahan yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga higienitas din dan lingkungan. Menerapkan pola hidup sehat tentunya ditujukan agar kekebalan tubuh seseorang tetap prima dan tidak mudah jatuh sakit, serta obat herbal flu burung yang alami sangat cocok untuk manusia karena tidak menimbulkan efek samping.

Perjalanan penyakit

       Penyakit flu burung adalah penyakit infeksi pada unggas yang disebabkan virus influenza tieA (saat ini yang mengganas di Indonesia tipe H5Ni). Penyakit ini sudah ditemukan 100 tahun yang lalu tetapi hanya pada binatang. Penularan pada manusia pertama kali dilaporkan pada tahun 1997 di Hongkong. Dibandingkan dengan penyakit diare, korban meninggal akibat flu burung terbilang sedikit. Bedanya persentasi kematian akibat virus lebih besar yaitu 50%.

sistem Kekebalan Tubuh

 Penyakit flu burung ditandai dengan beberapa gejala yang bervariasi dan berbeda dan orang ke orang tetapi gejalanya tidak jauh berbeda dengan flu biasa. Bedanya flu akibat virus ini cenderung lebih cepat memburuk dan dapat menjadi radang paru (pneumonia). Gejala lain bisa berupa demam tinggi (Iebih dan 38 derjat C), lemas, sakit tenggorokan, batuk pilek, sesak napas, pendarahan hidung dan gusi, sakit kepala, tidak nafsu makan, muntah, nyeri perut dan diare. Kemudian gejala dapat memburuk dalam hitungan han, timbul pneumonia dan harus segera mendapat perawatan intensif(ICU).

       Daya tahan tubuh akan menentukan tingkatan gejala, Bila sistem kekebalan tubuh tidak prima virus dapat menyerang organ—organ penting. Pintu masuk virus ini lewat pernafasan karena penyebarannya lewat udara(aerosol) sehingga organ yang diserang adalah paru—paru.

       Cara penularan virus dan burung atau ayam kepada manusia dengan media air liur, lendir dan kotorannya. Yang paling berbahaya bila penyakit ini sudah menular antar manusia maka wabah akan meliputi daerah geografi yang lebih luas.

Artikel Kesehatan Terkait

WASPADA !! FLU BURUNG MENGGUNCANG INDONESIA flu burung Flu burung kembali menguncang Indonesia. Kita diminta waspada untuk menjauhinya karena bisa berakibat fatal. Menurut Departemen Kesehata...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *