PENCEGAHAN STROKE

Share This

UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT STROKE

Stroke1
Apakah Stroke itu?

Stroke ialah kematian jaringafl otak yang mendadak
yang disebabkan kekurangan supplyoksigen.
Ada 2 sebab terjadinya kematian jaringan otak:
1. lschemic Stroke adalah : Stroke karena otak kekurangan
darah, clisebabkan oleh karena sumbatan aliran darah yang
memberi makananjaringan otak. Sumbatan itu disebabkan karena:

  • Atherosclerosis : yaitu timbunan kolesterol dan plaque
    pada dinding pembuluh arteria. Timbunan mi dapat
    membesar dan menyebabkan penyempitan lubang arteria sehingga mengurangi jumlah aliran darah. ini juga menyebabkan dinding arteri kehilangan sifat elastisitasnya.
  • Trombus : yaltu gumpalan darah.TerbentUk dan daerah kasar pada dinding arteria (plaque atherosclerosis) yang kemudian tumbuhjadi besar dan dapat menyumbat lubang arteria. Sebagian thrombus dapat pecah dan lepas menjadi embolus yang mengalir bersama dengan aliran darah. Embolus mi dapat menyumbat pembuluh darah yang lebih kecil.

2. Hemorrhagic Stroke :oleh karena perdarahan di dalam atau disekitarjaningafl otak, yang disebabkan karenatekaflan atau traumajaringan otak.

a. Perdarahan yang terdapat di bawah selaput otak.

Perdarahan mi dapat disebabkan oleh karena:

  • Pecahnya aneurysma, aneurysma ialah pelebaran pembuluh darah seperti balon, disebabkan karena lemahnya dinding pembuluh darah.
  • ArteriovenosuS malformation (A VM) AVM ialah suatu kelainan pada pembuluh darah otak, dimanasuatu arteria langsung berhubungan dengan vena, ml menyebabkan pelebaran dan dinding vena, sehingga dapat menyebabkan pecahnya dmnding vena.
  • Trauma kepala.

b. Perdarahan didalamjaringan otak. Penyebab utamanya ialah tekanan darah tinggi (hipertensi), yang menyebabkan pembuluh darah kapiler dalam otak pecah. Darah mengalir ke dalam jaringan otak dan menyebabkan:

  • Peningkatan tekanan dalam otak
  • Penyempitan pembuluh darah kapiler lainnya, sehingga pembuluh kapiler Iainnya itu dapat juga pecah.

Gejala Awal Stroke 

Biasanya penderita stroke sebelumnya telah mengalami beberapa gejala—gejala awal penderita stroke (warning s,n)sebelum timbul stroke yang permanen. Gejala awal itu antara lain:

1. Transient lschemic Attacks (TIA), yaitu serangan seperti vertigo, yang muncul tiba-tiba, biasanya disertai mual / muntah dan dapat bisa berlangsung saat dan berlangsung dan beberapa menit sampai kurang dan 24 jam. Kadang—kadang disertai gejala : hilang keseimbangan, penglihatan ganda, kelemahan anggota badan, pelo, dsb. Gejala-gejalanya penderita stroke akan sembuh secara total dan kembali normal. TIA dapat berlangsung / terjadi beberapa kali sebelum menjadi stroke yang sesungguhnya.

2. Reversible lschemic Neurological Deficit (RIND): ialah serangan stroke ringan yang berlangsung lebih dan 24 jam dan bisa sembuh dalam waktu 3 minggu. Disini tidakterjadi kematian I kerusakanjaringan otak, tetapi resiko menjadi infark komplit (Complete Infraction (CI) sangat besar.

3. Complete Infarction (CI): ialah serangan stroke yang meninggalkan bekas kematianjaningan yang permanen dan defisit neurologi yang serius. Jenis dan macam defisit neurologitergantung daerah manadari otak yang terkena stroke itu. Penyembuhannya biasanya tidak total dan memerlukan waktu lebih dan 3 minggu.

Tanda-tanda Awal Stroke

Dengan menggunakan skala stroke CINCINATI, ada 3
gejala awal penderita stroke yaitu:

1. Kelemahan otot wajah : Penderita diminta untuk menyeringai/meringis, jika salah satu sisi otot muka kurang bergerak maka disebut abnormal

2. Menggerakkan lengan: Mataditutupdan penderita diminta menggerakkan atau mengangkat kedua lengan setinggi bahu.Jika salah satu lengan kurang atau tidak bergerak, maka disebut abnormal.

3. Kemampuan bicara : Penderita diminta untuk mengucapkan suatu kalimat, jika bicaranya pelo, kalimat tidak memadai, atau tidak bisa bicara maka disebut abnormal.

Pertolongan Pertama

Jika kita mendapati salah satu gejala diatas, maka dapat kita curigai penderita itu mendapat serangan stroke.

— Kalau pasien masih sadar, maka pasien kita tidurkan dengan posisi kepala Iebih tinggi dan padajantung, 15 – 20 derajat, kaki sedikit ditekuk. Tujuannya supaya tekanan dalam otak tidak meninggi.

— Kalau pasien tidak sadar, dan muntah—muntah, posisi kepala dimiringkan ke kin, supaya muntahnya bisa keluar. Kepalajangan diangkat.

— Penderita dalam waktu kurang dan 3 jam, sudah harus dibawa kerumah sakit untuk mendapat pertolongan, sehingga kecacatan yang akan timbul dapat diminimalkan.

Artikel Kesehatan Terkait

Gejala Stroke Gejala- gejala stroke lainnya: — Separo badan merasa lemas — Lidah moncong bila dijulurkan — Sulit menelan — Kesemutan — Bila makan / minum serin...

You may also like...

1 Response

  1. March 27, 2015

    […] Semoga informasi ini dapat memberi manfaat supaya anda terhindar dari Kolesterol dan Stroke […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *