OBAT KOLESTEROL ALAMI HERBAL

Share This

Tanaman Obat yang Banyak digunakan untuk Menurunkan Kolesteror diantaranya :

  1. Sambiloto (Andrographis paniculara Nees.)

    sambiloto

    Sambiloto

Obat kolesterol alami herbal diantaranya Sambiloto. Diteliti oleh Yun Astuti, wien winarno, dan Ali Chozin, dari Badan penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Depkes Ri, Jakarta, 1997 . Judul penelitiannya pengaruh Ekstrak sambiloto (Andrographis paniculataNees.) terhadap profil Lipid Darah padaTikus putih.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol sambiloto dosis 96 dan I 60 mg/ i 00 g bb tikus mampu menurunkan kadar kolesterol total dan renaikkan kadar HDl-kolesterol, dosis I 60 mgl/ 100 g bb tikus mampu menurunkan kadar trigliserida dan LDL-kolesterol secara bermakna dibanding kontrol.

 Penggunaan pada manusia sebagai penurun kolesterol biasanya disarankan :

  1. Untuk rebusan 5- l0 gram simplisia kering direbus dengan dengan 4 gelas air menjadi 2 gelas dan diminum riga kali 2/3 gelas sebelum makan.
  2. Dalam bentuk kapsul serbuk atau ekstrak I atau 2 kapsul tiga kali sehari sebelum makan. Sebaiknya jika belum pernah cukup 3 x 1 kapsul saja. Tidak baik untuk penderitatekanan darah rendah karena bersifat hipotensif.

 

  1. Pulai/Kayu Cabus (Alstonia scholaris R.Br.)

Diteliti oleh Anna Priangani Usman, dalam rangka penelitian thesis Program pasca sarjana s2 Fakultas Kedokteran Hewan – IPB Bogor, tahun 2000. Judul penelitiannya potensi Antihiperkoresterorqmia Kurit Barang Kayu Gabus (Alstonia scholaris R’Br’)’ Hasil penelitian menunjukkan bahwa air rebusan kulit batang pulai dosis 4 ml/kg bb/hari menurunkan kadar kolesterol total serum tikus sebesar 25,68% setelah l4 hari perlakuan dan 37,23% setelah 28 hari perlakuan.

pulai2

Pulai

Tanaman ini juga diteliti oleh Lydia Novyanti prawira, dalam rangka skripsi program Sl Jurusan Kimia, FMIPA, IPB, Bogor, 1998 dengan judul Efek Ekstrak Kasarsteroid Kulit Batang Kayu Gabus/pule (Alstoniascholaris, R. BR.) sebagai Antihiperkolesterolemia

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemberian Ekstrak Kasar kulit batang kayu gabus dengan dosis 10,56 mg/kg bb/hari belum berefek secara nyata karena penelitian terlalu singkat (pemberian 3 hr). Tetapi pemberian infusarium dari kulit batang kayu gabus selama 1 hari dengan dosis 80,60mg / kg bb/ hari menurunkan kolesterol (31,09 %) sedangkan kontrol positif (Lovastatin) dapat menurunkan kolesterol (41,26 %).

Obat kolesterol alami herbal Pulai digunakan manusia sebagai penurun kolesterol biasanya dicampur dengan bahan lain dan bertujuan bukan hanya hiperkolesterolemitetapi juga hipotensif dan anti piretik. Dosis yang disarankan 10 gram kulit batang kering direbus dengan 4 gelas air jadi 2 gelas, minum 3 kali sehari 2/3 gelas sebelum makan.

  1. Jati Belanda (Guazuma ulmifolia Lamk.)

    jati belanda

    Jati Belanda

Diteliti oleh Fitri Nurhayati, dalam rangka skripsi sl Departemen Farmasi FMIPA, Ul, tahun 2003. Judulnya Uji Toksisitas Akut dan Efek penurunan Kadar Kolesterol Total dan Trigliserida dalam Darah pada Hewan Coba dari Sediaan ,Jadi Ekstrak Kering Jati Belanda (GuazumaulmifoliaLamk.).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian oral sediaan jadi ekstrak daun jati belanda sampai dosis 30 g/kg bb (setara dengan  I5 g/kg bb ekstrak etanol daun jati belanda) tidak menimbulkan kg bb, 4 g/kg bb, dan 8 g/kg bb memiliki efek menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida dalam darah pada tikus putih jantan yang diberi diit tinggi kolesterol dan lemak. Peningkatan dosis pemberian sediaan jadi ekstrak kering jati belanda dapat meningkatkan efek antihiperlipidemia. Penggunaan pada manusia lebih sering dalam bentuk ramuan Jati Belanda, Kemuning dan Kunci pepet yang fungsi utamanya sebagai pelangsing. Biasa diminum dalam bentuk kapsul serbuk atau kapsul ekstrak. Cara minum 3 kali sehari I atau 2 kapsul.

4. Sambungnyawa (Gynura procumbers Back.)

sambung nyawa

Sambung nyawa

Diteliti oleh YantiJuletta, dalam rangka skripsi program Sl Jurusan Kimia, FMIPA, IPB Bogor, tahun 1995. Berjudul Efek Ekstrak Sambung Nyawa (Gynura procumbens Back.)

terhadap Kolesterol Total PlasmaTikus putih  (Strain Sprague dawley). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian  ekstrak daun sambung nyawa dengan dosis 0,1 5 g/kg bb/

hari dapat menghambat peningkatan kadar kolesterol dalam  darah tikus sampai 15,76%,sedangkan sebagai pembanding, obat kimia paten tertentu (tidak boleh disebut) dapat menghambat peningkatan kadar kolesterol dalam darah tikus sampai 15,33%. Daun sambung nyawa maupun obat paten tersebut dalam percobaan ini belum dapat mengembalikan kadar kolesterol dalam darah tikus seperti semula.

Peneliti lain Laela Hillyana, dalam rangka skripsi program Sl Jurusan Farmasi, FMIPA Ul, tahun 1 996, yang berjudul Efek Sari Etanol 20 % Sambung Nyawa (Gynura procumbens (Lour.) Merr.) terhadap Kadar Kolesterol Total dan TrigliseridaTikus Putih yang Diberi DietTinggi Kolesterol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sari etanol daun sambung nyawa dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida pada dosis yang setara dengan 50 mg berat daun segar / 200 g bb tikus. pada dosis ini mengakibatkan tikus menjadi hipolipidemik. Dan pada dosis 1 00 mg daun segar I 200 gbb penurunan trigliserida mendekati normal. Peningkatan dosis tidak menunjukkan peningkatan efek.

Obat kolesterol alami herbal penggunaan pada manusia sudah sangat biasa tanpa adanya laporan efek samping. Dalam bentuk daun segar sebanyak tujuh lembar sampai empat belas lembar, direbus dengan air 4 gelas sampai tinggal dua gelas. Minum 2 kali I gelas per hari. Atau gunakan kapsul serbuk atau ekstrak I kapsul sehari atau 2 kali 1 kapsul sehari sebelum makan. Jika satu kapsul sehari, minumlah sore sekitar I jam sebelum makan.

 

  1. Belimbing Wuluh(Averrhoa bilimbi L.)

Diteliti oleh Ngatidjan, Ulfah Hidayati, dan Mustofa, Lembaga Penelitian, Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta, ahun 1 995. Berjudul UJI Toksisitas, Uji Khasiat, dan Uji KlinikJus Buah Belimbing Wuluh (Averrhoa bifimbiL.) pada rikus dan Probandus Hiperlipidemis. Dan hasih percobaan uji toksisitas yang dilakukan pada tikus putih, uji khasiat ada tikus hiperko—lesterolemia dan uji klinik pada manusia (pasien) hiperkolesterolemia dapat diambil kesimpulan bahwa pemberianjus buah belimbing wuluh peroral:

Blimbing wuluh

Belimbing Wuluh

1. Sampai dosis tertinggi yang secara teknik masih dapat diberikan  tidak mengakibatkan timbulnya gejla keracunan dan kematian pada  tikus putih.

2. Selama 90 han berturut—turut dengan dosis 1 2,5 mI/kg bb/hari (setara dengan dosis yang digunakan pada manusia) tidak  menimbulkan efektoksik padatikus putih.

3. Selama 9 minggu dengan dosis setara dengan 6 buah sehari dapat  menurunkan kadar kolesterol total pada tikus putih perkolesterolemia.

4. Selama 4 minggu dengan dosis setara dengan 2 buah belimbing  wuluh segar 3 kali sehari cenderung menurunkan kadar kolesterol  total, trigliserida dan koleterol LDL pada pasien hiperkolesterolemia.  Cara penggunaan pada manusia tidak seragam, biasanya antara 1 – 3 buah masak di belender dan disaring, diminum satu sampai dua  kali sehari. Jika efeknya kurang dosis bisa ditambah, jika efek  berlebih dosis bisa dikurangi.

6. Mimba ( Azadirachta /nd/caJuss.)

Mimba

Mimba

Tanaman ini juga termasuk obat kolesterol alami herbal memang belum diteliti sebagai penurun  kolesterol. Alasan tidak adanya penelitian untuk tanaman ini mungkin karena sifatnya yang sedikit toksik sehingga  dianggap kurang potensial. Sifat toksik mi menyebabkan biji tanaman ni digunakan sebagai pestisida / insektisida  yaitu mampu membunuh larva (ulat) beberapa jenis serangga. Tetapi daunnya jauh kurang toksik dibandingkan dengan bijinya. Uji toksisitas akut daun  mimba menunjukkan bahwa daun mimba kering tidak  toksik. Daun inilah yang sangat biasa digunakan sebagai  obat penurun kolesterol dan trigliserida.

Penggunaan sebagai penurun kolesterol  menggunakan dosis sangat kecil. Tujuh lembar daun (daunnya kecil, ukuran 3 x 1,5 cm) direbus untuk sekali minum, sehingga sehari dibutuhkan 21 lembar daun segar. jika digunakan kering maka dosisnya menjadi 14 lembar sekali rninum atau 42 lembar daun kering sehari. Lebih mudah dan aman gunakan kapsul tiga kali satu kapsul / hari.

Artikel Kesehatan Terkait

OBAT HERBAL MENIRAN Meniran telah teruji Secara Klinis Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh   Secara perlahan namun pasti tanaman obat Indonesia seperti obat herba...
TANAMAN OBAT HERBAL LANSIA Tanaman Obat Herbal Lansia Yang Dianjurkan    Jenis Tanaman Dan Efek Farmakologi Pegagan ( Cèntella asiatica (L) Urban) : Revitalisasi tub...
OBAT HERBAL KISTA DAN MIOM Agar Kista dan Miom Hilang Evarini Kebayoran Baru - Jakarta Selatan Dokter yang terhormat saya ingin bertanya tentang obat herbal kista dan miom, s...
PENGOBATAN HERBAL PADA LANSIA  SEHAT DIHARI TUA DENGAN HERBAL Menjadi makin tua hari demi hari adalah tidak terelakan. Mau tidak mau kita harus menerima kenyataan untuk menjadi ma...

You may also like...

1 Response

  1. March 28, 2015

    […] Tumbuhan untuk kolesterol diantaranya Lempuyang yang diteliti oleh Yasmiwar Susilawati, S.Si, dkk., Lembaga penelitian FMIPA UNPAD, 2000. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *