Pengalaman Familyherbal Di Pameran CAEXPO China 2015 - Family Herbal Pengalaman Familyherbal Di Pameran CAEXPO China 2015 - Family Herbal

Pengalaman Familyherbal Di Pameran CAEXPO China 2015


Sebuah Pengalaman Family Herbal Di Pameran CAEXPO China 2015

pameran caexpo china

pameran caexpo china 2015

CAEXPO 2015 adalah ajang pameran tahunan yang diadakan di Nanning salah satu propinsi paling selatan China. Pameran diadakan dalam rangka meningkatkan hubungan perdagangan antara China sebagai salah satu Negara terbesar di Asia dengan Negara-negara Asean. Event kali ini adalah event ke 12 artinya CAEXPO sudah dilaksanakan selama 12 tahun berturut. Banyak produk yang ditampilkan dalam event tahunan ini seperti produk makanan minuman,kerajinan, mebel, teknologi lanjut, alat berat, technologi informasi dan mesin-mesin untuk kebutuhan pabrik (mesin paking, mesin bottling dsb). Melalui tulisan ini penulis ingin memberikan sedikit pengalaman yang penulis alami sebagai salah satu peserta pameran mewaikili CV. Family Herbal dengan juga membawa produk-produk dari CV.Aksamala.

Tiba di Nanning, China

Nanning adalah ibu kota provinsi dari Guanxi yang merupakan  salah satu provinsi paling “hijau” di china. Bila dibanding dengan beberapa provinsi lain di china seperti Beijing, Guanzo dan kota besar lainnya Nanning-Guanxi lebih sedikit polusi, lebih hijau dan udaranya lebih segar. Oleh karena itu dari hasil ngbrol dengan beberapa waraga Nanning, menurut mereka kota mereka adalah salah satu yang paling nyaman di china.

Karena letaknya yang paling Selatan, Nanning memiliki suhu dan kondisi yang mirip dengan Indonesia dengan suhu musim panas menjelang hujan saat itu berkisar antara 26 drajat celscius hingga 31 drajat. Bila penulis menyimpulkan kota nanning ini dari segi keteraturan mirip dengan Singapur, meskipun tentu saja dalam tata kota, moda transportasi dan sebagainya Singapur lebih baik.

Dengan kondisi diatas peserta pameran semestinya tidak akan mengalami permasalahan kesehatan. Tentu saja dengan asupan makanan yang baik, peserta pameran dapat terus bugar. Dari sekitar 110 peserta mewakili 50 perusahaan dari hari pertama tanggal 15 September hingga 22 September sependek pengamatan penulis, tidak ada peserta yang sakit berat, paling hanya flu dan sebagainya.

Lokasi Pameran CAEXPO China 2015

CAEXPO 2015 diadakan disebuah hall terbesar di kota nanning, mungkin luasnya sekitar 2 Hektar, tepatnya 26.000 Meter persegi. Cukup Luas bukan? . meliputi 50% bangunan dan 50% lainnya halaman dan sebagainya. Gedung terdiri dari 3 lantai dengan Ruang pameran di bagi menjadi 5 pavillion yaitu Pavilion of Commodity Trade, Pavilion of Investment Cooperation, Pavilion of Advanced Technology, Pavilion of Trade in Services, Pavilion of Cities of Charm. Stand kami berada pada lantai 3 di Pavillion komoditas dan makanan.

Hari Pertama Pameran CAEXPO China 2015

Hari Pertama diisi dengan setting lokasi, setting stand dan sebagainya. Untuk makanan, minuman dan kerajinan yang jumlah barangnya tidak terlalu banyak maka setting tempat ini akan memakan waktu sekita 5 jam dari jam 08.00- 13.00. Namun untuk peserta yang membawa barang-barang seperti mebel dalam jumlah banyak setting pameran bisa sampai pukul 20.00 dan tentu saja tidak bisa sampe malam karena waktu dibatasi oleh panitia sampai pukul 21.00.

Oh Iya hampir lupa, sebelum anda masuk ke hari pertama , pastikan anda telah memiliki ID card peserta exhibition. Bila belum dikarenakan satu dan lain hal. Anda sebaiknya menyelesaikannya ke panitia Indonesia untuk difasilitasi mencetak ID anda di panitia China Caexpo(biasanya deasknya tersedia di lobi hotel) juga yg biasanya diisi oleh para volentir mahasiswa China. Ini sangat penting sekali, karena ID card akan di periksa secara elektronik oleh panitia di pintu masuk. Bila anda tidak memilikinya, dipastikan anda tidak bisa masuk ke lokasi pameran.

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada hari pertama (setting Stand) adalah:

  1. Usahakan membawa peralatan sendiri seperti Gunting, Lem, Obeng, double tip, Cutter dsb
  2. Jang tergesa-gesa ke lokasi, sebaiknya anda persiapkan secara matang barang dihotel. Bilapun tertinggal rombongan anda bisa menggunakan jasa Taxi dengan biaya berkisar 20RMB.
  3. Bila mana tidak terbawa atau tertahan dibandara karena termasuk logam / Benda tajam. Sebaiknya sesampai di hotel cari mall terdekat untuk membeli keperluan diatas.
  4. Waspada ! , karena tempat dari penurunan barang ke lokasi stand kita cukup jauh, bila barangnya berat, anda mungkin perlu menyewa kurir barang setempat ( kurir ini diluar dari panitia). Maka saran saya anda harus pastikan mengawal setiap kurir yang anda sewa dari depan hingga masuknya barang kelokasi anda. Jangan biarkan kurir membawa sendiri tanpa pengawalan karena barang anda bisa hilang. Ingat pada saat itu situasi seluruh peserta membawa keluar masuk, sehingga situasinya cukup crowded, bila anda lengah bisa jadi barang anda hilang. Hal ini terjadi pada beberapa peserta pameran.
  5. Ada beberapa orang china yang mau membeli sebagian stand anda, karena dia ingin menitipkan barang jualannya. Mereka bisa menwar hingga 5000 RMB . waspadai hal tersbut dan jangan sampe anda menerima. Selain ini pelanggaran , bisa jadi barang yang ditipkan adalah barang berbahaya (semisal barang palsu dsb).

Hari Kedua Pameran CAEXPO China 2015

Hari kedua biasanya hari bebas (tidak ada acara) mengapa? . Karena hari kedua adalah hari yang digunakan pihak keamanan setempat ( polisi dan Militer) untuk mencek lokasi dan screening terhadap ancaman bahaya yang memungkinkan terjadi. Screening ini sangat ketat anda tidak akan bisa masuk kelokasi jadi bila ada hal yang kurang atau tertinggal sebaiknya diambil pada hari berikutnya.

Saking ketatnya sterilisasi dari lokasi ini, penulis sempat melihat bahkan polisi berpangkatpun tidak bisa masuk kelokasi bila tidak memiliki ID sebagai tim screening lokasi yang didominasi oleh Militer. Jadi bila anda berangkat sendiri dari Indonesia (tidak dengan rombongan) dan dating terlambat pada hari ini di lokasi sebaiknay idak perlu memaksakan untuk masuk. Langkah tepatnya adalah dating ke hotel tempat rombongan menginap. Dan hal pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat ID peserta Expo. Terpaksa pada hari H pembukaan anda setting desk anda.

Untuk yang sudah selesai setting lokasi. Pada hari kedua ini sebaiknya anda jalan-jalan kelokasilokasi wisata yang terletak agak jauh dari hotel. Karena besok sudah pembukaan pameran. Anda tidak akan lagi punya waktu untuk berwisata Karen disibukan dengan urusan bisnis.

Bangun pagi-pagi setelah malamnya menetukan tempat wisata. Segera berkemas dan menuju lokasi yang telah anda incar. Anda bisa menggunakan Bus, atau kereta listrik. Menggunakan Taxi bukan pilihan yang tepat bila lokasinya jauh. KArena taxi disana terbilang mahal tarifnya.

>>> BERSAMBUNG

Oleh :

Mukit Hendrayatno

Dir Cv. Family Herbal


REKOMENDASI

squavit

happy wheels 2
CLOSE
CLOSE