OBAT HERBAL TINNITUS

Share This

Proses terjadinya Tinitus?

Pada tinitus terjadi aktifitas elektrik pada area auditorius yang menimbulkan perasaan adanya bunyi tetapi impulse yang ada bukan berasal dan bunyi eksternal yang ditransformasikan melainkan berasal dan sumber impuls abnormal di dalam tubuh penderita sendiri yang ditimbulkan oleh berbagai keadaan telinga.

Gejala Tinnitus sendiri dapat terjadi dalam berbagai intensitas:

  1. Tinitus nada rendah, akan terdengar suara seperti bergemuruh. Biasanya disebabkan karena gangguan konduksi misalnya karena sumbatan liang telinga seperti karena serumen (kotoran telinga), tumor, radang telinga tengah, tuba katarh, otosklerosis. Jika disertai peradangan, tinitus akan berasa berdenyut (pulsasi). Tinitus yang berdenyut tanpa gangguan pendengaran dicurigai gejala dini yang penting pada tumor glomusjugulare.
  1. Tinitus nada tinggi akan terdengar suara berdenging. Biasanya terjadi pada tuli sensorineural, dapat terjadi terus menerus atau hilang timbul, misalnya pada intoksikasi obat (salisilat, kina, streptomycin, garamycin, digitalis, kanamycin), hipertensi endolimfatik (penyakit Meniere), gangguan vaskuler koklea terminal yang terjadi pada pasien stress akibat gangguan keseimbangan endokrin seperti menjelang menstruasi, hipometabolisme, saat hamil. Gangguan tersebut akan hilang biIa keadaan sudah normal kembali.

Penatalaksanaan Penyakit

Tinitus merupakan gejala klinik penyakit telinga sehingga untuk pengobatannya perlu ditegakkan diagnosis untuk mencari penyebabnya yang biasanya sulit diketahui.

Prosedur pemeriksaan di klinik mencakup :

  • Anamnesis meliputi kualitas dan kuantitas tinitus (tinitus nada tinggi biasanya karena kelainan pada daerah basal koklea, kelainan pada saraf pendengar dan kelainan di sentral sedangkan tinitus nada rendah seperti gemuruh ombak adalah kelainan khas pada kelainan koklea yaitu hidrops endolimfa), apakah ada gejala lain(vertigo,gangguan pendengaran), bagaimana lamanya serangan(bila kurang 1 menit bukan patologik, bila lebih 5 menit merupakan patologik), apakah terjadi satu sisi atau keduanya. Dengan kelengkapan dan kecermatan anamnesis akan mengarahkan pada ketepatan penyebabnya.
  • Pemeriksaan THT
  • Otoskopi
  • Pemeriksaan penala
  • Audiometri
  • Pemeriksaan BERA, pemeriksaan ENG
  • Pemeriksaan laboratorium

Pengobatan tinitus merupakan masalah kompleks dan merupakan fenomena psikoakustik murni sehingga sulit diukur. Perlu diketahui penyebab tinitus agar dapat diobati sesuai penyebab dan seringkali penyebabnya sulit diketahui.

Penggunaan Herbal untuk meredakan tinitusobat herbal tinnitus

Keberhasilan pengobatan tinitus akan tergantung pada keberhasilan mencari penyebabnya sehingga bisa diobati. Tetapi ini biasanya cukup sulit karena variabel penyebabnya banyak dan kompleks, kadang saling mempengaruhi dan juga merupakan fenomena psikoakustik.

Keterbatasan kemampuan pengobatan konvensional yang ada memerlukan terapi lain untuk mendukung upaya penyembuhan dengan mengeliminir penyebab dan mampu menghilangkan gejala tinitus dan mencegah kerusakan yang lebih permanen yaitu ketulian.

Pengobatan tinitus dibagi dalam 4 cara yaitu:

  • Elektrofisiologi yaitu memberi stimulus elektroakustik dengan suara yang lebih keras dan tinitusnya, dapat dengan alat bantu dengar atau tinitus masker
  • Psikologik, untuk mengajarkan kepada pendenta bahwa penyakitnya tidak berbahaya dan mengajarkan agar mampu melakukan relaksasi setiap hari.
  • Terapi medikamentosa, sampai saat ini belum ada kesepakatan yang jelas. Diantaranya untuk meningkatkan aliran darah koklea, transquilizer, anti depresan, sedatif, neurotonik, vitamin dan mineral
  • Tindakan bedah, misalnya pada tumor akustik neuroma

Dalam berbagai literatur, Ginkgo bioba dilaporkan telah digunakan sejak lama untuk mengatasi tinitus.(EksekutifEdisi 281 januari 2002). Dan 2 buah studi didapatkan bahwa ekstrak Ginkgo biloba dengan dosis 120 mg perhari berguna bagi pendenita tinitus.

Di Jerman tanaman Vinca minor juga biasa digunakan untuk membantu mengurangi keluhan tinitus. Hal ini menunjukkan bahwa herbal (tanaman obat) telah digunakan di dalam masyarakat untuk membantu meredakan tinitus.

Berbagai kelainan (kondisi) yang menjadi penyebab tinitus yang dapat diperbaiki herbal antara lain:obat herbal tinnitus

  • Memperbaiki gangguan vaskuler misalnya pada aneurisma, ateroskierosis, hipertensi, penyakit Meniere. Dalam hal ini dapat digunakan obat herbal tinnitus dengan tanaman pegagan, daun dewa, daun murbei, biliberry, mengkudu,sembung, dl.
  • Menyembuhkan peradangan dan infeksi misalnya pada otitis media, tuba katarh dli. Dapat digunakan obat herbal tinnitus dengan tanaman rumput mutiara, sambiloto, ciplukan, daun sendok, mengkudu ,krisan(Chrysanthemum morifo/ium)dII.
  • Membantu relaksasi sehingga menenangkan ketegangan psikis dan kejang kionus pada otot—otot di telinga, misalnya pegagan, chamomile(Matricaria recutita), krisan dll.
  • Membantu memperbaiki metabolisme yang abnormal. Pada kasus penyakit Meniere dilaporkan juga ada keterkaitan metabolisme abnormal dengan penyakitnya, misalnya karena hiperkolesterolemia, hipertrigiiseridemia. Dalam hal mi dapat digunakan tanaman sambiloto, temulawak, sambung nyawa,jati belanda dii.
  • Membantu memperbaiki gangguan pada persyarafan. Beberapa penelitian menemukan seringkali tinitus terjadi tidak saja karena gangguan pada telinga bagian dalam tetapi juga di otak dimana impuls—impuls elektrik diproses. Beberapa herbal dapat digunakan untuk memperbaiki kelainan tsb misalnya: pegagan, rosemary(Rosmarinusofficinalls), chamomile dii.

Herbal yang dapat digunakan dalam membantu meredakan tinitus ini tentunya baru didasari. bukti empiris, data farmakologik dan tentunya perlu pembuktian Iebih lanjut dalam berbagai uji (preklinis, klinis) dan penelitian lain sehingga dapat menjadi pilihan terapi dalam dunia pengobatan.

Artikel Kesehatan Terkait

OBAT HERBAL MENIRAN Meniran telah teruji Secara Klinis Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh   Secara perlahan namun pasti tanaman obat Indonesia seperti obat herba...
Obat Herbal Penghilang Jerawat Jerawat dan Gatal Kulit Tari Puspitek - Serpong Tangerang Bu dokter obat herbal penghilang jerawat apa yang cocok, saya sangat tersiksa dengan ad...
TANAMAN OBAT HERBAL LANSIA Tanaman Obat Herbal Lansia Yang Dianjurkan    Jenis Tanaman Dan Efek Farmakologi Pegagan ( Cèntella asiatica (L) Urban) : Revitalisasi tub...
OBAT HERBAL KISTA DAN MIOM Agar Kista dan Miom Hilang Evarini Kebayoran Baru - Jakarta Selatan Dokter yang terhormat saya ingin bertanya tentang obat herbal kista dan miom, s...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *