OBAT HERBAL MENIRAN

Share This

Meniran telah teruji Secara Klinis
Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

Secara perlahan namun pasti tanaman oObat herbal meniranbat Indonesia seperti obat herbal meniran akan terus berkembang sejajar dengan obat konvensional melalui dukungan penelitian intensif yang dilakukan berbagai kalangan. Seperti halnya yang dilakukan oleh PT. Dexa Medica sebuah perusahaan farmasi nasional, telah mengembangkan herba Meniran (Phyla nthus nirun) menjadi fitofarmaka yaitu obat herbal yang telah teruji secara klinis dengan indikasi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunostimulant). Fitofarmaka yang kini telah banyak dijumpai di berbagai apotik tersebut memiliki merek dagang STIMUNO.

Menurut Dr. Raymond R. Tjandrawinata, PhD, MS, MBA seorang Molecular Pharmacologist yang juga Director of Scientific Affairs and Corporate Development PT. Dexa Medica uji klinis obat herbal meniran untuk imunomodulasi dilakukan hingga 12 kali uji klinis dengan hasil yang memuaskan. Salah satu uji klinis yang dilakukan yaitu pemberian ekstrak meniran pada pasien penderita infeksi saluran napas akut (ISPA) pada anak mampu mempercepat turunnya suhu badan. Kondisi dan gejala demam tinggi pada anak penderita ISPA ini seringkali menjadi kekhawatiran orang tua pasien.

Selain untuk kasus ISPA, uji klinis ekstrak obat herbal meniran juga dilakukan pada beberapa kasus penyakit lain seperti TBC, Hepatitis dan Keputihan.Uji kilnis tersebut dilakukan di berbagai tempat yang berbeda seperti RS. Dr. Sutomo Surabaya,  RS.Dr.M.DjamiI Padang,  RS.Cipto mangunkusumo Jakarta dan  RS.Dr.M. Hoesin Palembang.

Obat herbal meniranUji klinis yang dilakukan secara Good Clinical Practice tersebut telah mendapat persetujuan dan Komite Etik di masing—masing rumah sakit. Bahan dasar ekstrak meniran dan tanaman yang dibudidayakan melalui Good Agricultural Practice di daerah Banyuwangi dan dengan pembuatan yang memenuhi standard Good Manufacturing Practice (GMP), mampu membuat fitofarmaka meniran dalam merek dagang STIMUNO senantiasa tenjamin kua(itas dan juga kuantitasnya. Dokter Raymond juga mengingatkan bahwa budidaya dan pengolahan yang sudah memiliki standar mutu akan menjamin khasiat tanaman meniran. OIeh karena itu masyarakat sebaiknya berhati-hati menggunakan tanaman obat herbal meniran yang diproduksi dengan cara yang tidak standar.

Sekilas tentang obat herbal meniran

Tanaman obat herbal meniran sebenarnya sudah lama digunakan oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Lebih jauh dalam pengobatan tradisional India (ayurvedic) meniran telah digunakan lebih dan 2000 tahun. Terdapat banyak khasiat yang digunakan seperti untuk hepatitis, gonorrhea, infeksi saluran kencing, penurun demam, sakit perut, batu ginjal, diunetik, diabetes dan juga disentri.

Di berbagai penjuru dunia meniran (Phylanthusniruri) sering kali memiliki berbagai nama lain seperti P. amarus di
AmerikaSelatan. Di Afnika dan beberapa daerah di Asia herba ini identik dengan nama P. debilis, P. fraternus atau P.rotundifollus. Sedangkan di Indonesia meniran juga memiliki sinonim nama ilmiah P urinaria.

Herba semusim ini memiliki ciri khas yaitu adanya buah yang menggantung di setiap ruas bagian bawah tangkai daun majemuknya. Secara alami herba ini tumbuh baik pada kondisi tanah yang cukup lembab, namun tidak tergenang. Secara empinis seluruh bagian tenaman meniran dan daun hingga akar bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Artikel Kesehatan Terkait

TANAMAN OBAT IMPOTENSI MENGOBATI IMPOTENSI DENGAN TANAMAN OBAT Tanaman obat impotensi seperti diuraikan sebelumnya, mengobati impotensi yang benar haruslah kausatif. Berba...
OBAT HERBAL IMPOTENSI IMPOTENSI Obat herbal impotensi untuk mengatasi masalah impotensi, merupakan salah satu gangguan bagi seorang pria dalam melakukan aktivitas seksual ...
Obat Alami Batuk Berdahak Obat Alami Batuk Berdahak Dan Menyehatkan batuk berdahak Obat Alami Batuk Berdahak - Anda pernah mengalami batuk berdahak amatlah mengganggu karena...
BENALU OBAT KANKER Perbandingan Daya Hambat Benalu Duku dengan Benalu Teh terhadap Sel kanker Benalu obat kanker yang  penelitian ini bermaksud untuk membedakan daya h...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *