Apa Saja Pantangan Makanan Bagi Penderita DBD ?

Share This

Pantangan Makanan Bagi Penderita DBD

Tahukah Anda Pantangan Makanan Bagi Penderita DBD ?

Dengue atau DBD adalah demam disertai pendarahan bawah kulit selaput hidung dan lambung disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypti biasa menyerang saat musim penghujan. Terlebih negara kita termasuk negara beriklim tropis yang merupakan tempat hidup favorit bagi nyamuk. Demam ini bisa menjadi penyakit yang mematikan jika tidak segera ditangani. Khususnya, anak-anak seringkali menjadi sasaran dari gigitan nyamuk yang menyebabkan penyakit ini. Sebagai orangtua, sebaiknya berusaha mencegah agar anak dan seluruh anggota keluarga agar terhindar dari penyakit ini. Juga perlu bersikap sigap jika ada anggota keluarga yang menunjukkan gejala penyakit demam berdarah.

Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang cukup membahayakan jiwa. Gejala yang relatif seperti demam biasa membuat sebagian besar masyarakat memberikan perawatan biasa kepada pengidapnya. Padahal tidak sedikit kasus kematian penderita demam berdarah yang diakibatkan penanganan yang kurang tepat. Bekali diri Anda dengan informasi seputar penyakit ini agar dapat membantu akibat negatif dari penyakit demam berdarah dengue.

Nyamuk aedes aegypti yang mengigit kulit manusia adalah nyamuk betina, hal ini dikarenakan nyamuk betina membutuhkan nutrisi bagi telur dan calon anak-anaknya. Sedangkan nyamuk aedes aegypti jantan hanya memakan nektar atau sari bunga. Penyakit demam berdarah bisa diobati deangan berbagai cara pengobatan, tapi disamping kita menajalani terapi pengobatan perbanyaklah minum air putih untuk memperlancar pengobatan yang anda lakukan. Jauhilah Pantangan Makanan Bagi Penderita DBD supaya pengobatan anda berjalan dengan sempurna. Berikut adalah Pantangan Makanan Bagi Penderita DBD yang harus anda hindari:

  • Makanan Instan / junk food

Jenis produk seperti ini tidak baik bukan hanya bagi pengidap demam berdarah dengue. Orang yang sehat sekalipun tidak bagus mengkonsumsi makanan cepat saji secara terus menerus. Sebab umumnya makanan seperti ini mengandung zat pengawet. Apabila mengkonsumsi makanan seperti ini secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama dapat memperburuk kesehatannya. Selain itu, pada sebuah studi menyimpulkan bahwa mereka yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji cenderung memiliki kadar kolestrol yang tinggi.

Jenis makanan seperti ini adalah: mi instan, daging kalengan, sosis, kornet, dan jenis makanan lainnya yang mengandung pengawet kimia.

  • Makanan Pedas

Mengapa makanan jenis ini menjadi pantangan penyakit demam berdarah. Serangan penyakit demam berdarah sering berdampak pada lambung. Sering dijumpai pengidap mengalami iritasi pada lambung mereka. Tatkala lambung yang tengah mengalami iritasi terkontaminasi oleh makanan pedas. Sudah dapat anda bayangkan apa yang terjadi.

Contoh makanan ini adalah:  lada, cabai, bawang, saos.

BACA JUGA :

Makanan & Minuman Yang Efektif Melawan Penyakit Demam Berdarah

 

  • Minuman Kaleng

Sama halnya dengan jenis makanan cepat saji. Minuman jenis ini dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan.

Contoh minuman yang tidak baik dikonsumsi pengidap demam berdarah adalah: minuman kaleng bersoda, minuman kaleng berpengawet kimia, dan lain sebagainya.

  • Minuman dingin (es)

Apakah mengkonsumsi makanan/ minuman dingin tidak boleh bagi pengidap demam berdarah. Ketika penyakit demam berdarah menyerang, pengidap akan memiliki suhu tubuh yang tinggi. Bila demam yang tinggi mendapat asupan makanan yang telalu dingin sudah dapat anda bayangkan apa yang akan terjadi. Demam akan semakin menjadi. Itulah mengapa mengkonsumsi es tidak boleh ketika seseorang terserang penyakit demam berdarah.

Selain daftar makanan yang menjadi pantangan penyakit demam berdarah. Alangkah baiknya bila anda memberikan makanan untuk penderita demam berdarah yang membantu proses  penyembuhan.

Artikel Kesehatan Terkait

Jumlah Trombosit Penderita Demam Berdarah Trombosit Penderita Demam Berdarah Penyakit DBD adalah salah satu bentuk klinis dari penyakit akibat infeksi dengan virus dengue pada manusia. Manif...
Makanan & Minuman Efektif Melawan Demam Berda... makanan untuk demam berdarah Demam Berdarah atau DBD merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Virus ini berasal dari gigitan ny...
Ini Buah Untuk Penderita DBD buah untuk penderita dbd Apa Penyebab demam berdarah? Demam berdarah merupakan penyakit akut yang disebabkan oleh infeksi virus dengue. Penyebaran ...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *