Pencegahan Kanker Serviks, Lakukan Hal Ini ! Pencegahan Kanker Serviks, Lakukan Hal Ini !

Pencegahan Kanker Serviks, Lakukan Hal Ini !


Pencegahan Kanker Serviks

Pencegahan Kanker Serviks

Bagaimana Melakukan Pencegahan Kanker Serviks?

 

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan kaum perempuan dalam hal mencegah kanker serviks agar tidak menimpa dirinya, antara lain:

• Jalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang cukup nutrisi dan bergizi
• Selalu menjaga kesehatan tubuh dan sanitasi lingkungan
• Hindari penggunaan tisu di toilet umum, karena kemungkinan telah tercemar berbagai virus.
• Hindari pembersihan bagian organ vital dengan air yang kotor
• Hindari penggunaan sabun selesai buang air kecil atau buang air besar di area tersebut, karena kemungkinan PH kulit dan sabun tentu berbeda
• Jika anda perokok, segera hentikan
• Hindari berhubungan intim saat usia dini
• Gantilah celana dalam secara rutin minimal 2x satu hari
• Hindari minum minuman es saat masa menstruasi
• Tidak berganti-ganti pasangan dalam hubungan intim
• Lakukan pemeriksaan pap smear minimal lakukan selama 2 tahun sekali, khususnya bagi yang telah aktif melakukan hubungan intim
• Pada saat haid, ganti pembalut sesering mungkin, usahakan maksimal 3 jam satu kali, jika lagi “deras” bisa 2 jam sekali.
• Jika anda belum pernah melakukan hubungan intim, ada baiknya melakukan vaksinasi HPV
• Perbanyaklah konsumsi makanan sayuran yang kandungan beta karotennya cukup banyak, konsumsi vitamin c dan e.

Kanker serviks termasuk ke dalam kategori kanker ganas yang mematikan, tapi bukan berarti semua penderita kanker serviks akan mengalami kematian. Banyak pengobatan yang bisa dijalani, tetapi sebelumnya harus diketahui secara pasti penyebab terjadinya serta gejala yang ditimbulkan oleh kanker serviks dengan melakukan pemeriksaan yang membuahkan diagnosis dokter.

Gejala Kanker Serviks

Berikut ini merupakan tanda-tanda atau gejala yang paling umum terjadi pada penderita kanker serviks stadium awal (dini).

1. Keputihan patogonis
Keputihan adalah gejala awal dari kanker serviks. Seperti yang Anda ketahui bahwa semua wanita pasti pernah mengalaminya, sehingga dianggap wajar. Meskipun demikian, Anda harus waspada karena cairan yang keluar dalam jumlah banyak, ditambah dengan bentuk yang kental, berbau anyir, berwana tidak normal (kekuning-kuningan, kecokelatan, kehijauan), dan asa panas disertai gatal pada area intim saat keputihan bisa menjadi gejala dari kanker serviks. Oleh sebab itu, berikan perhatian lebih pada masalah ini, secepatnya lakukan konsultasi pada dokter spesiialis obygn.

2. Sakit di beberapa bagian tubuh dekat organ intim
Berkembangnya virus pada area kewanitaan kerap menimbulkan rasa sakit di beberapa bagian sekitar, seperti pada paha dan panggul ketika menstuasi. Rasa sakit atau nyeri juga sering terjadi saat buang air besar dan bahkan ketika melakukan hubungan langsung (intim) dengan pasangan lawan jenis.

3. Pendarahan
Pendarahan selalu dikaitkan dengan menstruasi, jadi kebanyakan wanita menganggap hal tersebut terjadi akibat haid tidak teratur. Sebetulnya, disaat seperti itu Anda harus lebih curiga akan kondisi tubuh, sebisa mungkin lakukan pemeriksaan pada dokter agar mendapat informasi yang lebih jelas mengenai masalah yang sedang Anda alami.

4. Nafsu makan berkurang
Akibat nafsu makan berkurang, sistem imun tidak mampu menangkal virus penyakit dari luar, sehingga timbul masalah seperti stres, lelah, kecemasan berlebih, dan berkurangnya energi atau stamina. Disampng itu, penurunan nafsu makan juga merupakan tanda awal atau gejala kanker serviks.

5. Kaki bengkak
Jika sewaktu-waktu Anda mengalami kaki bengkak tanpa penyebab yang pasti, boleh jadi itu merupakan reaksi dari berkembangnya atau datangnya virus HPV yang bersarang pada area kewanitaan Anda.

Kanker serviks memang momok menakutkan bagi wanita, terlebih jika mengetahui bahwa setiap dua menitnya penderita kanker serviks harus kehilangan nyawa. Tetapi kembali lagi, semua pasti ada jalannya bila ada usaha dari orang yang bersangkutann. Hadapi kanker, lakukan pola hidup sehat, jangan takut untuk terus mencoba dan mencoba.

Semoga Bermanfaat


REKOMENDASI

squavit

happy wheels 2
CLOSE
CLOSE